Depan Artikel Kesehatan Bagaimana merawat keluarga yang terkena hepatitis?

Bagaimana merawat keluarga yang terkena hepatitis?

5 min read
0
210
Bagaimana merawat keluarga yang terkena hepatitis

Ketika merawat orang yang dicintai dengan hepatitis, Anda perlu mendukung mereka secara fisik, emosional dan spiritual. Tugas ini membutuhkan banyak pekerjaan dan bisa sulit beradaptasi dalam banyak kasus. Namun, jangan terlalu khawatir. Dengan tips berikut, Anda mungkin adalah pengasuh yang ideal.

Baca juga : Bagaimana diabetes gestational mempengaruhi ibu dan bayi?

Cara merawat keluarga yang terkena hepatitis

  • Selalu pertahankan kontak untuk keadaan darurat

Anda akan memerlukan buku pegangan dengan daftar komunikasi darurat, dokter, dosis harian, diet, dukungan cadangan, dan informasi relevan lainnya. untuk merawat orang yang Anda cintai. Namun, Anda perlu memastikan bahwa datanya selalu mutakhir. Jika seorang kerabat dalam masalah atau jatuh ke dalam keadaan darurat, Anda dapat dengan cepat menemukan informasi yang Anda perlukan untuk mendapatkan bantuan. Catatan ini juga membantu Anda memahami proses penyakit dan perawatan yang tepat dari orang yang Anda cintai. Staf medis mungkin juga memiliki informasi harian untuk merawat orang yang Anda cintai dengan lebih baik.

  • Berurusan dengan efek samping

Kondisi atau perawatan dapat menyebabkan beberapa anggota keluarga Anda memiliki beberapa efek samping. Anda harus meminta mereka untuk berbicara dengan dokter Anda tentang perasaan depresi atau kecemasan. Selain itu, Anda dapat mengajak kerabat berjalan, menonton film, atau melakukan kegiatan lain yang mereka sukai untuk meningkatkan kesehatan. Anda harus memperhatikan jika orang yang Anda cintai memiliki tanda-tanda bunuh diri. Jika demikian, tolong beri tahu dokter Anda segera.

  • Jaga dirimu baik-baik

Anda mungkin kelelahan saat merawat seseorang dengan hepatitis karena Anda harus melakukan banyak pekerjaan untuk mendukung mereka. Pekerjaan rumah tangga dapat menyebabkan Anda menghabiskan banyak energi. Selain itu, membawa kerabat ke dokter janji atau mencoba mendukung mereka secara emosional juga bisa membuat Anda kelelahan. Jika Anda tidak sehat, Anda tidak akan dapat membantu orang yang Anda cintai. Itulah mengapa Anda juga perlu merawat diri sendiri.

Anda dapat belajar dan menggunakan metode penghilang stres seperti meditasi, yoga, doa atau Tai Chi. Pastikan Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan cukup tidur. Anda harus meluangkan waktu untuk beristirahat dan berolahraga setiap hari, bahkan jika Anda hanya memiliki 10 menit. Latihan adalah cara yang baik bagi Anda untuk menyerap energi dan meningkatkan kesehatan Anda.

  • Buat daftar orang-orang yang dapat mendukung orang yang Anda cintai

Anda tidak bisa tinggal dengan orang yang Anda cintai selama 24 jam sehari. Jadi membangun tim perawatan adalah solusi untuk Anda. Pengasuh dapat menjadi teman atau anggota keluarga lainnya yang dapat membantu orang yang Anda sayangi dalam keadaan darurat atau ketika Anda tidak dapat mengatur waktu Anda. Jangan batasi kesempatan Anda untuk membantu hanya karena tidak ada orang untuk membantu Anda. Pengasuh dapat berbicara dengan orang yang Anda cintai, membantu dengan tugas-tugas kecil atau hanya tinggal bersama mereka. Penting bagi Anda untuk berbagi orang-orang di tim Anda dengan apa yang Anda butuhkan dan mendapatkan bantuan mereka.

Anda hanya seorang pengasuh untuk anggota keluarga yang tidak beruntung dengan hepatitis, bukan perawat, dan bukan dokter yang tahu obatnya. Jadi jangan kecewa karena Anda tidak dapat membantu banyak kerabat, tetapi konsultasikan dengan dokter Anda untuk meminta nasihat bila diperlukan.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Diagnosis, Perawatan dan Pengobatan Penyakit TBC

Penyakit TBC termasuk salah satu dari berbagai macam sakit kritis. Reaksi tuberkulosis ada…