Depan artikel asuransi Allianz Syariah Pilihan Terbaik dalam Hal Asuransi Syariah

Allianz Syariah Pilihan Terbaik dalam Hal Asuransi Syariah

23 min read
0
0
374
Alasan Memilih Allianz Syariah sebagai Pilihan dalam Mengikuti Asuransi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya asuransi. Biasanya asuransi akan digunakan untuk mengcover adanya risiko kerugian yang akan terjadi di masa mendatang dengan membayarkan sejumlah uang atau biasa disebut dengan premi asuransi kepada suatu perusahaan asuransi yang sudah banyak tersedia. Banyaknya lembaga keuangan yang sudah menggunakan prinsip syariah pada saat ini juga mendorong perusahaan asuransi menggunakan prinsip yang sama yaitu prinsip syariah.

Baca juga : Asuransi Syariah Menurut MUI Boleh, Inilah Fatwanya

Asuransi syariah merupakan asuransi yang berdasarkan pada prinsip syariah yang berlandaskan pada asas gotong royong atau tolong menolong (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) melalui kumpulan dari dana yang dibentuk (Dana tabarru’) yang nantinya akan dikelola dengan menggunakan prinsip secara syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

Keuntungan Asuransi Syariah Dibandingkan Asuransi Konvensional

Pada saat ini prinsip syariah merupakan suatu sistem keuangan dengan menggunakan hukum islam yang dianggap akan memberikan dampak yang semakin besar terutama dalam hal ekonomi dan keuangan. Hal ini karena prinsip syariah dianggap suatu prinsip atau aturan yang sesuai bagi umat islam.  Bagi anda para nasabah atau konsumen, peraturan ini akan sangat menguntungkan. Walaupun dalam hal asuransi, namun adanya asuransi syariah ini sudah mulai diminati oleh masyarakat yang ada di Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lembaga keuangan seperti bank hingga lembaga asuransi sendiri yang menjual produk syariah yang memiliki banyak keuntungan misalnya seperti Allianz Syariah sebagai lembaga asuransi yang berdasarkan syariah. Nah, ingin tahu keuntungan apa saja yang didapat dalam penerapan asuransi syariah? yuk, simak ulasannya sebagai berikut ini.

  1. Hasil Investasi Lebih Beragam

Bagi ada yang merasa khawatir akan dana yang diberikan pada asuransi konvensional atau asuransi umum sebagai dana investasi. Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan investasi dana yang ada pada asuransi syariah. Bagi anda yang sudah, mengikuti asuransi syariah seperti Allianz Syariah,  Anda akan memiliki hasil investasi yang lebih beragam, karena adanya instrumen investasi syariah yang memang sudah beragam.

Adanya instrumern investasi syariah inilah yang nantinya akan bisa memberikan tingkat pengembalian investasi yang juga menarik dan juga optimal untuk nasabahnya. Misalnya saja jika Anda menginvestasikan dana dalam bentuk investasi mudharabah, maka hasil investasi (Mudharabah) akan lebih tinggi dibandingkan menabung dengan deposito.

  1. Tidak Adanya Perubahan saat Telat Bayar Asuransi

Berbeda dengan asuransi konvensial, asuransi syariah seperti Allianz Syariah ini akan tetap memproteksi dana anda dan tidak akan ada perubahan saat anda telat dalam melakukan pembayaran. Asuransi syariah seperti Allianz Asuransi ini, tidak akan mengutak-atik keamanan dari dana Anda ketika anda telat membayar premi yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak pada akad sebelumnya.

  1. Tidak Adanya Dana yang Hangus

Asuransi yang normal pasti akan mengalami terjadinya dana yang hangus. Namun, bagi nasabah atau anggota dari Asuransi syariah akan bisa mendapatkan dananya kembali. Misalkan anda ingin  mencairkan dana tersebut secara tiba-tiba karena suatu hal sebelum jatuh tempo, maka Asuransi Syariah seperti Allianz bisa mengabulkannya.

Tidak adanya dana yang hangus merupakan salah satu keuntungan yang paling “diperjualkan” oleh pihak asuransi syariah dalam menarik nasabah. Nah, hal ini kembali pada hukum syariah, nasabah atau konsumen yang harus diuntungkan dan harus mendapatkan perjanjian yang jelas dengan pihak asuransi. Untuk selanjutnya kembali pada keinginan Anda sebagai nasabah apakah anda tertarik untuk melakukan asurasi di lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syariah seperti Allianz syariah?

