Depan Artikel Kesehatan Cara Diet Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Cara Diet Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

7 min read
0
26
Cara Diet Menurunkan Berat Badan Saat Puasa yang Direkomendasikan

Ingin memanfaatkan moment puasa untuk menurunkan berat badan? Sebenarnya moment puasa apapun itu baik puasa wajib atau puasa sunah, bisa menjadi ajang yang tepat untuk Anda yang sedang menerapkan cara diet menurunkan berat badan tanpa perlu diet berlebihan.

Baca juga : 8 Sayuran yang Cocok Untuk Program Diet

Yang paling penting, Anda makan secara tepat di saat sahur dan berbuka, hindari makan secara berlebihan dan ngemil secara berlebihan sehingga berat badan Anda akan aman dan puasa bisa menjadi ajang diet Anda.

Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang cara diet menurunkan berat badan saat puasa yang sangat direkomendasikan. Dengan cara diet ini dijamin berat badan Anda selama puasa akan aman dan bahkan akan berkurang! So, check these out!

Cara Diet Menurunkan Berat Badan Saat Puasa yang Direkomendasikan

Perbanyak mengonsumsi serat dan protein ketika sahur dan berbuka puasa

Pastikan untuk Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat serta protein karena sangat penting dibandingkan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori.

Anda harus tahu bahwa makanan dengan serat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga Anda tidak mudah lapar dan bisa tahan puasa sepanjang harinya. Makanan yang tinggi kandungan serat dan protein juga dapat membantu menekan nafsu makan Anda sehingga ketika di waktu berbuka puasa tiba, Anda tidak kalap dan makan secara berlebihan.

Batasi makanan dan minuman manis

Untuk mengembalikan energy di waktu berbuka puasa, Anda harus tetap mengonsumsi makanan dan minuman manis. Hal ini karena puasa selama belasan jam dapat membuat kadar gula darah didalam tubuh Anda mengalami penurunan sehingga Anda perlu mengembalikannya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Namun yang Anda harus ingat, dalam mengonsumsi makanan manis jangan terlalu berlebihan. Mengapa? Karena Anda harus tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis justru akan disimpan didalam tubuh sebagai lemak oleh tubuh dan dapat menjadi pengacau diet menurunkan berat badan Anda ketika puasa.

Jadi sangat dianjurkan, pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks untuk menambah energy setelah berpuasa misalkan mengonsumsi nasi merah, aneka buah dan juga sayur.

Hindari nafsu makan berlebihan ketika sedang berbuka puasa

Walau pun Anda tidak makan dan minum seharian, bukan berarti bahwa Anda boleh balas dendam ketika sedang berbuka puasa. Makan dengan porsi berlebihan tentunya dapat membantu meningkatkan kadar gula darah secara drastic.

Padahal sebenarnya, tubuh tidak memproduksi banyak insulin ketika Anda sedang berpuasa, sehingga kelebihan gula pun akan diubah menjadi lemak didalam tubuh Anda. Jadi, baiknya Anda tetap harus menjaga porsi makan ketika sahur dan di moment buka puasa.

Hal ini sangat penting agar Anda tidak sampai tergoda untuk makan secara berlebihan. Cobalah juga untuk menggunakan piring yang ukurannya lebih kecil ketika Anda sedang makan. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk sahur dan berbuka puasa dengan makanan yang dapat membuat Anda cepat merasa kenyang seperti halnya sup atau yang lainnya.

Konsumsi air mineral secara cukup

Pastikan selama menjalankan ibadah puasa baik itu puasa wajib atau puasa sunah, paling tidak Anda mengonsumsi air mineral 8 gelas setiap harinya. Anda pun bisa menggunakan rumus 2 – 2 – 2 – 2. Artinya Anda mengonsumsi minuman dua gelas ketika sahur, dua gelas di waktu berbuka puasa, dua gelas setelah tarawih dan dua gelas sebelum tidur.

Didalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism diungkapkan bahwa mengonsumsi air mineral dapat membantu dalam rangka meningkatkan metabolisme tubuh sampai dengan 30%. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan dengan tempo yang tepat tentu saja Anda akan dapatkan tubuh yang sehat dan diet Anda akan aman selama berpuasa. Terlebih air putih dapat membantu menjadikan perut kenyang dan mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Lakukan olahraga secara rutin

Sebaiknya puasa jangan Anda jadikan sebagai alasan untuk bermalas – malasan. Dengan Anda tetap secara rutin olahraga, Anda justru dapat menurunkan berat badan secara efektif selama menjalankan ibadah puasa.

Tubuh biasanya menjadikan glukosa atau gula sebagai sumber energy pertama yang kemudian diolah untuk menghasilkan energy. Akan tetapi ketika Anda sedang berpuasa dan tidak mendapatkan asupan gula selama belasan jam, tubuh Anda berpotensi untuk mencari sumber energy yang lain yaitu cadangan lemak. Maka, ketika Anda sedang olahraga di waktu berpuasa, hal tersebut dapat memicu terjadinya pembakaran lemak dalam jumlah yang lebih banyak didalam tubuh Anda.

Itulah beberapa cara diet menurunkan berat badan saat puasa yang sangat direkomendasikan. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips Agar Hubungan Cіnta Awet Sampaі Ke Pernіkahan

Ketika dua sejoli memiliki perselingkuhan, tentu saja mereka berharap bisa bertahan hingga…