Depan Artikel Kesehatan 12 penyebab yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2

12 penyebab yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2

4 min read
0
150
12 penyebab yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes adalah gangguan kronis yang sangat umum terjadi pada tubuh kita. Memahami faktor-faktor yang meningkatkan risiko diabetes mellitus membantu Anda untuk mencegah penyakit secara efektif.

“Pencegahan lebih baik daripada mengobati” selalu menjadi pedoman dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga : 4 hal yang sering keliru tentang diabetes tipe 2

Sementara jutaan orang di dunia sedang berjuang dengan diabetes, mengapa tidak mencari tahu faktor apa yang meningkatkan risiko penyakit untuk mencegah diri sendiri?

Berikut adalah 12 faktor yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Apa itu Diabetes?

Ketika Anda menderita diabetes, tubuh Anda kehilangan kemampuannya untuk menggunakan atau memproduksi hormon insulin dengan tepat. Memiliki diabetes berarti Anda memiliki terlalu banyak gula darah dibandingkan dengan tingkat yang ditentukan. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah serius bagi tubuh, termasuk mata, ginjal, sistem saraf dan jantung.

12 penyebab yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 jika:

  • Riwayat keluarga diabetes. Jika Anda memiliki orang tua yang sakit, risiko Anda akan tinggi. Tetapi Anda dapat meningkatkan ini dengan mengubah gaya hidup Anda, berolahraga dan makan dengan benar untuk meminimalkan risiko Anda.
  • Anda berada di tahap pra-diabetes. Ini berarti kadar glukosa darah Anda lebih tinggi dari biasanya dan Anda tidak memiliki tingkat yang cukup untuk mendiagnosis diabetes tipe 2. Untuk mempertahankan kadar glukosa darah yang stabil, lakukan lebih banyak dan kurangi berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Dokter Anda mungkin juga meresepkan metformin saat dibutuhkan.
  • Tidak aktif. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan ini. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk semua jenis olahraga yang aman untuk Anda.
  • Kegemukan, obesitas, terutama lingkar pinggang. Tidak semua orang dengan diabetes tipe 2 kelebihan berat badan, tetapi kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes. Akumulasi lemak di perut juga meningkatkan risiko penyakit.
  • Menderita penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi
  • “Baik” kolesterol -HDL menurunkan kolesterol (lebih rendah dari 40 mg / dl), kolesterol tinggi dalam darah.
  • Konsentrasi trigliserida lebih tinggi dari 150 mg.dl.
  • Riwayat diabetes gestasional atau berat lahir berat (lebih dari 4 kg) dapat menggandakan risiko diabetes.
  • Orang dengan sindrom ovarium polikistik.
  • Orang yang berusia di atas 45 tahun. Risiko diabetes tipe 2 meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi diabetes bukanlah penyakit karena penuaan.
  • Latino, negro, India atau Asia. Diabetes sering terjadi pada ras-ras ini.

Anda perlu berbicara dengan dokter Anda tentang faktor risiko Anda sendiri dan mengembangkan rencana untuk mencegah dan mengobati penyakit pada waktunya. Selain itu, Anda juga bisa merujuk ke solusi nutrisi lengkap dan seimbang untuk diabetes!

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…