Depan Artikel Kesehatan Cara Cegah Sakit Maag yang Harus Anda Tahu

Cara Cegah Sakit Maag yang Harus Anda Tahu

8 min read
0
85
Cara Cegah Sakit Maag yang Harus Anda Tahu

Jika Anda merupakan orang dengan riwayat penyakit maag, maka Anda harus perhatikan betul tentang apa yang Anda makan, jam makan Anda, dan upayakan jangan makan yang pedas – pedas. Telat makan, dan mengonsumsi makanan pedas merupakan beberapa aspek yang dapat memicu sakit maag.

Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag, dianjurkan untuk Anda memperhatikan kesehatan pencernaan Anda. Cegah sakit maag sebelum penyakit maag yang menyakitkan menyerang Anda.

Baca juga : Penyakit Maag, Hindari Makanan Ini

Ada beberapa cara sederhana yang Anda bisa terapkan untuk mencegah sakit maag. Apa sajakah cara tersebut? Berikut bagaimana cara cegah sakit maag secara sederhana yang penting Anda tahu dan bisa Anda terapkan!

Cara Cegah Sakit Maag Paling Ampuh

Susun jadwal makan yang teratur, dan tepati jadwal tersebut

Salah satu aspek yang menyebabkan sakit maag pada seseorang adalah kondisi telat makan pada orang yang bersangkutan. Kadang memang tidak mudah untuk makan tepat waktu. Utamanya bagi Anda yang punya banyak sekali kesibukan. Karena itu, tak ada salahnya jika Anda membuat jadwal makan.

Dan jangan hanya membuat jadwal makan saja, melainkan tepati juga jadwal makan yang sudah Anda susun tersebut. Jadi jika pun Anda sedang benar – benar sibuk, Anda bisa bawa bekal didalam tas yang nantinya akan dimakan di waktu jam makan yang sudah Anda rencanakan. Dengan begitu, Anda tidak akan telat makan.

Makanlah dengan porsi sedikit namun sering

Sakit maag  kambuh memang dapat menyebabkan rasa nyeri karena lambung dalam kondisi kosong. Daripada Anda makan banyak sekaligus namun tidak makan lagi setelahnya, lebih baik Anda makan sedikit – sedikit saja namun dalam tempo yang sering.

Cara ini jauh lebih efektif untuk mencegah sakit maag karena asam lambung tidak akan naik ketika lambung sedang kosong. Hal tersebut karena perut Anda terisi walau dalam jumlah yang sedikit namun dalam tempo yang sering.

Hindari mengonsumsi makanan pedas, tinggi kafein dan asam

Untuk Anda yang sering mengalami kekambuhan maag, ada baiknya agar dianjurkan untuk Anda menghindari makanan – makanan yang bersifat pedas, tinggi kafein dan zat asam. Jika memang Anda tergoda untuk mengonsumsi makanan pedas, tinggi kafein dan zat asam ingatlah di waktu Anda sakit sehingga cara ini dapat meminimalisir keinginan Anda untuk mengonsumsinya di waktu Anda sudah sembuh.

Memang menghindari makanan yang bersifat pedas, kafein dan asam sangat sulit utamanya bagi Anda yang menderita maag namun sebelumnya sangat cinta dengan jenis makanan seperti itu. Namun mulai dari sekarang Anda harus mulai mencoba menghindarinya.

Hindari langsung rebahan setelah Anda makan

Setelah makan, memang ngantuk akan melanda. Banyak orang yang merasa demikian. Namun jangan sampai Anda terlena dengan posisi tersebut. Jangan sampai Anda langsung rebahan karena rebahan setelah makan sangat ampuh dan efektif membuat asam lambung naik ke tenggorokan.

Jika hal tersebut terjadi, alhasil sakit maag Anda akan kambuh. Karenanya sangat dianjurkan untuk Anda tunggu kurang lebih sekitar 30 menit setelah makan kalau Anda ingin tiduran atau rebahan setelahnya.

Jangan lupakan obat sakit maag harus selalu ada

Jika Anda merupakan orang dengan riwayat sakit maag, Anda harus siap sedia obat sakit maag kapan saja dan dimana saja. Ada berbagai macam obat sakit maag yang sekarang ini bisa menjadi pilihan Anda seperti halnya antasida, acid blockers dan juga proton pump inhibitors.

Nah, jangan sampai Anda asal minum. Anda juga perlu memeriksa dan meminta resep dokter untuk dapat menentukan obat sakit maag mana yang terbaik untuk Anda.

Perbanyaklah istirahat utamanya ketika Anda sedang dalam kondisi sakit

Salah satu cara jitu cegah sakit maag adalah dengan banyak istirahat. Jadi baiknya Anda hentikan semua aktivitas utamanya ketika sakit maag sedang kambuh. Ada baiknya untuk Anda istirahat sejenak atau kalau perlu Anda istirahat sampai sakit Anda pulih.

Anda harus tahu satu hal bahwa lelah dan kondisi stress hanya akan membuat sakit maag Anda semakin bertambah parah. Karenanya hal tersebut sangat penting untuk Anda perhatikan.

Puasa dapat membuat sakit maag menjadi lebih baik

Menurut penulis buku The Complete Handbook of Nature Cure yaitu Dr. Hk. Bhakru, disebutkan bahwa cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit maag adalah dengan berpuasa. Puasa dapat membuat jadwal makan Anda menjadi lebih teratur.

Akan tetapi pastikan di waktu sahur dan berbuka, hindari mengonsumsi aneka makanan yang dapat memicu maag seperti makanan pedas, asam dan sejenisnya. Ganti dengan makanan sehat seperti gandum, oat dan nasi merah yang lebih sehat untuk sistem cerna Anda.

Itulah beberapa cara cegah sakit maag yang Anda harus terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Jaga Kesehatan Lansia Sejak Dini Dengan Tips Ini

Mungkin saat ini anda sedang merawat lansia? Merawat lansia memang susah – susah gampang. …