Depan Artikel Kesehatan Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

22 min read
0
1,300
cara menghilangkan bekas jerawat

Jerawat dapat terjadi mulai dari bentang usia remaja hingga dewasa. Dan penyebab timbulnya jerawat pada kulit terutama kulit wajah memang dapat membuat rasa percaya diri hilang. Karena keberadaan jerawat dapat membuat tampilan menjadi tidak cantik. Bagaimana tidak kulit yang biasanya terlihat cerah dan mulus tiba-tiba menjadi merah akibat peradangan pada jerawat. Dalam kondisi ini sebaiknya segera melakukan penanganan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menghentikan agar jerawat tidak semakin parah dan menjadi banyak.

Baca juga : 9 Pemicu Jerawat Makin Parah

Dalam melakukan penanganan yang tepat untuk kulit berjerawat dimulai dengan tidak melakukan kebiasaan yang salah seperti memencet jerawat. Memencet jerawat justru akan mengakibatkan jaringan parut pada kulit. Sehingga saat jerawat nanti sudah sembuh jaringan parut yang terluka akan terlihat seperti bopeng. Pada dasarnya bopeng pada jerawat sulit untuk disembuhkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Bahan Alami

Ternyata kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita jumpai di dapur untuk merawat luka bekas jerawat. Ya, jerawat yang meradang kemungkinan besar akan meninggalkan bekas pada kulit wajah kita. Siapa yang tidak memimpikan wajah sehat dan mulus?. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk menghilangkan luka bekas jerawat itu?.

Sebelum anda memutuskan untuk ke dokter dan menggunakan krim-krim berbahan kimia, ada baiknya anda mencoba langkah-langkah alami berikut untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena menggunakan bahan alami akan lebih meminimalisir dampak dari penggunaan obat yang terjadi. Karena dibandingkan dengan obat-obatan kimia, untuk penanganan awal maka lebih dianjurkan menggunakan bahan alami, yaitu :

  1. Lemon

Sari lemon mengandung asam L-asorbic yang mampu mengeringkan peradangan jerfawat. Zat ini juga ampuh melawan bakteri penyebab jerawat. Hindari sinar matahari saat menggunakan lemon ini karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Caranya : Siapkan 2-3 sendok teh perasan lemon dan kapas, lalu bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kemudian oleskan perasan lemon dengan menggunakan kapas, diamkan 20 menit, bilas.

Catatan : Lemon juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Mungkin anda akan sedikit merasakan iritasi. Jika hal itu terjadi, anda bisa mengompres wajah anda dengan air dingin selama 10 menit setelah penggunaaan lemon ini.

  1. Madu

Madu mengandung antibiotik alami yang bisa mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat. Zat yang terkandung dalam madu juga dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Caranya : Oleskan 1 sendok teh madu pada seluruh bagian wajah terutama pada bekas luka jerawat. Oles secara memutar dengan ujung jari anda. Tunggu 10 menit, lalu bilas anda dengan air dingin.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat anti jamur dan anti bakteri yang bisa menyembuhkan luka jerawat. Nutrisi dan zat polisakarida yang terkandung dalam gel lidah buaya ini dapat meredakan peradangan hingga kebagian kulit dalam. Caranya : Potong kecil lidah buaya, kupas kulit dan bersihkan lapisan lendirnya dengan menggunakan tisu. Oleskan gel lidah buaya ke kulit yang mengalami luka akibat jerawat. Untuk hasil terbaik, biarkan gel menyerap kurang lebih 30 menit, lalu bilas.

Catatan : Kadang lidah buaya menyebabkan gatal dan iritasi. Jika rasanya sudah sampai membuat tidak nyaman, anda bisa segera membilasnya dengan air.

