Depan Artikel Kesehatan 7 Cara Mengurangi Gejala Batuk yang Efektif

7 Cara Mengurangi Gejala Batuk yang Efektif

7 min read
0
0
48
7 Cara Mengurangi Gejala Batuk yang Efektif

Mengurangi gejala batuk dapat dilakukan dengan efektif melalui beberapa cara dibawah ini. Batuk adalah masalah umum yang sering dialami perokok. Batuk biasanya berlangsung 2 sampai 3 minggu dan batuk tidak hanya dialami orang yang merokok, tapi juga orang yang sering terpapar asap orang merokok. Batuk biasanya yang paling parah di pagi hari dan gejalanya cenderung berkurang di siang hari.

7 Cara Mengurangi Gejala Batuk yang Efektif

Pada tahap awal, batuk yang disebabkan oleh merokok bisa menjadi batuk kering dan batuk tanpa dahak, terutama bagi perokok baru dalam waktu singkat. Namun, dengan perokok jangka panjang dan sering perokok, bisa jadi batuk berdahak. Beberapa gejala lainnya, termasuk sulit bernafas, batuk darah, mengi, penurunan berat badan, dan suara serak, bisa terjadi jika sistem pernafasan rusak parah. Selain itu, gejala ini mungkin juga merupakan tanda-tanda kanker paru-paru atau penyakit serius lainnya, jadi segera temui dokter jika Anda mengalami masalah ini.

Baca juga : Menyembuhkan batuk di rumah dengan 4 Cara bahan alami

Sebagai aturan umum, kapiler kecil di paru-paru (disebut silia) memiliki fungsi melindungi sistem pernafasan dari racun, namun merokok bisa menyebabkan silia. Oleh karena itu, paru-paru perlu melakukan yang terbaik untuk mengeluarkan racun dengan berbagai cara dan batuk adalah salah satu cara tersebut.

Batuk karena merokok memiliki banyak konsekuensi yang tidak diinginkan. Batuk dan nyeri konstan bisa menyebabkan rasa sakit. Mantra batuk terus-menerus dapat mempengaruhi orang-orang di sekitar Anda.

Rokok dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan Anda, jadi jika Anda sudah batuk dalam waktu lama, temui dokter Anda untuk pemeriksaan. Jangan abaikan tanda-tanda penyakit serius yang disebabkan oleh merokok.

Berikut adalah 7 cara untuk mengurangi gejala batuk bagi orang yang merokok yang efektif. Silakan simak tipsnya di bawah ini!

  1. Air

Air minum membawa cukup banyak manfaat kesehatan. Air adalah cara yang sederhana dan efektif untuk sementara mengurangi batuk, membersihkan sputum dan mudah bernafas. Selain itu, minum cukup air akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Studi terbaru menunjukkan bahwa minum 7 sampai 8 gelas air sehari akan membantu perokok memperbaiki batuknya.

  1. Garam

Berkumur dengan garam adalah cara yang baik untuk mengurangi batuk. Bakteri air garam dan antiseptik. Jadi, banyak orang menggunakan metode ini saat batuk.

Penggunaan:

  • Campurkan satu atau dua sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk rata untuk melarutkan garam sepenuhnya.
  • Bilas mulut dengan air garam selama 30 detik. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari sampai batuk hilang.
  1. Madu

Dalam sebuah penelitian, madu dikaitkan dengan ejakulasi batuk malam hari yang lebih baik daripada dekstrometorfan, yang dianggap sebagai obat batuk yang populer. Selain itu, madu mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga madu bisa mencegah penumpukan lendir dan membunuh bakteri.

Penggunaan:

  • Ambil madu murni 3 sampai 4 kali sehari.
  • Atau campur madu dengan sedikit irisan lemon. Minum sampai batuk Anda membaik.
  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan antimikroba dan antioksidan alami yang bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga mengandung nutrisi seperti fosfor, vitamin C dan zat besi. Esensi alaminya bisa membantu tubuh melawan virus dan mencegah batuk.

Penggunaan:

  • Ambil beberapa siung bawang putih dan peras;
  • Campur dengan segelas susu dan rebus hingga hanya separuh dari campuran aslinya;
  • Aduk rata dan tambahkan gula jika diinginkan;
  • Gunakan campuran ini dua kali sehari selama beberapa hari.
  1. Teh hijau

Minum secangkir teh panas setiap hari adalah cara yang efektif untuk mengendalikan batuk. Antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau membantu tubuh mengurangi gejala infeksi pernafasan seperti yang disebutkan di atas.

  1. Ekstrak jahe dan lemon

Ekstrak jahe dan lemon memiliki nilai farmasi yang sangat baik sehingga dapat mengurangi gejala batuk. Kedua bahan ini bisa menenangkan dan menghangatkan saluran pernafasan, sehingga bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan batuk terus-menerus.

Penggunaan:

  • Langsung kunyah seiris jahe segar untuk mengeluarkan air liur untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan;
  • Potong jahe menjadi irisan tipis. Rebus dengan sedikit air dan saring campurannya, lalu campurkan dengan jus lemon. Ambil satu sendok dan gunakan 4 kali sehari.
  1. Kunyit

Kunyit adalah obat yang populer untuk sakit perut. Selain itu, kunyit bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap anti-inflamasi dan antioksidan. Jadi, ini mendukung pemulihan dari flu dan batuk, termasuk batuk akibat merokok.

Penggunaan:

  • Rebus air, tambahkan jahe dan rebus beberapa menit, lalu tuangkan susu ke dalamnya dan aduk rata.
  • Bila campuran mendingin, tambahkan madu dan bubuk kayu kunyit.
Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sayuran Terbaik untuk Diet yang Menakjubkan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sayuran terbaik untuk diet. Mempunyai tub…