Depan artikel asuransi 6 Kriteria Asuransi Kesehatan Yang Bagus

6 Kriteria Asuransi Kesehatan Yang Bagus

6 min read
0
234
6 Kriteria Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Asuransi kesehatan yang bagus bukan hanya dilihat dari nilai premi yang murah. Ada beberapa kriteria yang membuat asuransi kesehatan tersebut layak untuk kita sebut bagus. Anda dapat mempelajari beberapa kriteria yang akan kami ulas dibawah ini sebelum memutuskan memilih asuransi kesehatan yang cocok bagi anda.

Asuransi kesehatan yang bagus dan murah itu mungkin ada, tapi jika kita percaya dengan hukum pasar “ada rupa ada harga”, mungkin kita akan bertanya tanya, adakah asuransi dengan premi murah tapi bagus ?? 🙂

Inilah Kriteria Asuransi Kesehatan Yang Bagus

1. Kredibilitas Perusahaan Yang Dapat Dipercaya

Produk yang bagus tidak lepas dari perusahaan yang bagus juga. Untuk menilai perusahaan asuransi yang bagus, dapat dimulai dari usia perusahaan tersebut. Karena perusahaan yang bisa bertahan lama dapat dipastikan perusahaan tersebut mempunyai sistem management, kekuatan finansial, dan mampu bersaing dengan kemajuan zaman. Selain itu, karena kita tinggal di Negara Indonesia, otomatis perusahaan asuransi tersebut harus telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pihak ketiga (agen) yang dimiliki oleh perusahaan tersebut harus profesional dengan memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia)

Baca juga : Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik

2. Jumlah Nasabah Yang Banyak

Mengapa harus memilih perusahaan asuransi dengan nasabah yang banyak ?. Karena semakin banyak nasabah yang bergabung, tentunya nilai premi akan bersaing (Cost Of Insurance berbanding lurus dengan jumlah nasabah). Klaim yang dibayar oleh perusahaan asuransi kepada peserta yang terkena musibah itu berasal dari dana iuran yang dikumpulkan oleh peserta juga.

Baca juga : Konsep Dasar Asuransi Syariah Yang Belum Banyak Diketahui

3. Mempunyai Track Record Yang Baik

Salah satu kwajiban dari perusahaan asuransi adalah membayar klaim nasabah berapapun jumlahnya sesuai dengan yang tertera dalam polis. Tentunya dengan beberapa ketentuan yang telah diatur dan dibuktikan dengan dokumen yang valid. Kunjungi halaman ini untuk melihat Gallery dan Dokumentasi Bukti Bayar Klaim Allianz

4. Menerapkan Sistem Klaim Yang Jelas

Ada 2 jenis klaim yang biasanya diterapkan oleh perusahaan asuransi, Cashless dan Reinburse. Dengan sistem cashless, Nasabah hanya menunjukkan kartu saat masuk rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Nasabah tidak perlu membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu, karena pihak asuransi yang akan menyelesaikan biaya yang ditagihkan kepada nasabah di rumah sakit. Seperti kartu atm, pihak rumah sakit akan menggesek ke “mesin gesek” untuk mengecek status polis nasabah dan nilai plafon yang dijamin oleh asuransi.

Jika nasabah ingin dirawat di rumah sakit yang tidak termasuk dalam list rekanan perusahaan asuransi, nasabah harus membayar biayanya sendiri dulu, baru kemudian mengajukan permintaan penggantian biaya pengobatan kepada perusahaan asuransi. Inilah disebut dengan sistem Reinburse.

5. Memiliki Jaringan Rumah Sakit Rekanan Yang Banyak

Dengan memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang banyak, maka nasabah akan diberi kemudahan dengan menggunakan sistem klaim cashless. Karena Asuransi cashless hanya dapat dilakukan di rumah sakit yang memiliki kerja sama dengan pihak perusahaan asuransi.

Baca juga : Daftar Rumah Sakit Rekanan Allianz di Indonesia Terbaru

6. Anti Inflasi

Untuk memiliki asuransi kesehatan yang tidak terpengaruh dengan inflasi tentu harus rela merogoh kocek lebih dalam. Poin ini hanya berlaku bagi yang “mampu” saja. Karena biaya premi yang dikeluarkan lumayan besar sebanding dengan jaminan pembiayaan kesehatan yang ditawarkan. Asuransi kesehatan yang baik, tentu saja harus mampu mengcover semua biaya yang ditagihkan pihak rumah sakit kepada peserta. Dengan asuransi kesehatan anti inflasi, paket rawat inap yang ditawarkan adalah berdasarkan jumlah bed (tempat tidur) dalam satu kamar bukan harga kamar per hari. Karena setiap rumah sakit, mempunyai beberapa level kelas kamar yang berbeda dengan jumlah bed yang berbeda pula.

Baca juga : Biaya Rumah Sakit Dibayarin Sesuai Tagihan, Bisa ?

 

Demikianlah Kriteria Asuransi Kesehatan Yang Bagus untuk menjadi rujukan sebelum memutuskan memilih produk asuransi. Ingin konsultasi masalah asuransi ? Silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia 🙂

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In artikel asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

Asuransi kecelakaan diri dapat diambil sebagai alternatif proteksi diri dalam kehidupan. B…