Depan Artikel Kesehatan Bagaimana cara mengatasi rambut rontok atau kebotakan pada pria

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok atau kebotakan pada pria

6 min read
0
32
Bagaimana cara mengatasi rambut rontok atau kebotakan pada pria

Awalnya garis rambut di dahi terlihat dan bintik-bintik botak pertama muncul, rambut menjadi lebih tipis, secara bertahap ke seluruh area di atas kepala, kemudian rambutnya akan rontok secara bertahap dan menjadi botak. Lalu bagaimana cara menghentikan proses kerontokan rambut pada pria? Berikut ini adalah saran dari dokter spesialis I.Natalya (Rusia) terkait dengan masalah ini.

Baca juga : Manfaat Sirsak, kepoin yuk 🙂

Apakah ada perbedaan rambut antara pria dan wanita?

Rambut pria lebih tebal, dengan periode pertumbuhan lebih pendek. Kehadiran testerone dalam jumlah besar pada pria menyebabkan sebum, folikel rambut serta kelenjar keringat dan kelenjar sebaceous lebih dari kulit wanita. Sementara itu, hormon estrogen perempuan memperpanjang folikel rambut pada wanita.

Mengapa pria lebih rentan terhadap kerontokan rambut dan kebotakan daripada wanita?

Kerontokan rambut pria disebabkan oleh karakteristik hormonal. Pada pria, rambut rontok dan penipisan rambut disebabkan oleh sejumlah alasan. Itu mungkin sensitivitas genetik yang tinggi dari folikel rambut terhadap hormon yang diubah. Alasannya mungkin karena kelebihan hormon testosteron laki-laki dan aktivitas enzim tinggi yang terlibat dalam konversi testosteron menjadi hormon-hormon lain. Selain itu, faktor lain seperti stres, penyakit, obat-obatan, gizi buruk dan lingkungan akan membuat kondisi rambut menjadi lebih buruk.

Berapa banyak rambut rontok setiap hari?

Rata-rata, antara 50 hingga 100 rambut rontok terjadi setiap hari.

Apa faktor yang menyebabkan rambut rontok?

Penyebab kerontokan rambut yang tidak normal dapat berupa stres, gangguan metabolisme, ketidakseimbangan hormon, racun dalam tubuh, kekurangan atau kelebihan mikronutrien esensial, pencemaran lingkungan, pasca- Efek mengonsumsi obat dan banyak penyebab lainnya. Selain itu, umum untuk kebotakan disebabkan oleh kelainan genetik karena masalah kesehatan.

Bagaimana cara meminimalkan dampak dari faktor-faktor ini?

Perawatan rambut yang hati-hati sangat penting. Jika Anda ingin mewarnai rambut Anda, pilih pewarna yang bekerja paling sedikit. Penting untuk tidak memanaskan rambut Anda, pilih produk yang tepat untuk rambut Anda dan memiliki gaya hidup sehat.

Peran apa yang dimainkan genetika dalam proses kebotakan?

Memang benar bahwa faktor genetik memainkan peran, tetapi persentasenya dapat bervariasi.

Agar tidak terjadi kebotakan din, apa yang harus dilakukan?

Penting untuk mencari perhatian medis sejak dini, karena pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati.

Dimana dapat melakukan pemeriksaan rambut rontok?

Perlu untuk pergi ke dokter yang mengkhususkan diri dalam fungsi rambut, jika perlu dapat berkonsultasi dengan saran dari ahli endokrin.

Apakah kerontokan rambut yang berlebihan merupakan masalah internal atau hanya penampilan fisik?

Ketika rambut rontok lebih mungkin karena faktor keturunan, mungkin terkait dengan gangguan metabolisme, atau efek zat beracun. Hanya para ahli baru yang mengidentifikasi masalah. Semakin cepat perawatan dilakukan, semakin cepat pemulihannya.

Apa perawatan untuk kebotakan?

Untuk pengobatan kulit kepala dan rambut rontok, beberapa metode injeksi telah terbukti efektif sebagai mesotherapy, perawatan rambut dengan laser dan metode elektrotrihogeneza tidak hanya menghentikan kerontokan rambut tapi juga merangsang tumbuh atap rambut baru.

Transplantasi rambut adalah pengobatan atau perawatan kecantikan?

Transplantasi rambut adalah perawatan simtomatik, biasanya tidak mempengaruhi penyebab kerontokan rambut.

Apa saja vitamin yang dapat mempengaruhi struktur rambut?

Penambahan vitamin dan mikronutrien dan vitamin sintetis akan memperbaiki struktur dan pertumbuhan rambut.

Makanan apa saja yang membantu rambut tumbuh dengan lebih baik?

Rambut yang sehat tidak hanya bergantung pada nutrisi. Diet rendah protein tidak baik untuk rambut Anda. Bahkan, hingga 90% rambut yang terbuat dari keratin terdiri dari protein.

Untuk menjaga rambut Anda tebal dan sehat, makanan yang mengandung vitamin A, B, E, serta zat besi, seng, dan mineral silikon harus ditambahkan, di pagi hari, tambahkan sereal susu atau yogurt atau keju. Makan siang dan makan malam harus memiliki daging, ikan, makanan bergizi lainnya dari kacang, kacang polong, labu dan bayam. Daripada minum kopi hitam, ganti dengan teh hijau. Kelebihan karbohidrat juga berbahaya bagi rambut.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. Abie

    13 November 2018 at 23:51

    Artikel nya sangat membantu..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…