  1. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, vitamin C dan juga sulfur yang efektif mengurangi kotoran pada pori-pori kulit. Zat yang terkandung dalam tomat juga dapat mengontrol kadar minyak, mengencangkan kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Caranya : Parut tomat hingga menjadi bubur. Anda bisa menggunakan jari tangan anda atau kapas untuk mengoleskan perasan tomat ini ke kulit dengan bekas luka jerawat anda. Diamkan 15-30 menit, kemudian cuci wajah anda dengan air.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber zat besi, zat anti-oksidan dan memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu peradangan kulit karena jerawat. Minyak zaitun mampu membersihkan kotoran yang menghalangi pori-pori kulit penyebab radang. Caranya : Pijat dengan lembut luka jerawat anda dengan menggunakan minyak zaitun ini. Fokuskan pada titik-titik dimana luka bekas jerawat itu muncul.

Minyak zitun untuk menghilangkan bekas jerawat
Minyak zitun untuk menghilangkan bekas jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun yaitu dengan gosokkan minyak zaitun hingga pori-pori anda menyerap minyak. Kemudian bungkus wajah anda dengan kain/handuk hangat supaya pori-pori wajah anda terbuka, lalu lap minyak tersebut dengan menggunakan tisu. Catatan : Untuk hasil terbaik, ulangi sebanyak dua kali. Dan oles tipis minyak zaitun sebelum anda tidur.

  1. Baking Soda

Tekstur baking soda dapat berfungsi sebagai scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab bekas jerawat. Zat yang terkandung dalam baking soda juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri jerawat pada kulit. Caranya : Campurkan satu sendok teh baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Usapkan pada bekas jerawat dengan jari anda yang sudah dicuci. Diamkan 3-5 menit. Bilas dengan air dingin.

Catatan : Anda juga bisa menggunakan ini ketika terjadi gejala akan timbulnya jerawat sebagai pencegahan.

  1. Kentang

Kentang memiliki zat yang kaya akan vitamin C dan mengandung zat besi sehingga mampu mencerahkan kulit dan membersihkan bekas radang akibat jerawat. Zat potassium pada kentang sangat cocok untuk perawatan kulit misalnya saja kulit berminyak. Caranya : Iris tipis kentang yang sudah dicuci bersih, tempelkan pada wajah selama 30 menit. Anda juga bisa memarut kentang ini dan menjadikannya masker untuk wajah anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Pepaya

Buah yang baik untuk pencernaan ini juga ternyata mampu menjadi obat penghilang bekas jerawat alami. Pepaya memiliki vitamin A dan enzim papain yang membantu mengusir sel kulit mati dengan menghancurkan potein yang sudah tidak berguna untuk tubuh dan kulit. Caranya : Haluskan secukupnya buah papaya, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu beberapa menit (bisa selama 10-15 menit) lalu bilas dengan air yang dingin.

  1. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk mengandung banyak zat bernama retinol yang mendorong eksfoliasi sel kulit mati. Zat inijuga menstimulasi produktifitas kolagen yang mampu memperbaiki dan membentuk serat elastis untuk kulit. Sehingga akan sangat berguna untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kulit Jeruk untuk menghilangkan bekas jerawat
Kulit Jeruk untuk menghilangkan bekas jerawat

Caranya : Potong kecil-kecil kulit jeruk, lalu jemur sampai benar-benar kering. Kemudian haluskan dan tambahkan susu hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini pada bekas jerawat, biarkan kering. Terakhir, bilas dengan air dingin.

  1. Ketimun

Mentimun atau ketimun kaya akan vitamin A, B1, B2 dan C yang sangat baik untuk kulit karena mampu membersihkan kotoran dari pori-pori kulit serta membantu proses regenerasi sel kulit. Caranya : Kupas kulit ketimun dan iris tipis. Tempelkan timun tersebut pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10 menit atau hingga timun terasa kering. Lalu bilas wajah.

