Depan Artikel Kesehatan 5 Gejala Alergi Yang Patut Diwaspadai

5 Gejala Alergi Yang Patut Diwaspadai

4 min read
0
121
5 Gejala Alergi Yang Patut Diwaspadai

Terkadang kita menjadi kebingungan dengan apa yang terjadi pada diri kita sendiri. Tentang keadaan bagian tubuh kita yang seketika berubah ketika kita berada pada suatu tempat dan bagian tubuh kita tersebut berubah normal kembali ketika kita meninggalkan tempat tersebut. Itulah yang biasa kita sebut Alergi.

Baca juga : Ini Dia Jenis Batuk yang Sering Dialami Anak

Secara mendalam, alergi adalah bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh kita terhadap sesuatu yang berada di sekeliling kita yang dianggap bisa membahayakan tubuh kita walaupun pada kenyataannya tidak berlaku pada orang lain. Reaksi tersebut bisa muncul baik sesuatu yang sudah masuk ke dalam tubuh kita ataupun hanya berada di sekitar tubuh kita sekalipun hanya bersentuhan atau menghirup sesuatu. Misalnya seperti diri saya sendiri yang Alergi terhadap udara dingin di pagi hari, biasanya sistem kekebalan tubuh saya akan bereaksi mengeluarkan cairan pada hidung saya dan hilan begitu saja ketika udara sudah mulai terasa hangat atau sudah melewati jam 6 pagi. Akan tetapi reaksinya bermacam – macam dan tergantung pada kondisi tubuh seseorang.

Inilah 5 Gejala Alergi Yang Patut Diwaspadai

Ditinjau dari beberapa pengalaman yang ada, maka reaksi alergi memiliki beberapa macam Gejala Alergi Yang Patut Diwaspadai, seperti :

  1. Batuk – batuk.
  2. Ruam pada kulit.

Biasanya terjadi perubahan pada kulit kita seperti bersisik atau keadaan kulit yang aneh ketika terdapat situasi yang dianggap bagi sistem kekebalan tubuh kita merupakan hal yang berbahaya.

  1. Hidung berair.

Ini seperti hal yang seringkali saya alami karena Alergi terhadap udara dingin di sekitar saya di setiap pagi hari dan ada juga yang diakibatkan karena debu yang membuat hidung menjadi berair karena merasa debu tersebut akan mengganggu pada kesehatan tubuh sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita harus beraksi mengeluarkan cairan pada hidung kita.

  1. Mata merah atau berair.

Jika mata anda seketika merah atau berair, sebaiknya anda teliti terlebih dahulu apa penyebabnya, apa terdapat hal atau pemicu yang menyebabkan alergi sehingga mata anda berubah seperti itu atau ada hal lain yang menyebabkan mata anda memerah.

  1. Pembengkakan pada salah satu atau beberapa bagian tubuh.

Ini terjadi pada salah satu teman saya yang tidak cocok pada salah satu jenis obat dan jika ia meminumnya maka tubuhnya akan membengkak seketika dan harus dengan resep obat dari dokter barulah pembengkakan tersebut dapat hilang, sehingga ketika ia sakit dan dirawat di Rumah Sakit secara intensif, maka dokter benar – benar memberikan obat yang sesuai dengan teman saya itu dan harus di cek terlebih dahulu apakah bisa menyebabkan alergi atau tidak.

Itulah beberapa gejala yang harus kita waspadai, apakah sesuatu yang terjadi pada tubuh kita merupakan bentuk Alergi atau sebuah penyakit yang harus diobati lebih mendalam. Baiklah cukup sekian dahulu artikel mengenai Gejala Alergi Yang Patut Diwaspadai tersebut, semoga bermanfaat untuk anda. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan anda dan Salam Sehat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…