  1. Bagi Hasil atau Pembagian Nisbah yang Cukup Tinggi

Pembagian nisbah dalam asuransi syariah cukup tinggi yakni bisa mencapai sekitar 70 persen bagi para nasabah dan 30 persen untuk pihak lembaga asuransi. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari asuransi syariah selanjutnya.

Pada saat kita akan mengikuti asuransi, pasti ada alasan khusus yang membelakangi mengapa kita ingin mengikutinya. Misalkan saja, anda mengikuti asuransi kesehatan agar bisa mengcover seluruh pembayaran kesehatan dan berharap pihak insurance akan membantu membayar, baik dari biaya yang murah hingga yang mahal

Atau pada saat anda juga mengikuti asuransi pendidikan untuk membantu membayar biaya anak-anak dan sekolah mereka. Pada saat Anda mengalami kesulitan keuangan, bahkan hingga tidak bisa bersekolah adanya tentunya Asuransi syariah tentu memberikan keuntungan tinggi. Tentunya Anda yang menggunakan asuransi syariah tentu tidak perlu khawatir karena asuransi syariah seperti Allianz Syariah menunjukan bahwa nasabah akan diuntungkan dan sesuai dengan peraturan sistem syariah.

  1. Asuransi Double Claim

Dalam asuransi syariah kita sebagai nasabah bisa melakukan double claim, hal ini merupakan salah satu keuntungan lainnya yang bisa didapatka. Sebagai contoh, peserta asuransi bisa memanfaatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit yang bisa diperuntukkan bagi semua anggota keluarga.

Anda bisa menggunakan satu polis bisa untuk satu keluarga, jika dalam asuransi tersebut menggunakan kartu atau cashless. Bisa dikatakan premi asuransi syariah seperti yang ada pada Allianz Asuransi ini lebih murah karena polis Asuransi Syariah bisa digunakan untuk  satu keluarga.

Dilihat dari keuntungan dari asuransi syariah seperti Allianz Syariah benar-benar sangat menggiurkan bukan? Apalagi bagi anda yang beragama islam dan sebagai umat muslim yang harusnya tidak boleh mengikuti sistem keuangan yang merugikan dan bersifat seperti monopoli dalam lembaga keuangan konvensional.

Bagi Anda yang ingin memiliki produk asuransi tanpa mengalami kerugian besar, jangan khawatir dan jangan pernah takut menggunakan asuransi syariah karena asuransi syariah sudah menyediakan fasilitas dan kelebihan yang menguntungkan. Dari beberapa hal keuntungan yang sudah dijelaskan mengenai asuransi syariah, dapat dikatakan bahwa asuransi syariah memiliki beberapa keuntungan yang sudah tidak harus dipertanyakan lagi.

Alasan Memilih Allianz Syariah sebagai Pilihan dalam Mengikuti Asuransi

Produk asuransi memiliki tujuan dalam memberikan jaminan hidup yang lebih baik untuk kedepannya. Sehingga tidak heran jika beberapa orang yang akan mengikuti asuransi, akan bingung dalam menentukan produk asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Namun demikian setidaknya ada 6 alasan mengapa anda harus lebih memilih Asuransi Syariah seperti Allianz Syariah dari pada Asuransi Konvensional. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

  1. Allianz Syariah Diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah)

Sebagai lembaga Asuransi Syariah Allianz syariah diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah). Tugas dari DPS itu sendiri adalah mengawasi seluruh produk yang dipasarkan termasuk pengelolaan dana investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dalam memilih Allianz syariah sebagai perlindungan diri dari risiko yang mungkin terjadi.

Baca juga : Peran Dewan Syariah Nasional di Indonesia

Dewan Pengawas Syariah atau DPS biasanya akan memberikan sanksi jika perusahaan asuransi syariah seperti Allianz Syariah tidak menjalankan aktivitas atau prosesnya tidak sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga nasabah lebih yakin memilih Asuransi Syariah sebagai proteksi diri mereka. Dewan Pengawas Syariah akan memberikan sanksi bagi perusahaan asuransi yang menjalankan prosesnya tidak sesuai prinsip syariah.