  1. Stroberi

Buah yang rasanya asam manis ini tidak hanya lezat, namun ternyata juga mengandung zat acid salisilat yang dapat membersihkan kulit dari kotoran di pori-pori wajah. Kandungan vitamin C dapat mencerahkan kulit dan juga menyamarkan bekas jerawat yang kemerahan. Caranya : Parut buah stroberi dengan menambahkan sedikit yoghurt tawar. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

  1. Kayu Manis

Kayu manis mengandung zat antimicrobacterial yang bisa mencerahkan kulit dan mengobati bekas jerawat. Baik itu dari dalam maupun luar. Lalu bagaimana kayu manis ini bisa menjadi obat penghilang bekas jerawat alami? Caranya : Siapkan sesendok kayu manis bubuk dan madu. Campurkan keduanya sampai membentuk pasta. Oleskan pada wajah sebelum tidur. Keesokan paginya, bilas dengan air hangat.

  1. Kunyit dan Daun Mint

Bumbu dapur yang berwarna kuning ini mengandung zat antibakteri yang bisa mengobati radang pada bekas luka jerawat. Sedangkan daun mint, selain juga memiliki zat antibakteri, ia juga memiliki minyak yang dapat mengeringkan jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

Caranya : Anda bisa menggunakan kunyit bubuk atau parutan kunyit yang dicampur dengan daun mint yang sudah dihaluskan. Lalu oles pada bekas jerawat, diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Cuka Apel

Asam yang terkandung pada cuka apel terdiri dari asam malat dan laktat. Zat ini yang bisa mengangkat selsel kulit mati pada pori-pori kulit bekas jerawat. Tidak hanya itu, ia juga mampu menstimulasi regenerasi sel kulit. Cuka apel ini mengandung zat antioksidan yang bisa mencegah peradangan kulit.

Caranya : Oleskan kapas yang sudah dibubuhi cuka apel pada wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama beberapa menit. Jangan lupa bilas hingga bersih. Catatan : Jika terasa perih, jangan paksa penggunaan cuka apel ini dan segeralah bilas wajah anda.

  1. Putih Telur

Bahan makanan yang dengan mudah kita bisa temui setiap hari ini ternyata juga mampu membereskan masalah bekas jerawat. Telur mengandung protein yang bisa memproduksi kolagen. Kolagen ini mampu mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.

Caranya : Pisahkan kuning dan putih telur. Kemudian kocok putih telur beberapa saat dan oleskan pada wajah. Aplikasikan putih telur ini sebelum anda tidur dan biarkan semalaman. Kemudian bilas keesokan paginya.

Itulah beberapa obat penghilang jerawat alami yang mudah untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah anda. Jangan lupa perbanyak minum air putih dan olahraga untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan membuktikan.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Dengan Obat-Obatan

Jadi alangkah baiknya untuk memberikan salep yang direkomendasikan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Setelah jerawat sembuh maka masalah belum langsung hilang. Kali ini kita akan dihadapi dengan bekas dari jerawat itu sendiri. Agar bekas jerawat segera memudar maka Anda dapat menggunakan salep penghilang bekas jerawat seperti berikut ini :

  1. Salep walet

Salep pertama yang berfungsi untuk mengatasi bekas jerawat pada kulit wajah adalah salep walet. Adapun berikut ini kandungan dari salep walet antara lain benzethonium chloride yang memberikan manfaat sebagai anti septik, anti jamur dan anti virus. Berikut ini manfaat lebih lengkap yang ditawarkan oleh salep penghilang bekas jerawat ini :

  • Membantu untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah.
  • Menyamarkan noda hitam bekas jerawat pada wajah.
  • Mengatasi rasa gatal-gatal pada wajah.
  • Berfungsi untuk mencegah alergi yang mungkin bisa terjadi pada kulit.

 

Cara Pemakaian

Bersihkan wajah anda terlebih dahulu sebelum menggunakan salep ini. Kemudian keringkan setelah kering, baru anda bisa langsung mengoleskan sedikit salep ini pada bagian atau keseluruhan bekas jerawat. Gunakan sebanyak dua kali setiap harinya. Salep ini hanya untuk dipakai pada pemakaian luar.

