Depan Artikel Kesehatan 10 Fakta Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan

10 Fakta Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan

7 min read
0
275
10 Fakta Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan

10 Fakta Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan, – Apakah Anda termasuk orang yang suka minum air dingin setelah makan? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Memang rasanya jika tidak meminum air dingin setelah makan seperti ada yang kurang, apalagi makanan tersebut mempunyai rasa yang pedas sehingga minum air dingin dapat menyejukkan perut dan tenggorokan.

Baca juga : Sebelum Terlambat, Hindari 9 Hal Pemicu Penyakit Jantung

Fakta Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan

Tahukah Anda ternyata meminum air dingin sehabis makan itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat membuat perut buncit. Selain membuat perut buncit terdapat bahaya bagi kesehatan lainnya yang perlu Anda ketahui.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai fakta bahaya minum air dingin setelah makan, simak langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Memicu batu ginjal

Meminum es teh setelah makan dapat megakibatkan terbentuknya batu ginjal karena kandungan Zat oxalate yang dihasilkan dari percampuran es dan teh. Sehingga menyebabkan sistem eksresi tubuh tidak dapat berjalan dengan normal, karena kristalisasi makanan dan percampuran es akan mengendap dan membentuk batu ginjal. Mengerikan bukan?

  1. Sakit kepala

Selain itu metabolisme tubuh juga akan terganggu yang diakibatkan perubahan suhu tubuh secara cepat akibat meminum air dingin. Akibatnya akan mengurangi pasokan oksigen ke otak dan efeknya akan merasakan sakit kepala. Selain itu Anda juga akan menjadi kurang fokus dalam beraktifitas. Sehingga sebaiknya cegah minum air dingin setelah makan.

  1. Perut buncit

Nah akibat terus-menerus meminum air dingin maka bantalan lemak yang terdapat pada lipatan perut akan semakin menebal karena bertujuan agar suhu dalam perut agar selalu hangat, hal inilah yang menyebabkan perut buncit. Selain itu lemak yang tersimpan pada tubuh juga akhirnya tidak diproses menjadi energi, dan tubuh menyimpan kolestrol jahat.

  1. Radang Tenggorokan

Biasanya dengan meminum air dingin kita beranggapan hal ini dapat melegakan tenggorokan dan menyegarkan tenggorokan. Padahal dengan sering meminum air dingin maka akan menyebabkan radang tenggorokan hal ini disebabkan karena minuman air dingin akan memicu timbulnya lapisan lendir di tenggorokan.

  1. Rasa haus terus-menerus

Sering meminum air dingin ternyata akan menghilangkan cairan ion yang terdapat pada tubuh, maka akan terasa haus terus walaupun sudah minum. Nah padahal kita sering berpikir bahwa minum air dingin dapat membuat kita hilang rasa dehidrasi, padahal faktanya malah akan membuat kita terus merasa haus.

  1. Menghambat Proses Pencernaan

Minum air dingin setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Karena suhu dingin mengubah konsistensi makanan yang kita konsumsi, sehingga lebih sulit dicerna.

Misalnya, makanan berlemak cenderung mengeras saat dicampur dengan air dingin, sehingga lebih sulit dicerna. Proses pencernaan yang lebih lama dapat menyebabkan masalah asam lambung.

Minum air lebih banyak dari biasanya juga bisa menjadi masalah. Karena hal itu mengencerkan asam yang lambung kita gunakan untuk memecah makanan dan memperlambat proses pencernaan. Hal ini bisa membuat seseorang merasa lesu dan lelah sehabis makan, sehingga sulit menyelesaikan pekerjaannya.

  1. Mempersempit Usus

Ternyata  meminum air dingin dapat menyebabkan dinding usus menyempit dan menghambat proses penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus.

  1. Kehilangan nutrisi tubuh

Temperatur tubuh manusia yang normal yaitu 36 – 37 ‘C. Nah saat Anda mengonsumsi air yang dingin dapat membuat tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur dan membuat suhu tubuh dalam kadar normal.

  1. Detak jantung jadi pelan

Terdapat sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum air dingin setelah makan dapat merangsang kerja saraf vagus. Saraf ini ternyata sangat penting untuk mengontrol aktifitas tak sadar rubuh seperti detak jantung lebih cepat. Lalu, kinerja saraf ini akan menjadi terganggu saat minum air dingin, dan menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan.

  1. Gangguan Kenyamanan Tubuh

Pencernaan adalah proses yang membutuhkan panas untuk dapat mengolah makanan menjadi energi. Salah satunya dari makanan hangat, atau minuman hangat. Dengan minum air dingin yang cenderung dingin akan memadamkan proses panas yang sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan yang basrusan kita makan.

Itulah fakta bahaya minum air dingin setelah makan, jadi sebaiknya minum air putih hangat lebih disarankan setelah makan. Save your healthy good people!

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat yang Menganggu

Sebenarnya, ada Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang tersedia dan bisa anda praktekkan sec…