Depan Artikel Kesehatan Bahaya minum alkohol untuk pasien hepatitis

Bahaya minum alkohol untuk pasien hepatitis

4 min read
0
114
Bahaya minum alkohol untuk pasien hepatitis

Hepatitis C menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel hati. Jika Anda menyalahgunakan alkohol saat tekena hepatitis C, kerusakan pada hati akan jauh lebih serius.

Hati melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh, termasuk membantu mencerna makanan, memurnikan racun dalam darah dan membantu tubuh melawan infeksi atau penyakit. Ketika Anda minum alkohol, hati mengurai molekul alkohol untuk mengeluarkannya dari tubuh. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat merusak atau membunuh sel-sel hati, menempatkan Anda pada risiko penyakit hati berlemak, hepatitis alkoholik, dan sirosis alkoholik.

Baca juga : Bagaimana cara mencegah penularan hepatitis?

Minum terlalu banyak alkohol, bahkan selama beberapa hari, dapat menyebabkan timbunan lemak di hati, yang disebut penyakit hati berlemak alkohol. Penyakit hati berlemak tidak menyebabkan gejala apa pun, tetapi ini adalah tanda peringatan bahwa Anda minum terlalu banyak. Penyakit hati berlemak dan hepatitis alkohol awal dapat dibatasi jika Anda berhenti minum alkohol. Namun, kerusakan hati akibat penyakit hati alkoholik berat dan sirosis bersifat permanen, yang dapat menyebabkan komplikasi atau bahkan kematian.

Efek berbahaya minum alkohol memiliki penyakit hepatitis C

Efek alkohol pada hati adalah peradangan yang mempengaruhi kesehatan. Dokter mengatakan mengkonsumsi lebih dari 50 mililiter alkohol (3,5 mililiter) setiap hari meningkatkan risiko fibrosis dan akhirnya mengarah ke sirosis dan penyakit hati berat lainnya.

Alkohol mengganggu pengobatan hepatitis C

Terapi interferon adalah pengobatan untuk hepatitis C. Terapi ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati. Namun, konsumsi alkohol adalah salah satu kontraindikasi terapi interferon. Efek samping terapi interferon, yang telah membuat sulit untuk mempertahankan pengobatan, bahkan pada pasien yang tidak menggunakan stimulan, harus disuntikkan setiap hari dengan terapi yang rumit. Terapi interferon interferon lebih mungkin menyebabkan beberapa komplikasi untuk peminum berat.

Secara umum, minum alkohol sangat berbahaya bagi orang dengan hepatitis C. Bahkan sejumlah kecil alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan hati dan penyakit hati yang progresif.

Selain itu, alkohol juga dapat mengurangi efek obat antiviral. Berada jauh dari alkohol adalah salah satu langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan jangka panjang Anda jika Anda terinfeksi hepatitis C.

Apakah alkohol menyebabkan kanker hati pada pasien dengan hepatitis C?

Penggunaan alkohol memiliki banyak efek pada sirosis, terutama pada mereka dengan hepatitis C. Hirsutisme telah terbukti menjadi faktor risiko utama untuk HCC. Karena itu, alkohol dapat menyebabkan kanker hati melalui sirosis.

Anda perlu menghindari zat beracun untuk hati untuk melindungi kesehatan Anda. Efek alkohol pada hati, terutama hati yang terinfeksi HCV, sangat serius. Karena itu, jika Anda menderita hepatitis C, Anda harus berhenti minum sama sekali untuk memastikan pengobatan yang efektif.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Diagnosis, Perawatan dan Pengobatan Penyakit TBC

Penyakit TBC termasuk salah satu dari berbagai macam sakit kritis. Reaksi tuberkulosis ada…