  1. Melanox

Melanox merupakan salep yang memiliki kandungan hidrokuinon sebesar 2%. Adanya Kandungan dari efek hidrokuinon inilah yang nantinya akan memberikan manfaat untuk kulit anda yaitu :

  • Menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat datang kembali.
  • Membantu menyamarkan noda bekas jerawat pada wajah.
  • Mencegah timbulnya masalah hiperpigmentasi, hiperpigmentasi ini sendiri adalah istilah medis untuk menyatakan perubahan warna lapisan kulit terluar.

Cara pemakaian

Cara menggunakan melanox ini tinggal pencet dan ambil salep secukupnya kemudian oleskan pada merata pada bekas jerawat. Lakukan pengolesan salep ini sebanyak dua kali setiap harinya.

  1. Meilibahealing

Salep penghilang bekas jerawat yang ketiga adalah meilibahealing. Kandungan didalam obat ini adalah :

  • Snake oil
  • Glycerine
  • Aloe picked oil
  • Snake guts
  • Reesen mishapwas leave

Manfaat dari meilibahealing ini untuk wajah sebagai berikut :

  • Mengatasi jerawat dan bekas jerawat pada wajah.
  • Memberikan kelembutan pada kulit wajah.
  • Menyembuhkan luka pada kulit.
  • Mengatasi timbulnya masalah flek hitam akibat bekas jerawat.

 

  1. Vitacid

Vitacid adalah salep yang juga memiliki beragam fungsi untuk kulit. Inilah beberapa kandungan yang terdapat didalam vitacid antara lain tretionin dan vitamin a. Manfaat menggunakan vitacid untuk kulit yaitu :

  • Mengatasi jerawat yang baru tumbuh untuk mencegah jerawat menjadi meradang.
  • Menghilangkan noda bekas jerawat yang muncul pada wajah, baik noda bekas jerawat yang berwarna hitam ataupun merah.
  • Membantu mengeluarkan komedo pada wajah baik itu komedo hitam dan komedo putih.
  • Mencegah kerutan pada kulit yang bisa saja terjadi sebelum waktunya.
  • Anda dapat membeli obat vitacid ini diapotik-apotik dan toko obat terdekat.

 

  1. Dermatix ultra

Jika Anda memiliki masalah pada kulit memilih dermatix ultra juga bisa menjadi salah satu jawabannya. Cara kerja dari dermatix ini membantu untuk memudarkan masalah pada kulit dengan pemakaian yang teratur. Berikut ini manfaat dari dermatix ultra untuk kulit antara lain :

  • Mengatasi bekas jerawat yang terjadi setelah jerawat mengempis.
  • Menyamarkan luka bakar yang mengenai kulit Anda.
  • Menghilangkan goresan luka pada kulit.
  • Punya masalah dengan sretch mark juga bisa diatasi dengan menggunakan dermatix ultra.

Itulah beberapa manfaat dari dermati ultra untuk kulit Anda.

  1. Mineral peeling

Mineralpeeling berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, menjadikan kulit wajah halus dan cerah serta menjaga kelembapan pada wajah. Adapun berikut ini kandungan yang terdapat didalam mineral peeling antara lain water, chamomilla recatita, glycerin, carbomer centrimonium chloride, propylene glycid, cocamidopropyl betaine, sodium hyaluronate, aloe barbadensis, allontion dan leaf extract.

Demikianlah campuran pengobatan alami dan pengobatan menggunakan obat-obatan mengandung bahan kimia yang dikenal ampuh dalam mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat. Abda hanya tinggal memilih salah satu yang menurut anda cocok dan bisa aman di kulit anda. Sebelum melakukan penguian langsung pada wajah coba oleskan di bagian kulit dibelakang telinga jika terjadi iritasi jangan dilanjutkan pengobatan tersebut.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

Asuransi kecelakaan diri dapat diambil sebagai alternatif proteksi diri dalam kehidupan. B…