Depan Artikel Kesehatan 9 Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

9 Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

11 min read
0
386
9 Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat diperlukan demi kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh sangatlah penting karena kondisi tubuh yang baik akan menunjang kelancaran dalam beraktivitas. Perlu Anda tahu, kelalaian dalam menjaga kesehatan justru mendatangkan beragam penyakit, termasuk gangguan jantung yang tergolong berbahaya.

Baca juga : Mudah Didapat! 8 Makanan Yang Paling Menyehatkan Jantung

Kondisi jantung yang sehat sangatlah penting mengingat fungsinya yang vital. Sebagai organ yang berperan dalam peredaran darah ke paru-paru dan seluruh anggota tubuh, kemampuan jantung untuk memompa darah harus optimal. Kondisi jantung yang optimal tersebut tentu perlu serangkaian tindakan untuk menjaganya. Anda harus senantiasa menjaga pola hidup.

9 Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Pola hidup sehat sangat berarti bagi setiap insan manusia demi kesehatan organ tubuhnya. Dengan rutinitas yang positif, gangguan kesehatan berupa penyakit jantung juga bisa dicegah. Beragam penyebab penyakit jantung juga perlu dihindari agar tidak berdampak buruk bagi jantung. Untuk itu, terapkan 9 pola hidup sehat ini bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Rutin Berolahraga

Rutin dalam berolahraga ini sangat penting bagi kesehatan jantung. Dengan rutin berolahraga, maka napas menjadi lebih teratur dan meningkatkan kebugaran jantung. Upayakan untuk berolahraga rutin selama 30 menit dalam sehari minimal 5 hari setiap minggunya. Anda bisa melakukan olahraga sesuai kemampuan, misalnya yoga, jogging, bersepeda, berenang, dll.

  1. Beristirahat dalam Waktu yang Cukup

Setelah melakukan beragam aktivitas rutin setiap harinya, Anda juga membutuhkan istirahat tentunya. Beristirahat haruslah dengan waktu yang cukup agar energi tubuh dapat kembali fit. Apabila Anda ingin beristirahat secara optimal, perhatikan dulu jam tidur Anda dan cermatilah kapan waktu yang tepat bagi tubuh untuk istirahat.

Dalam hal ini, Anda harus melakukan istirahat total dengan cukup. Tidur merupakan istirahat total yang harus dipenuhi agar kondisi tubuh tetap prima dan bisa melakukan berbagai hal dengan kondisi tubuh prima dan tak mudah sakit. Sistem imun juga dapat mengalami peningkatan apabila istirahatnya cukup.

  1. Membatasi Konsumsi Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah mampu menyebabkan penyakit jantung. Asupan makanan instan atau yang berlemak tinggi tentu juga mengganggu kelancaran aliran darah ke jantung. Terdapat cara ideal untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengendalikan kolesterol dan lemak jenuh selalu dalam batas wajar.

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang terlalu tinggi mampu menimbulkan persolan jantung. Apabila Anda sudah mengalami serangan jantung, targetkan LDL (lkolesterol jahat) menjadi sebanyak 70 mg/dL ataupun di bawahnya. Cara untuk merealisasikannya adalah dengan menghindari makanan instan, misalnya sosis, mie instan, cokelat, dan lainnya.

Kolestrol berlebihan tentu berdampak pada obesitas. Kegemukan atau obesitas tentunya akan berakibat pada penyakit jantung yang harus segera diatasi. Kandungan lemak jenuh yang ada di dalam darah akan menghalangi kelancarannya dan tentu menghambat kerja jantung dalam memompa darah. Karenanya, hindarilah kolesterol untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh dan mencegah dehidrasi. Jika dehidrasi atau kekurangan cairan, maka anemia bisa menyerang. Rutin dalam mengonsumsi air putih dapat membantu menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Dengan rajin minum air putih, maka peradaran darah menjadi lancar dan jantung bisa tetap sehat.

