Depan Artikel Kesehatan 6 Makanan Yang Berbahaya Jika Salah Diolah

6 Makanan Yang Berbahaya Jika Salah Diolah

6 min read
0
872
6 Makanan Yang Berbahaya Jika Salah Diolah

6 Makanan Yang Berbahaya Jika Salah Diolah – Makanan adalah kebutuhan manusia yang tak dapat dipisahkan. Manusia selalu membutuhkan makanan bagi asupan tubuhnya agar menghasilkan energi untuk beraktifitas dan bekerja tiap hari. Walaupun kegunaan makanan sangatlah penting, namun manusia seringkali lupa bahwa tak semua makanan bisa dikonsumsi begitu saja dalam keadaan mentah atau setengah matang.

Bahaya Makanan Jika Salah Diolah

Pengolahan makanan merupakan kunci utama makanan dapat dinikmati dengan aman. Jadi, makanan itu tidak melulu soal enak tidak enak saja, tetapi juga perlu memerhatikan bagaimana cara pengolahan yang tepat.

Baca juga : Allianz eAZy Connect, Innovasi Layanan Online Terbaru Allianz

Nah, tanpa kita sadari di lingkungan kita terdapat banyak makanan yang ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan kalau sampai salah pengolahan, makanan ini berpotensi menyebabkan kematian.

Nah baiknya Anda simak penjelasan berikut yang akan membahas  mengenai 6 makanan yang akan menjadi racun dalam tubuh Anda jika diolah dengan cara yang tidak benar.

Berikut ini adalah 6 makanan yang berbahaya jika salah diolah :

  1. Singkong.

Singkong adalah makanan sumber karbohidrat yang populer bagi masyarakat Indonesia khususnya. Namun berhati-hatilah dalam mengolah bahan makan yang satu ini. Biasanya singkong di olah sederhana dengan digoreng dan disantap saat hangat. Nah, tahukah Anda bahwa getah singkong itu mengandung sianida poisening yang dapat menjadi racun bagi tubuh, jadi sebaiknya sebelum singkong diolah sebaiknya cuci bersih dengan baik.

  1. Buah Ackee.

Pernah mendengar buah ini atau justru mengkonsumsinya? Nah, sebetulnya buah yang satu ini sangat populer di Jamaika. Apabila Anda menemukan buah ini jangan langsung dimakan secara  mentah selayaknya buah yang lain. Sebab jika buah ackee dimakan secara mentah, buah ini bisa menjadi racun yang menyebabkan kejang, koma bahkan kematian. Menakutkan bukan?

  1. Ikan Fugu.

Ikan fugu sering kali di hidangkan oleh masyarakat Jepang sebagai ikan mentah yang segar seperti dalam sajian sashimi. Rasa ikan fugu sangatlah lezat apabila ditambahkan saus atau kecap asin dan jeruk nipis. Namun ternyata ikan ini mengandung racun yang bisa membunuh siapa saja yang mengkonsumsinya. Karena ikan fugu di beberapa bagiannya ternyata mengandung zat tetrodotoxin dan jika salah iris, racun bisa tercampur dalam hidangan Anda. Oleh sebab itu masyarakat Jepang hanya makan ikan fugu dimana disajikan oleh chef yang ahli.

  1. Gurita.

Gurita adalah olahan seafood yang sangat lezat. Banyak olahan makanan menggunakan gurita seperti takoyaki, sate seafood atau digoreng biasa dengan saus pelengkap. Namun jika Anda berkesempatan mencicipinya pastikan Anda terlebih dahulu mengunyah dengan baik sebab jika tidak, gurita ini bisa menyerang organ tubuhmu khususnya tenggorokan karena tentakelnya bisa menempel dan membuat sesak nafas jika tersedak atau tersangkut di tenggorokan.

  1. Jamur.

Jamur sendiri terdpata dalam berbagai jenis, salah satu yang berbahaya adalah jamur liar sebab bisa saja terdapat racun berbahaya yang tidak Anda ketahui. Jadi sebaiknya hanya konsumsi jamur yang sudah sering dipakai masakan seperti jamur kuping, jamur shittake, jamur putih dsb.

  1. Katak Afrika.

Mungkin makanan ini jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita. Namun kaki katak masuk dalam jejeran makanan paling dicari di dunia karena ada yang menganggapnya sebagai obat. Namun Anda tetap waspada ya, sebab jenis katak Afrika yang tidak di olah dengan benar dapat menyebabkan gagal ginjal.

Nah itulah 6 makanan yang berbahaya jika salah diolah, karena jika megolah dengan cara yang salah malah akan menyebabkan keracunan dan berbahaya bagi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sisihkan Pendapatan Walau Penghasilan Pas-Pasan

Dalam kehidupan, ada kalanya penghasilan kita tidak sesuai dengan harapan. Tetapi jangan l…