Depan Artikel Kesehatan 14 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

14 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

11 min read
0
24
14 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Manfaat kayu manis untuk kesehatan masih belum diketahui oleh banyak orang. Padahal bahan alami yang satu ini seringkali digunakan sebagai campuran pada makanan ataupun minuman misalnya kue gulung, berbagai makanan pencuci mulut, perasa pada minuman, dan sebagainya. Meskipun telah umum digunakan, ternyata kayu manis memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang harus Anda perhatikan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

14 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Dalam mengonsumsi kayu manis, biasanya bahan yang satu ini diolah terlebih dahulu menjadi bubuk sebelum akhirnya dicampurkan pada bahan makanan. Mengenai apa saja manfaatnya, inilah beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan:

  • Menangkal Radikal Bebas

Sekedar informasi, di dalam kayu manis terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan zat antioksidan tersebut sangat baik digunakan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Selain itu, antioksidan juga dapat segera memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat radikal bebas.

  • Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami penurun kadar kolesterol dalam darah. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa kayu manis mampu menurunkan trigleserida hingga 30% pada penderita LDL atau kolesterol tinggi.

Kayu manis memberikan efek yang positif untuk menurunkan kandungan glukosa dalam darah serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kayu manis sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit kolesterol.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat yang berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan gigi. Hal ini disebabkan terdapat kandungan anti bakteri dalam kayu manis. Zat anti bakteri tersebut dapat menghilangkan semua bakteri jahat perusak gigi. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu memutihkan gigi serta menghilangkan bau napas kurang segar.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan kayu manis sebagak siwak dengan cara menggosokkan pada gigi. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin. Di samping itu, apabila Anda mengalami sakit gigi, gunakan bubuk kayu manis dan taburkan pada bagian gigi yang mengalami sakit.

  • Meredakan dan Mengobati Penyakit Parkinson

Parkinson adalah jenis penyakit neuro degeneratif dengan gejala otot kaku dan memunculkan getaran-getaran pada organ tubuh tanpa dapat diatur. Penurut penelitian, kayu manis yang dicampurkan pada makanan atau minuman dapat membantu meredakan penyakit parkinson. Bahkan apabila penderita parkinson mengonsumsi kayu manis secara rutin, maka perubahan sekuler anatomi dan biomekanik pada penderita parkinson dapat diatasi.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Kayu manis atau cinnamon memang telah terkenal dalam hal ini karena berperan untuk mengurangi gula darah dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat mengendalikan kadar insulin tubuh sehingga metabolisme tubuh pun akan meningkat.

Apabila kondisi metabolisme tubuh prima, maka proses penyerapan karbohidrat dapat berlangsung dengan baik. Tubuh dapat memilah karbohidrat baik yang benar-benar dibutuhkan untuk tubuh serta membuang sisanya menjadi feses.

  • Obat Alami Penyakit Flu

Seperti yang dijelaskan di atas, kayu manis memiliki kandungan antioksidan serta anti bakteri yang cukup tinggi. Kandungan tersebut mengambil peran yang besar dalam mengatasi berbagai masalah terkait dengan penyakit flu seperti batuk, radang tenggorokan, pilek, hingga bersin-bersin.

  • Mengobati Salmonella

Salmonella merupakan jenis penyakit infeksi bakteri yang menyerang usus. Gejala yang disebabkan oleh penyakit ini adalah diare, kram, hingga demam. Umumnya, penyakit salmonella terjadi ketika penderita terlalu banyak mengonsumsi daging merah, makanan laut, telur mentah, hingga sayur atau buah yang tak dicuci bersih. Kandungan anti bakteri yang dimiliki oleh kayu manis dapat menetralisir dan mengobati semua gejala-gejala tersebut.

  • Meredakan Gejala Pre Menstruasi Syndrome

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami dalam meredakan gejala pre menstruasi syndrome atau yang lebih dikenal dengan PMS. Setiap wanita yang telah memasuki periode menstruasi pasti mengalami hal ini. PMS umumnya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di area pinggang dan perut. Selain itu, penderita PMS kerap kali merasakan kelelahan ekstrim.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan kayu manis yang kaya akan serat, mangan, serta kalsium. Di samping itu, kayu manis juga memiliki kandungan anti inflamasi dan anti pasmodik yang dapat mengatasi semua gejala PMS secara signifikan.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat konsumsi kayu manis yang paling baik untuk tubuh adalah dalam mencegah penyakit jantung. Hal ini karena kayu manis mengandung zat anti inflamasi serta anti clotting yang dapat menjaga kesehatan kadriovaskular dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, kandungan kalsium dan serat di dalam kayu manis berguna untuk mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh.

  • Bahan Alami untuk Mengawetkan Buah-Buahan

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari kayu manis adalah sebagai bahan alami untuk mengawetkan buah-buahan. Dengan kandungan anti bakteri serta anti oksidan pada kayu manis, maka pektin di dalam buah-buahan akan terlapisi sehingga menghambat proses tirosinase, yakni perubahan warna pada buah tersebut ketika akan membusuk.

Cara melakukannya, Anda dapat menggunakan bubuk kayu manis yang ditaburkan pada buah-buahan. Letakkan buah pada sebuah wadah kemudian taburkan bubuk kayu manis secara merata.

  • Mengatasi Alergi

Apabila Anda memiliki alergi, maka kayu manis dapat digunakan dalam mengatasi hal tersebut. Manfaat ini dapat Anda rasakan karena kayu manis mampu meningkatkan metabolisme atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat mengurangi risiko autoimun yang muncul setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan allergen.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kayu manis dengan kandungan bersifat anti biotik serta anti mikroba dapat digunakan untuk melindungi kuulit dari berbagai masalah seperti munculnya ruam, peradangan, alergi, iritasi, dan infeksi. Ketika dikombinasikan dengan madu dan digunakan untuk masker, kayu manis dapat menjadi solusi paling aktif dalam menjaga kesehatan kulit Anda.

  • Cocok Digunakan untuk Penderita Diabetes

Efek anti diabetes juga terkandung di dalam kayu manis karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kayu manis juga mampu meningkatkan kepekaan hormon insulin yang mampu mengatur serta menstabilkan kondisi gula darah.

Dengan kandungan glukosa yang cukup tinggi, bahan alami yang satu ini dapat digunakan sebagai pengganti gula yang cocok digunakan oleh penderita diabetes. Meski demikian, kayu manis memiliki peran yang sangat penting dalam menghalangi enzim alananin, yang dapat membuat kandungan glukosa diserap oleh darah.

  • Memiliki Sifat Anti Jamur

Manfaat terakhir yang dapat Anda rasakan dari kayu manis adalah sebagai bahan alami untuk mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan serangan jamur, baik itu pada kulit ataupun usus. Hal ini karena terdapat kandungan eugenol tinggi pada kayu manis dalam mengatasi hal tersebut.

Itulah beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Dengan beragam manfaat tersebut, maka kesehatan tubuh Anda pun terjaga dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…