Depan Artikel Kesehatan 7 Manfaat Buah Naga Ungu yang Harus Anda Tahu

7 Manfaat Buah Naga Ungu yang Harus Anda Tahu

6 min read
0
98
7 Manfaat Buah Naga Ungu yang Harus Anda Tahu

Pitaya begitulah Buah Naga disebut di Inggris. Buah ini merupakan jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Negara asal buah ini adalah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Saat ini buah naga juga dibudidayakan di negara-negara Asia, seperti Indonesia, Vietnam, Filipina, Taiwan, dan Malaysia. Dahulu pada tahun 1870 tanaman ini dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam untuk tanaman hias. Orang Vietnam dan orang China menganggap buah ini membawa berkah, sebab itulah buah naga selalu ditaruh di antara patung dua ekor naga yang berwarna hijau yang berada di atas meja altar. Warna buah naga yang merah sangat mencolok dibandingkan dengan warna hijau patung naga. Orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya China menyebut buah ini dengan Thang Loy yang berarti buah naga. Istilah thang loy ini selanjutnya diterjemahkan di Eropa ke dalam bahasa Inggris sebagai Dragon Fruit atau buah naga. (Wikipedia.org)

Itulah sedikit bahasan mengenai sejarah buah naga. Sekarang kita fokus kepada apa saja Kandungan Buah Naga yang bisa mendatangkan manfaat bagi tubuh kita. Namun sebelumnya alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan beberapa jenis atau varian buah naga. Terdapat beberapa jenis buah naga yang bisa kita temui, yaitu:

  1. Hylocereus Undatus atau buah naga putih. Buah naga jenis ini memiliki kulit berwarna merah, namun isinya berwarna putih.
  1. Hylocereus Polyrhizus atau buah naga merah. Buah naga jenis ini juga dikenal dengan Buah Naga Ungu.
  1. Selenicereus Megalanthus atau buah naga kuning. Buah naga jenis ini memiliki kulit kuning dan isinya berwarna putih
  1. Hylocereus Costaricensis. Buah naga jenis ini memiliki warna buah yang sangat merah.

Nah, kali ini kita tidak akan membahas dari sekian jenis buah naga berikut manfaatnya satu persatu, kita hanya akan fokus pada Manfaat Buah Naga Ungu. Buah naga ungu adalah salah satu jenis yang banyak kita temui di Indonesia dan ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah ini. Anda penasaran bukan? Berikut ulasan mengenai beberapa manfaat serta Kandungan Nutrisi Buah Naga:

  1. Membantu mengobati penyakit thalassemia

Thalassemia merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh pasien atau penderita anemia. Penyembuhan penyakit ini bisa dibantu dengan mengonsumsi buah naga ungu secara rutin, sebab buah ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

  1. Sebagai antioksidan

Buah naga memiliki kandungan antioksidan, dimana antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab dari berbagai penyakit seperti kanker dan penuaan dini pada kulit.

  1. Mengandung vitamin C

Konsumsi buah naga yang rutin dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan gusi, tulang, dan lain-lain. Tak hanya itu, vitamin C dikenal dapat membantu meningkatkan sistem imun. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi buah naga ungu, anda bakal mendapatkan manfaat berupa meningkatnya sistem kekebalan tubuh anda.

  1. Mengandung vitamin B

Kandungan vitamin B dalam buah naga dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga akan menjaga metabolisme tubuh.

  1. Mengandung asam folat

Buah naga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Ini tentu sangat baik untuk kesehatan kita dan juga sangat baik untuk ibu hamil.

  1. Sebagai sumber potassium

Kandungan potassium pada buah naga ungu terbilang cukup tinggi. Potassium ini sangat untuk menjaga kesehatan ginjal dan dapat mencegah terjadinya batu ginjal.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan antioksidan (betalain dan betasianin) dalam buah naga ungu dapat mebantu menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan ini juga bisa menjaga elastisitas pembuluh darah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengonsumsi buah naga secara rutin. Masih banyak lagi manfaat yang bisa anda temukan dari buah naga, tidak hanya dari isinya saja, namun juga dari kulitnya. Selamat berburu pengetahuan ya sahabat dan jangan lupa menjaga kesehatan. Biasakan pola hidup sehat dan jangan lupa Konsumsi Buah Naga Ungu ya.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…