Depan Artikel Kesehatan Ini Alasan Mengapa DVT Ampuh Sebabkan Resiko Penyakit Jantung

Ini Alasan Mengapa DVT Ampuh Sebabkan Resiko Penyakit Jantung

3 min read
0
91
Ini Alasan Mengapa DVT Ampuh Sebabkan Resiko Penyakit Jantung

Banyak orang bingung karena mendengar kabar bahwa mereka yang suka duduk dalam jangka waktu yang lama atau duduk berjam – jam rentan terserang penyakit jantung. Demikian pula dengan mereka yang seharinya bekerja di depan komputer juga rentan terserang penyakit jantung.

Baca juga : Vestibular, Menjadi Ancaman Pekerja Kantoran

Lantas, apakah kabar tersebut benar adanya?

Ya, kabar tersebut memang benar. Mereka yang suka duduk berlama- lama tanpa pindah posisi atau mereka yang sehari – harinya bekerja di depan komputer memang rentan terserang penyakit jantung. Alasannya adalah karena kondisi DVT.

Lantas apa sebenarnya kondisi DVT ini sehingga menyebabkan seseorang beresiko terserang penyakit jantung?

Anda ingin tahu? Simak informasinya berikut ini!

Alasan DVT Sebabkan Resiko Penyakit Jantung

Sebelum kita mencari tahu alasan DVT bisa menyebabkan penyakit jantung, terlebih dahulu kita harus tahu sebenarnya DVT ini apa sih?

DVT merupakan Deep Vein Thrombosis yang terjadi dimana darah menggumpal di pembuluh bagian terdalam dari kaki atau pinggul. Penggumpalan ini terjadi karena disebabkan oleh duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah.

Lantas, mengapa kondisi DVT bisa sebabkan resiko penyakit jantung? Kondisi DVT yang menyebabkan penggumpalan ini bisa menghalangi jalannya darah ke paru – paru. Akibatnya ketika jalannya darah ke paru – paru terhambat akan terjadi penekanan – penekanan yang memicu terjadinya serangan jantung.

Kondisi yang demikian ini biasanya disebut dengan pulmonary embolism. Pulmonary Embolism ini juga seringkali disebut dalam dunia medis sebagai PE. PE ini menimbulkan penyumbatan arteri utama paru – paru yang dapat menyebabkan asupan oksigen rendah pada tubuh dan kemudian dapat memicu serangan jantung mendadak.

Untuk mencegah DVT, ada beberapa tips yang harus anda lakukan. Tips pertama yaitu jangan terlalu lama duduk. Jika memang pekerjaan anda mengharuskan duduk terlalu lama, anda harus mengimbangi dengan olahraga rutin di pagi hari sebagai pemanasan awal anda.

Ubah juga posisi duduk anda setidaknya setiap 30 menit sekali dan lakukan rileksasi tubuh ketika anda sudah mulai merasa pegal. Jangan lupa juga untuk perbanyak minum air putih supaya tidak mengalami dehidrasi.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami sampaikan mengenai Alasan DVT Sebabkan Resiko Penyakit Jantung. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan jangan lupa untuk melaksanakan tips yang kami berikan diatas.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Jaga Kesehatan Lansia Sejak Dini Dengan Tips Ini

Mungkin saat ini anda sedang merawat lansia? Merawat lansia memang susah – susah gampang. …