Depan Artikel Kesehatan 5 Penyebab Kanker Yang Ada Di Rumah Anda

5 Penyebab Kanker Yang Ada Di Rumah Anda

8 min read
0
51
5 Penyebab Kanker Yang Ada Di Rumah Anda

Saat ini penyakit kanker termasuk ke dalam beberapa penyakit yang paling banyak ditakuti. Selain karena merupakan salah satu penyakit yang mematikan juga merupakan salah satu penyakit yang sulit di obati. Beberapa penyebab dari penyakit kanker ini contohnya yakni gaya hidup yang tidak sehat dan juga konsumsi makanan yang tidak seharusnya. Namun tidak itu saja yang menjadi penyebab utama kanker, karena ternyata ada penyebab penyakit kanker yang dapat ditemui di lingkungan sekitar termasuk rumah. Di bawah ini adalah 5 Penyebab Kanker yang ada di rumah dan keberadaannya pun seringkali tidak disadari, di bawah ini selengkapnya :

  1. Plasticisers (peliat)

Peliat yakni suatu bahan kimia yang dikenal dengan DEHP dan DEHA yang biasa digunakan untuk membuat plastik lebih lembut dan lengket. Dimana biasanya bahan tersebut pula yang membuat pembungkus plastik (clingwrap) dapat merekat erat ke sebuah produk seperti parsel buah atau daging. Fungsinya memang sangat baik dan bermanfaat namun berdasarkan percobaan dalam sebuah study menyatakan DEHP dan DEHA telah terbukti menyebabkan perkembangan sel kanker pada hewan. Dimana peliat tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dengan meresap ke makanan yang dibungkus dengan rapat seperti keju dan daging. Dan proses migrasi tersebut akan semakin cepat masuk ke dalam tubuh saat makanan yang dibungkus clingwrap dipanaskan dengan microwave.

Baca juga : Penyebab Kanker Kulit Mengintai, Waspadai Penyebabnya!

Maka untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan wadah kaca atau plastik yang aman untuk menyimpan makanan Anda. Jika Anda membutuhkan clingwrap tersebut sebaiknya bungkus terlebih dahulu makanan dengan menggunakan aluminium foil

  1. Bisphenol A dan botol plastik

Bisphenol A (BPA) merupakan suatu bahan kimia yang umumnya digunakan untuk produk plastik dan termasuk beberapa contohnya seperti kartu kredit, interior mobil, bahkan botol susu bayi. Namun perlu di waspadai jika memasuki tubuh manusia, dimana BPA bisa mengganggu proses biologi tubuh dan hormon yang salah satunya adalah estrogen. Bahkan dalam studi terbaru menyebutkan bahwa BPA bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Maka auntuk menghindari hal tersebut ada baiknya jika Anda menghindari botol plastik yang memiliki kode nomor 3,6, dan 7.

Tips lain agar kesehatan Anda terjaga yakni dengan menggunakan botol plastik hanya sekali pakai dan jika ingin memanaskan sesuatu menggunakan botol, gunakanlah botol yang berbahan kaca

  1. Lemak trans

Bahkan sejak tahun 1990-an, para ilmuwan pun menemukan bahwa lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Dan dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan pun menemukan hubungan antara konsumsi lemak trans dengan kanker payudara dan prostat. Maka dari itu waspadai konsumsi lemak trans bisa masuk ke tubuh melalui margarin dan makanan yang dipanggang atau digoreng. Cara untuk menghindari konsumsi lemak trans yakni dengan membiasakan membaca label makanan apakah makanan itu bebas lemak trans atau tidak. Selain itu juga Anda dapat memulai dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang dipanggang atau digoreng, akan lebih baik jika makanan tersebut di olah dengan cara direbus atau dikukus.

  1. Acrylamide

Mungkin Anda kurang familiar dengan yang satu ini. Ya, Acrylamide merupakan bahan kimia yang terbentuk secara spontan saat makanan kaya atau mengandung karbohidrat, terutama pada makanan seperti keripik kentang dan kopi yang mana berada pada suhu tinggi. Untuk Acrylamide sendiri dianggap sebagai karsinogen yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Yang terutama yakni kanker ginjal, kanker yang terjadi pasca menopause, dan endometrium. Untuk menhindari hal ini ada baiknya jika Anda mengurangi konsumsi kopi dan juga hilangkan kebiasaan mengkonsumsi keripik sebagai cemilan.

  1. Radiasi Ponsel

Saat ini banyak orang sangat tergantung pada gadget. Dan tanpa di sadari mereka akan merasa tidak bisa hidup tanpa gadget mereka. Salah satunya yakni ponsel. Dr Devra Davis, seorang Professor bidang kesehatan di Mt Sinai Medical Center New York yang juga merupakan penulis ‘The Secret History of the War on Cancer’ menyatakan bahwa ponsel dapat memancarkan radiasi gelombang mikro dalam dosis rendah. Dan terlebih lagi jika radiasai ponsel terjadi pada anak-anak, yang mana radiasi ponsel tersebut akan lebih mudah menembus kepala si kecil yang lebih tipis dan mengandung lebih banyak cairan.

Untuk radiasi ponsel sendiri dapat menimbulkan kanker otak meskipun kanker otak membutuhkan waktu 40 tahun untuk berkembang. Dan bahkan dalam beberapa studi menunjukkan bahwa risiko tumor otak dua kali lebih tinggi pada orang-orang yang menggunakan ponsel selama 10 tahun atau lebih. Untuk mensiasatai hal tersebut Davis pun menyarankan agar sebaiknya saat sedang menelepon, Anda menggunakan speakerphone atau headphone supaya ponsel tidak bersentuhan langsung dengan kepala.

Itulah beberapa Penyebab Kanker yang tanpa Anda sadari dapat timbul dari lingkungan rumah Anda. Dengan penjelasan di atas, semoga Anda lebih menyadari dan mewaspadai penyakit kanker tersebut dengan menghindari hal seperti di atas.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…