Depan Artikel Kesehatan Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan

Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan

5 min read
0
742
bahaya radikal bebas

Salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan tubuh adalah bahaya radikal bebas. Namun banyak yang belum tahu apa itu radikal bebas yang sebenarnya. Radikal bebas merupakan molekul elektron yang bersifat tidak berpasangan sehingga sifatnya sangat reaktif sehingga mampu menciptakan kerusakan pada molekul disekitarnya. Radikal bebas ini terdiri dari dua sumber yaitu endogen/dari dalam tubuh dan eksogen/dari luar tubuh. sifat radikal bebas yang reaktif tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Banyak sekali bahaya yang ditimbulkan dari molekul elektron ini walaupun jika tidak dalam jumlah berlebihan sangat bermanfaat membunuh mikroorganisme penyebab infeksi. Namun sebagian besar penyakit juga dipicu karena radikal bebas baik itu dari dalam tubuh atau dari faktor luar seperti polusi, asap rokok hingga radiasi. Penting sekali mengenali bahaya apa saja yang ditimbulkannya agar anda lebih waspada dan lebih menjaga gaya hidup sehat. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk bahaya radikal bebas bagi kesehatan.

Berbagai Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan

  1. Memicu kerusakan sel

Kerusakan sel bisa dipicu karena adanya radikal bebas. Biasanya radikal bebas karena faktor ini disebabkan karena zat yang bersifat polutan baik dari asap kendaraan bermotor hingga pestisida. Kerusakan sel tubuh ini akan menyebabkan mutasi gen dan gangguan saraf pusat. Zat kimia yang ditinggalkan oleh pestisida inilah yang juga bisa memicu penuaan dini dan munculnya aneka penyakit degeneratif.

  1. Merusak jaringan kulit

Radikal bebas juga bisa memicu kerusakan jaringan kulit. Sinar UV yang semakin tajam akibat pemanasan global bersifat merusak kesehatan kulit anda. jaringan kulit yang rusak ini bisa memicu gatal-gatal, kulit kasar hingga berbagai infeksi kulit lainnya. Selain itu kerusakan jaringan kulit menyebabkan kondisi kulit lebih rentan terserang bakteri dan jamur dan meningkatkan resiko penuaan dini karena elastisitas kulit berkurang.

  1. Mengganggu sistem pernafasan

Sistem pernafasan bisa terganggu dengan adanya radikal bebas dalam tubuh anda. jenis radikal bebas yang mengganggu sistem pernafasan disebabkan karena terlalu berlebihan dalam bernafas. Hal ini bisa terjadi ketika sedang berolahraga secara berlebihan. Olahraga memang baik untuk kesehatan namun jika berlebiha justru akan menyebabkan reaksi oksigen dalam tubuh yang mampu merusak sel pernafasan.

  1. Kerusakan DNA

Radikal bebas juga bisa menjadi pemicu adanya kerusakan DNA. Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh akan berubah menjadi korosif dan mengambil elektron dalam tubuh anda. elektron yang diambil inilah yang akan menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga terjadilah mutasi DNA. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama, maka resiko kanker dan berbagai penyakit berbahaya seperti gangguan jantung, ginjal dan alzheimer tidak bisa terelakan.

Itulah beberapa bahaya dari radikal bebas bagi tubuh anda. Maka dari itu pentingnya menerapkan pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih agar radikal bebas tidak masuk dan merusak kesehatan anda.

Untuk permohonan illustrasi perlindungan asuransi kesehatan dan sakit kritis klik disini

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Perubahan Iuran Tabarru’ Allianz Syariah

Pada tanggal 13 Mei 2019 kemaren, setiap nasabah Allianz menerima pemberitahuan melalui em…