Depan Artikel Kesehatan 7 Khasiat Buah Anggur Untuk Kecantikan

7 Khasiat Buah Anggur Untuk Kecantikan

10 min read
0
0
37

Anggur adalah buah yang memiliki nama ilmiah Vitis Vinifera. Buah ini merupakan salah satu di antara buah favorit masyarakat dunia dengan beberapa jenis yang dimilikinya. Anggur bisa dinikmati dengan memakannya secara langsung atau dalam bentuk olahan lainnya, seperti jelly, jus, dan lain-lain. Tanaman buah ini sudah dibudidayakan semenjak tahun 4000 sebelum masehi di wilayah Timur Tengah, seperti keterangan yang dinyatakan pada laman Wikipedia.org, dan memiliki khasiat untuk kesehatan serta kecantikan.

Buah Anggur adalah buah yang kaya dengan berbagai vitamin.  Anggur banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Anggur juga memiliki kandungan zat penting lainnya, seperti zat besi, asam folat, asam galat, glukosida, dan juga mangan. Anggur Merah juga mengandung antivirus dan antibakteri yang mampu melindungi kulit wajah dari radikal bebas yang akan menjadi penyebab timbulnya permasalaha pada kulit.

Bagi kamu yang sangat peduli sekali dengan kecantikan, berikut ini akan diuraikan beberapa Khasiat Buah Anggur untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, check it out:

  1. Mencegah kanker kulit

Selain kandungan yang sudah disebutkan di atas, anggur juga mengandung zat resveratrol yang dapat membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker kulit. Zat resveratrol yang terdapat pada anggur dapat melindungi kulit kamu dari sinar UVB. Oleh sebab itu, sesekali gunakanlah anggur sebagai masker wajah kamu.

  1. Melembabkan kulit wajah

Kulit wajah kering adalah keluhan klasik setiap orang, khususnya wanita. Tapi tentunya ini bisa di atasi dengan melakukan perawatan pada kulit wajah, salah satunya dengan menggunakan masker anggur. Caranya cukup mudah, kamu bisa menyiapkan 3 buah anggur, kemudian belah menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkanlah pada wajah hingga buah anggur menipis dan habis. Tunggulah beberapa saat, kemudian bilaslah dengan air bersih.

  1. Mengatasi minyak berlebih pada wajah

Produksi minyak berlebih pada wajah juga menjadi salah satu problem bagi setiap orang. Pasalnya, ini akan membuat penampilan menjadi kurang menarik, serta yang cukup serius kulit berminyak bisa menimbulkan komedo ‘bandel’ dan juga jerawat. Muka berminya biasanya diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Nah, anggur bisa menjadi salah satu solusi yang bisa membantu kamu mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak. Kamu cukup mengkonsumsi anggur secara rutin dan dibantu dengan menjadikan anggur sebagai masker wajah.

  1. Mencegah kerutan pada wajah

Masalah berikutnya yang sering dikeluhkan khususnya oleh para wanita adalah garis-garis halus yang timbul pada wajah. Garis-garis ini merupakan salah satu tanda-tanda penuaan dini, atinya garis ini muncul sebelum waktunya. Biasanya ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, serta jarang melakukan perawatan pada wajah. Anggur bisa menjadi solusinya, sebab anggur mengandung asam lemak esensial dan antioksidan yang berguna untuk menjadikan kulit terlihat lebih muda. Caranya yaitu dengan menggunakan minyak biji anggur yang sudah di olah, kemudian biarkan hingga mengering dan terakhir bilaslah dengan air bersih.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang cerah adalah dambaan setiap orang yang akan mendukung sempurnanya penampilan. Banyak sekali cara yang dilakukan untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah, mulai dengan cara perawatan menggunakan produk alami hingga kimia. Kamu yang merasa kulit wajahmu kusam, tidak usah bingung harus melakukan perawatan apa dan dimana. Kamu cukup membeli anggur dan menggunakannya sebagai masker wajah, dengan cara yang sudah disebutkan tadi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah Masker Anggur secara rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

  1. Memerahkan bibir

Bibir pucat akan membuat penampilan kita kurang menarik dan terkadang penggunaan lipstik akan membuat bibir pecah-pecah dan kering. Jika kamu adalah salah satu wanita yang sensitif dengan lipstik, kamu bisa menggunakan anggur untuk mendapatkan bibir merah dan cerah.  Buah mungil ini memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kamu cukup menyiapkan buah anggur secukupnya. Setelah iyu belah dan gosokkanlah buah anggur ke bibir kamu selama 5 menit. Terakhir bilaslah masker bibir alami kamu dengan air bersih. Utnuk mendapatkan hasil yang kamu mau, lakukanlah ini minimal tiga kali dalam seminggu.

  1. Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

Flek hitam dan bekas jerawat merupakan masalah pada wajah yang sering timbul, dan ini akan membuat kita kurang pede. Wajah yang sering terpapar sinar matahari sangat berpotensi menimbulkan flek hitam. Sedangkan bekas jerawat biasanya timbul akibat jerawat yang dipencet. Kedua masalah ini bisa diatasai dengan menggunakan masker buah anggur. Caranya, kamu cukup menggosokkan potongan buah anggur pada bagian wajah yang mengalami flek hitam dan bekas jerawat, tunggu hingga mengering, kemudian bilaslah dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu kamu harus rutin menggunakan masker ini.

Selanjutnya, sebagai tambahan pengetahuan bersama, berikut ini akan dihadirkan beberapa macam buah anggur (rujukan: faunadanflora.com). Langsung saja ya  sobat:

  1. Kaiji Grape, anggur ini masuk dalam golongan anggur hibrida. Memiliki bentuk buah yang lonjong dan rasa buah yang manis. Daging buah anggur kaiji kenyal dan berwarna merah yang agak bening.

  1. Auxerrois Grape, anggur ini berwarna kuning terang yang lebih menjurus ke putih. Bentuk buahnya bulat kecil, dan biasan dimanfaatkan untuk pembuatan minuman white whine.
  2. Carbernet Franc Grape, anggur ini banyak dijumpai di negara Perancis. Warnanya biru gelap dan biasa digunakan untuk membuat wine dan jus, serta sebagai campuran pembuatan saus anggur.
Carbernet Franc Grape
Carbernet Franc Grape

 

  1. Rosario Bianco Grape, di Indonesia anggur ini dikenal dengan nama Anggur Hijau. Memiliki bentuk buah yang lonjong, serta memiliki rasa manis, gurih, dan segar, yang membuatnya cocok dijadikan sebagai penutup saat selesai makan.

  1. Barbarossa Grape, anggur ini berwarna merah dengan rasa yang cukup kuat, serta memiliki tektur buah yang tidak mudah rusak.

  1. Sekirei Grape, anggur ini memiliki warna yang lebih gelap bila dibandingkan dengan jenis Rosario bianco grape, namun fisiknya cenderung sama.

  1. Chenin Blanc Grape, anggur ini berwarna hijau pekat, teksturnya halus dan rasanya manis. Anggur ini biasanya juga dijadikan sebagai olehan wine dan dia mampu bertahan pada iklim tropis.
  2. Takazuma Grape, anggur ini berwarna merah pekat cenderung kehitaman. Jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut.

Sekian dulu ya sobat allisya, semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

3 Pertanyaan Yang Sering Diajukan tentang Hepatitis A

Orang mungkin sudah tahu tentang hepatitis, tetapi tidak semua orang memiliki pengetahuan …