  1. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur punya kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Kesehatan tubuh akan terjaga apabila banyak mengonsumsi buah dan sayur. Kandungan nutrisinya sangat lengkap, mulai dari zat besi, vitamin, serta mineral bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang rentan menyerang.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat sangatlah dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Mengonsumsi makanan sehat secara teratur akan memberikan efek yang baik bagi tubuh dan bisa mencegah timbulnya suatu gangguan kesehatan atau penyakit. Pilihlah menu sehat yang bervitamin dan bernutrisi tinggi lainnya agar mampu menjaga kondisi jantung.

Selain pandai-pandai dalam memilih makanan sehat, Anda harus konsisten dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Konsistensi dalam mengatur pola makan sehat harus dilakukan agar tetap mampu menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk jantung. Menu sehat yang bisa dipilih adalah nasi, sayur, lauk, buah, dan minumlah juga segelas susu agar nutrisinya lengkap.

  1. Belajar dalam Mengelola Stres

Pengelolaan terhadap stres juga merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap individu agar tak mengalami beragam gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh suatu tekanan. Dalam mengelola stres, Anda harus mampu menjaga kondisi pikiran dan hati. Jangan sampai kondisi mental drop dan menjadi stres atau bahkan depresi.

Emosi yang berapi-api juga bisa meningkatkan stres. Apabila hal ini terjadi, maka jantung akan berdetak lebih kencang dan tidak stabil. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, maka terjadi ketidakstabilan fungsi jantung dan lebih berisiko terkena penyakit jantung. Karenanya, jangan tertekan agar mampu menjaga kesehatan jantung.

  1. Memperhatikan Gejala yang Mungkin Timbul

Setiap penyakit atau gangguan kesehatan pasti menunjukkan gejala atau tanda-tanda. Dalam penyakit jantung, juga terdapat gejala-gejala yang memungkinkan untuk dikenali. Waspada terhadap perubahan kondisi tubuh adalah hal yang harus dimiliki. Anda harus memahami apa yang terjadi jika mengalami suatu gejala gangguan kesehatan.

Orang yang berpotensi terkena penyakit jantung adalah mereka yang mengalami beberapa gejalanya. Apa sajakah itu? Gejala dalam penyakit jantung terdiri dari beberapa hal, meliputi kesulitan dalam menarik napas, sesak napas ketika berbaring ataupun ketika beraktivitas, timbul bengkak di kaki dan tangan, serta gejala lainnya. Segera periksakan ke dokter.

  1. Rutin Melakukan Cek Kesehatan

Kondisi tubuh harus terjaga dengan baik. Harus ada suatu upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Cek kesehatan merupakan suatu upaya yang bisa dilakukan secara berkala untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kondisi tubuh. Cara pengecekan secara medis ini akan akurat.

Dengan pemeriksaan secara medis, Anda benar-benar akan mengetahui bagaimana kondisi organ tubuh, termasuk jantung. Dalam pemeriksaan kesehatan jantung ini, Anda bisa sekaligus mengetahui seberapa besar tekanan darah. Melalui tekanan darah, Anda bisa mengetahui apakah berpotensi terkena penyakit jantung atau tidak.

Tekanan darah bisa dikatakan normal apabila menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Ketika angka atas (angka sistolik) berada di kisaran 120-139 ataupun jika angka bawah (angka diastolik) berada di kisaran angka 80-89. Hal ini berarti bahwa Anda terindikasi prehipertensi. Semakin tinggi tekanan darah, maka semakin berisiko kena serangan jantung.

Lindungi diri dan keluarga anda dari resiko penyakit kritis

Itulah berbagai hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Fungsi jantung yang sangat vital sangatlah penting, sehingga jangan sampai Anda melalaikan hal ini. Menjaga kesehatan jantung harus diupayakan dengan segala kegiatan tersebut dengan cara yang konsisten.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…