Depan Artikel Kesehatan Cara Alami Mengatasi Diare Dengan Cepat

Cara Alami Mengatasi Diare Dengan Cepat

5 min read
0
672
mengatasi diare

Mengatasi diare secara alami itu sangat mudah. Diare merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami semua kalangan. Mulai dari balita hingga lanjut usia diare menjadi gangguan pencernaan yang sering dijumpai. Penyebab utamanya adalah karena bakteri yang membuat kerja organ usus dan pembuangan menjadi tidak normal. selain itu kekurangan cairan tubuh juga menjadi penyebab lain tubuh terkena diare. Diare mesti disembuhkan secara cepat karena jika sudah parah akan sulit diatasi bahkan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang lebih serius.

Baca juga : Allisya Care Asuransi Kesehatan Syariah Allianz

Seperti misalnya gangguan organ pencernaan akut hingga kanker usus. Namun untuk mengatasinya anda bisa mencoba beberapa cara alami dibawah ini. salah satunya dengan meningkatkan asupan cairan kedalam tubuh. cairan yang cukup dikonsumsi akan mempermudah kerja usus dan memudahkan tubuh melakukan pembuangan racun. Selain air putih ada beberapa bahan alami disekitar kita yang juga baik untuk mengatasi diare tanpa efek samping. Ulasan selengkapnya untuk mengatasi diare akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

Cara Cepat dan Alami Mengatasi Diare

  1. Meningkatkan konsumsi air putih

Ketika diare tubuh lebih mudah terserang dehidrasi sehingga memerlukan asupan cairan tubuh secara cukup. Konsumsi air putih lebih banyak dari biasanya ketika diare. Hal ini juga sangat bermanfaat meningkatkan sistem pembuangan menjadi lebih lancar. Hindari konsumsi jus buah dan minuman bersoda karena akan memperburuk kondisi kesehatan anda ketika diare.

  1. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Konsumsi makanan padat dan rendah serat ketika sedang diare. Berikan cairan sebanyak mungkin agar dehidrasi tercegah dan nafsu makan kembali normal. cukupi asupan makanan anda dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Makanan yang mudah dicerna akan meringankan kerja usus anda. hindari makanan berlemak, manis dan berminyak karena akan semakin memperparah kerja usus anda.

  1. Konsumsi ramuan jambu biji

Jambu biji merupakan salah satu tanaman alami yang ampuh mengatasi diare secara cepat. jambu biji mampu menghambat pertumbuhan bakteri didalam sistem pencernaan penyebab diare. Kandungan tanin dalam jambu biji dan daunnya juga bermanfaat baik untuk menjaga sistem kekebalan dan kerja usus. Anda bisa mengkonsumsi buah jambu biji atau meminum rebusan daun jambu biji tanpa tambahan gula.

  1. Teh kental pahit

Teh kental pahit juga memiliki kandungan tanin yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi diare secara cepat. seduh teh dengan sedikit air agar mendapatkan seduhan yang pekat. Kemudian tunggu beberapa menit dan minum secara teratur. Agar rasanya tidak menyebabkan sebah, anda bisa menambahkan madu secukupnya. Namun tidak disarankan menambahkan gula karena akan memperparah diare anda.

  1. Konsumsi pisang

Pisang memiliki kandungan serat yang cukup untuk memperlancar pencernaan. Didalam pisang juga terdapat pektin yang bersifat mengeraskan kotoran sehingga diare menjadi lebih ringan. Konsumsi pisang secara cukup ketika terserang diare. Manfaat pisang sebenarnya hampir sama dengan pepaya. Hanya saja jika mengkonsumsi pepaya terlalu banyak akan berakibat susah buang air besar.

Cara alami diatas tentu saja tanpa memiliki efek samping sehingga aman dicoba oleh siapapun. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Destinasi Instagramable Puncak Gagoan, Wisata Tebing Keraton dari Sumatera Barat

Tebing Keraton menjadi destinasi wisata instagramable yang sangat terkenal di Kota Bandung…