Depan Artikel Kesehatan 10 Khasiat Minum Kopi Setiap Pagi

10 Khasiat Minum Kopi Setiap Pagi

6 min read
0
303
10 Khasiat Minum Kopi Setiap Pagi

10 Khasiat Minum Kopi Setiap Pagi, – Kopi membuat kita merasa fokus dan energik. Ada kesalahpahaman umum tentang kopi. Apakah kopi baik untuk kesehatan tubuh kita atau malah sebaliknya?

Meski banyak dari Anda lebih suka meminum kopi dengan campuran krim dan gula, ketahuilah bahwa meminum kopi murni lebih banyak khasiatnya untuk tubuh kita seperti kopi organik, tanpa ditambah rasa buatan.

Berikut ini adalah 10 khasiat minum kopi setiap pagi :

  1. Meningkatkan metabolisme Tubuh Anda

Mungkin inilah alasan utama mengapa orang biasa minum kopi di pagi hari. Kita semua tahu situasinya saat Anda bangun pada hari Senin pagi, dimana pagi di awal minggu sangat membosankan, namun setelah anda menikmati secangkir kopi maka tiba-tiba anda akan merasa seperti on Power.

Baca juga : Allisya Care Asuransi Kesehatan Syariah Allianz

Meskipun energi ini tidak berlangsung lama, namun sangat membantu kita untuk memulai hari kita dengan baik. Secara ilmiah bahwa meminum kopi di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, seorang atlet yang meminum secangkir kopi setelah berolahraga, memiliki peningkatan gismoli otot sebesar 66%.

  1. Kopi meningkatkan kesehatan otak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum 3-5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko demensia dan Alzheimer sebesar 65% pada pria dan wanita setengah baya, kopi dapat juga mengurangi resiko Parkinson sebesar 32-60%.

Kopi dapat menghambat adenosin, sejenis nukleosida di otak yang mengurangi penembakan neuron dan pelepasan neurotransmitter penting, termasuk dopamin, norepinephrine, dan serotonin.

Selanjutnya, kopi dapat memperbaiki mood, memori, kewaspadaan, waktu reaksi, dan kinerja kognitif.

  1. Membuat Anda Merasa Nyaman

Sebuah studi mengejutkan yang dilakukan oleh Harvard Public School of Health menunjukkan bahwa pria dan wanita dewasa yang mengkonsumsi 2-4 cangkir kopi berkafein sehari, memiliki 50% penurunan risiko bunuh diri dibandingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi kopi tanpa kafein atau tidak minum kopi sama sekali.

Apalagi kopi dikemas dengan antioksidan, dan nutrisi penting, termasuk vitamin B1, B2, B3, dan B5, Semua nutrisi ini bekerja sama untuk membuat Anda merasa lebih bahagia.

  1. Mengurangi risiko terkena kanker kulit

Journal of National Cancer Institute menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang mengkonsumsi 4 atau lebih cangkir sehari, memiliki 20% penurunan risiko pengembangan melanoma ganas.

Para ahli mengklaim bahwa kopi mengandung berbagai antioksidan dan fitokimia yang secara efektif dapat mengurangi risiko kanker.

  1. Mengurangi risiko terkena kanker hati

HCC, Karsinoma hepatoseluler dianggap sebagai salah satu kanker yang paling banyak didiagnosis sebagai penyebab utama dari kematian terkait kanker.

Secangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko HCC Anda sebesar 20%; 2 cangkir dengan 35%, dan 4 atau lebih cangkir sebesar 50%. Namun menurut FDA, sebaiknya jangan minum lebih dari 400 miligram kopi sehari atau 4 gelas.

Dengan itu  kopi memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko sirosis dan kanker hati. Namun, pastikan untuk mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan!

  1. Kopi membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2

Harvard School of Public Health melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang meminum lebih dari 1 cangkir kopi sehari dapat mengurangi  risiko diabetes tipe 2 sebesar 11% dibandingkan dengan orang-orang yang jarang meminum kopi.

Selain itu, terbukti bahwa orang yang mengurangi konsumsi kopi mereka lebih dari 1 cangkir sehari, meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 17%.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Peneliti kedokteran menemukan bahwa ternyata mereka yang meminum dua cangkir kopi yang mengandung kafein di dalam satu hari, akan mengalami peningkatan memori dalam jangka waktu singkat.

  1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Kopi mengandung Antikosidan tinggi sehingga akan membantu kulit Anda tidak terkena serangan radikla bebas sebelum Anda beraktifitas di pagi hari.

  1. Mencegah Parkinson

Kandungan kafein pada kopi ternyata dapat mencegah penyakit parkinson alias penyakit yang menyerang saraf.

  1. Mengurangi Berat Badan

Anti Oksidan alami yang terdapat dalam kopi, dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Nah itulah 10 khasiat minum kopi setiap pagi. Sekarang setelah Anda sudah tahu tentang manfaat meminum kopi, dan jika Anda tidak memiliki larangan meminumnya, sebaiknya konsumsi kopi ini secara rutin ya.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…