  1. Penggunaan Tolong Menolong dan Keadilan

Sistem yang Dijalankan Asuransi Syariah adalah bersifat tolong-menolong, hal inilah yang akan membuatnya terasa lebih adil dan meringankan beban. Selain itu, Asuransi Syariah seperti Allianz Syariah memiliki konsep sistem donasi dan hibah. Nah, dengan begitu anda sebagai nasabah dapat mendonasikan sebagian atau seluruh konstribusinya untuk orang lain atau yang sedang mengalami musibah. Dalam hal ini, perusahaan asuransi sebagai lembaga keuangan syariah akan mengolah dana tersebut untuk dihibahkan kepada nasabah yang sedang mengalami musibah.

Bedanya perusahaan asuransi syariah dengan perusahaan asuransi konvensional adalah dalam hal tugas dan dana yang dikelola. Jika dalam Asuransi konvensional, perusahaan adalah pemilik dana premi dari nasabahnya, maka dalam Asuransi Syariah perusahaan asuransi hanya bertugas dalam mengelola dana hibah bagi nasabah yang sedang membutuhkan.

Jadi dengan mengikut program Asuransi Syariah, nasabah atau anggota asuransi yang satu dengan yang lainnya akan saling berhubungan dan saling tolong menolong jika nasabah atau anggota lain menghadapi sebuah cobaan atau masalah. Hal inilah yang tidak ada dalam Asuransi Konvensional, karena sistemnya berdasarkan jual beli dalam bentuk premi asuransi.

  1. Memiliki Konsep Asuransi Syariah Jauh Lebih Rinci

Jika dilihat dari beberapa produk dan akad yang ada dalam asuransi syariah seperti Allianz Syariah, maka semua prosesnya akan lebih lengkap dan jelas. Hal ini berkaitan dengan konsumen yang memilih produk dengan memberikan jaminan dengan proses dan tata cara yang jelas tentang dijalankannya produk tersebut.

Misalnya saja, dalam akad akan tertuang dengan jelas mengenai manfaat dan risiko dari asuransi syariah. Selain itu, untung rugi dalam asuransi syariah juga lebih jelas karena pada saat anda sebagai nasabah memutuskan untuk mengambil produk asuransi syariah maka akan dijelaskan untung rugi dalam asuransi syariah dan siap untuk menghadapi risikonya.

  1. Lebih detail, transparan dan jelas konsepnya

Asuransi Syariah seperti Allianz Syariah tidak memiliki niat mengambil keuntungan besar bagi perusahaan asuransi maupun bagi salah satu pihak atau nasabah. Semua masalah baik masalah perusahaan dan anggotanya akan dipikirkan bersama untuk  keuntungan bagi semua pihak dengan berazaskan tolong-menolong karena Asuransi Syariah menghindari riba’ saat menjalankannya, maka.

  1. Lebih mudah dalam memahami produk Asuransi Syariah

Dilihat dari persepsi nasabah maupun perusahaan asuransi, asuransi syariah lebih mudah dalam memahami produk dari asuransi syariah. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya perdebatan yang nantinya akan memancing permusuhan antar pihak baik perusahaan asuransi ataupun nasabahnya. Hal ini disebabkan oleh tugas dari perusahaan Asuransi Syariah seperti Allianz syariah yakni menyimpan dan mengelola dana, dan tidak semata untuk mendapatkan keuntungan demi kebaikan semua pihak

  1. Dana Asuransi Syariah Sepenuhnya Hak Peserta

Hal yang membedakan lainnya mengenai asuransi syariah seperti Allianz syariah dan asuransi konvensional adalah mengenai dana yang diberikan oleh nasabah. Dalam asuransi konvensional, dana yang diberikan merupakan dianggap sebagai dana premi yang akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, sedangkan pada perusahaan syariah premi nasabah yang diberikan atau disetorkan dianggap sebagai kepada perusahaan adalah hak para nasabah yang nantinya akan dikelola guna membantu pihak nasabah lain yang membutuhkan.

Jadi, tanpa ijin nasabah pihak perusahaan tidak memiliki hak apapun atas premi tersebut apalagi hingga menggunakannya sebagai hal-hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Memegang amanah sebagai pengelola dana nasabah merupakan prinsip yang ditanamkan oleh perusahaan Asuransi seperti Allianz Syariah.

