Depan Artikel Kesehatan 8 Fakta Tentang Penyakit Wasir

8 Fakta Tentang Penyakit Wasir

6 min read
0
414
8 Fakta Tentang Penyakit Wasir

8 Fakta Tentang Penyakit Wasir – Wasir adalah salah satu penyakit yang menyebabkan ketidaknyamanan dan menghambat BAB bagi penderitanya. Banyak masyarakat berasumsi mengenai gejala, penyebab hingga pengobatan dari wasir. Namun kita tidak tahu mana yang benar dan yang merupakan mitos semata. Oleh sebab itu Anda perlu mengenali fakta mengenai penyakit wasir yang akan kami rangkumkan dalam artikel kali ini.

Fakta-Fakta Tentang Penyakit Wasir

Simak fakta-fakta tentang penyakit wasir berikut ini :

  1. Wasir Terbagi Menjadi Dua.

Ada dua jenis penyakit wasir, yaitu wasir internal (wasir yang ada pada bagian dalam anus) dan wasir eksternal(wasir yang ada pada bagian luar anus). Wasir dalam apabila sudah cukup parah maka akan dapat timbul keluar serta akan dapat menyebabkan pendarahan. Sedangakan wasir luar hanya berkembang pada jaringan disekitar lubang anus saja.

  1. Jutaan Orang Terkena Wasir

Terdapat sebuah penelitian kesehatan mengenai penyakit wasir yaitu sekitar 75% orang akan menderita wasir di beberapa titik dalam hidup mereka. Di Amerika, ada lebih dari 10 juta orang seperti yang sekarang didiagnosis memiliki wasir dan setiap tahunnya ada 1 juta kasus baru yang ditambahkan.

Baca juga : Allisya Care Asuransi Kesehatan Syariah Allianz

  1. 10% Orang di Dunia Perlu Pembedahan Wasir

Di antara sekian banyak orang, sekitar 12,8 % memiliki wasir internal dan lebih dari 10 % memerlukan pengobatan wasir dengan bedah. Karena ini tidak dianggap sebagai penyakit yang mengancam jiwa, kebanyakan orang tidak berobat ke dokter untuk mendapatkan perawatan, hanya melakukan pengobatan ambeien di rumah. Padahal apabila sudah dalam kondisi parah, maka penyakit wasir ini akan dapat menyebabkan pendarahan dan Anda menjadi kekurangan darah.

  1. Wasir Lebih Banyak Menyerang Perempuan

Hampir separuh manusia akan menderita penyakit wasir sebelum mereka berusia 50 tahun dan terdapat kemungkinan lebih besar terkena wasir saat usia bertambah. Perempuan berada pada risiko yang lebih besar menderita wasir dibandingkan pria. Penyakit ambeien ini diderita sekitar 25 % perempuan, dibandingkan dengan 15% nya pada pria.

  1. Wanita Hamil Beresiko Wasir

Wanita akan lebih sering mengalami wasir saat masa kehamilan karena terjadi pembesaran ukuran perut mereka sehingga akan memberikn tekanan di daerah dubur. Selain itu, hormon-hormon kehamilan menyebabkan gerakan darah ke daerah anus, yang semakin memburuk selama persalinan.

  1. Orang Gemuk Beresiko Wasir

Orang gemuk juga berisiko lebih besar untuk terkena wasir karena berat badan mereka dapat meberikan ketegangan otot dan menekan pada daerah pinggul dan dubur. Cara menanganinya latihan yang baik bagi Anda dengan mengangkat beban yang sangat berat menyebabkan Anda menahan napas, yang menempatkan banyak tekanan pada otot-otot dubur yang dapat menjadi penyebab wasir.

  1. Membuat Tinja Keras

Wasir bisa menjadi lebih buruk apabila Anda tidak mengkonsumsi cukup air, dan dengan mengkonsumsi alkohol atau kopi Anda meningkatkan jumlah diuretik dalam tubuh Anda yang membuat tubuh mengalami kehilangan air dengan lebih cepat. Hal ini membuat tinja kering dan akan timbul rasa sakit ketika buang air. Cara terbaik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat termasuk buah-buahan segar dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dll, dan menghindari makan banyak daging, keju dan roti putih yang dapat membuat tinja keras dan menyebabkan lebih banyak tekanan di anus.

Fakta #8

Gaya hidup bisa memberikan dampak buruk bagi Anda. Kadang Anda tidak dapat melakukan duduk atau berdiri untuk waktu yang lama dan melakukan gerakan sebanyak mungkin. Penanganan wasir yaitu dapat melalui penggunaan krim atau salep anti-wasir, kapsul pelunak tinja atau dengan melakukan duduk di bak air hangat tetapi jika kondisi tersebut wasir masih ada dan terasa lebih parah, lebih baik jika Anda memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter karena tindakan operasi mungkin saja diperlukan untuk mengangkat wasir.

Nah dengan membaca dan mengetahui fakta tentang penyakit wasir akan membantu Anda mengenali gejala penyakit wasir dan  memberikan ide tentang bagaimana cara mengobati wasir apabila Anda juga menjadi penderita ambeien. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…