  1. Nasabah lebih Nyaman karena Tidak Mengenal Sistem Dana Hangus

Disinilah yang menjadi kelebihan menjadi nasabah dari Allianz syariah sebagai perusahaan asuransi syariah. Dana yang anda setorkan akan tetap menjadi hak dari nasabah walaupun anda tidak bisa membayar premi di tengah jalan. Jadi, setelah terjadi masalah menganai ketidakmampuan nasabah yang tidak bisa melanjutkan pembayaran premi atau mengundurkan diri saat kontrak belum habis maka dana akan dikembalikan dan menjadi hak nasabah. Namun, hal ini tidak berlaku bagi dana kebajikan atau dana yang disetorkan dimaksudkan untuk Tabarru’.

  1. Sistem Bagi Hasil dalam Asuransi Syariah Lebih Adil dan Menguntungkan Kedua Belah Pihak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya asuransi syariah tidak terbatsa pada premi dan uang pertanggung jawaban saja. Namun, anda juga harus tahu betul mengenai hasil dari dana yang diputar perusahaan.

Nah, dalam perusahaan Asurasnsi Allianz syariah ini anda sebagai nasabah akan mendapatkan edukasi yang sangat baik mengenai keuntungan yang akan didapatkan karena keuntungan dari bagi hasil akan dipublikasikan dengan persentasi yang sudah disepakati bersama sebelumnya.

Hal ini tentu akan lebih adil dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Jika ada untung maka akan dibagi bersama, sedangkan saat mengalami kerugian maka resiko akan ditanggung bersama.

Dengan sistem yang digunakan oleh Allianz syariah sebagai perusahaan asuransi, maka dana yang dikelola dalam Asuransi Syariah akan terhindar dari unsur yang dilarang atau diharamkan dalam agama Islam seperti bunga atau riba, gharar atau dana yang tidak jelas, dan maysir atau judi. Akad yang digunakan dalam perjanjian asuransi syariah biasanya menggunakan akad mudahrabah dengan sistem bagi hasil. Dalam akad ini peserta akan menyetujui untuk menyediakan modal  untuk dikelola perusahaan asuransi dengan sistem bagi hasil.

Dari ulasan diatas, disadari atau tidak dibandingkan dengan asuransi Konvensional, asuransi syariah ternyata memiliki beberapa sisi menarik yang membuat masyarakat memilih produk asuransi dari Allianz syariah ini. Sekilas mengenai keuntungan dari asuransi Allianz Syariah ini memang tidak terlihat dalam promo produk mereka, namun jika anda sudah bergabung menjadi nasabah asuransi Allianz syariah, maka Asuransi Allianz Syariah akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi anda sebagai nasabah.

Dari penjelasan diatas juga bisa disimpulkan dan ditekankan bahwa, asuransi syariah khususnya yang ada di dalam produk asuransi Allianz syariah bukan masalah untung dan rugi. Dalam asuransi syariah, kedua belah pihak akan saling diuntungkan yakni pihak perusahaan asuransi dan juga nasabahnya. Tidak hanya anda sebagai nasabah yang akan diuntungkan, namun seluruh nasabah juga akan diuntungkan karena adanya konsep atau prinsip gotong royong atau tolong menolong seperti yang sudah dijelaskan pada keuntungan dari asuransi syariah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jadi, intinya adalah dalam asuransi Allianz syariah misalnya seperti asuransi jiwa merupakan salah satu bagian dari rencana keuangan keluarga anda. Jadi memiliki asuransi merupakan ikhtiar/upaya untuk menyiapkan dana tunai jumlah besar dengan menyisihkan hanya sebagian kecil dari penghasilan anda. Jadi bagi anda yang masih berfikir asuransi khususnya asuransi Allianz syariah hanya menguntungkan satu pihak saja, anda salah karena kita saling  tolong menolong dengan semua anggota dalam hal ini. dengan menggunakan sistem yang juga sudah sesuai dengan syariat islam khususnya dalam mengelola dana premi yang sudah diberikan dan diamanahkan kepada kami Asuransi Allianz Syariah.

Itulah beberapa informasi mengenai Asuransi Allianz Syariah. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In artikel asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sayuran Terbaik untuk Diet yang Menakjubkan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sayuran terbaik untuk diet. Mempunyai tub…