Depan Artikel Kesehatan Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dalam 3 Hari

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dalam 3 Hari

9 min read
0
817
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dalam 3 Hari

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dalam 3 Hari – Tak berlebihan rasanya jika mengatakan gigi yang kuning akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Parahnya lagi, tak hanya menurunkan kepercayaan diri, gigi yang kuning juga bisa membuat orang beranggapan bahwa Anda mempunyai kepribadian yang malas bersih-bersih diri. Memalukan bukan?

Baca juga : Memutihkan Gigi Yang Kuning Dengan Cara Cepat

Gigi yang kuning harus segera diatasi. Untuk memutihkannya, sebenarnya Anda bisa saja langsung membawa ke dokter gigi. Tapi jika Anda malas dan ingin berhemat, memutihkan gigi dengan cara alami berikut ini bisa menjadi alternatif cerdas.

Tips dan Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Dengan rutin melakukan perawatan memutihkan gigi secara alami berikut ini, bukan tidak mungkin hanya dalam waktu 3 hari gigi yang tadinya kuning sudah tampak terlihat putih.

  1. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi terbaik serta lakukan teknik menyikat gigi yang benar

Inilah poin utama untuk cara memutihkan gigi, jika tidak diimbangi poin pertama ini susah rasanya. Sikat gigi Anda secara rutin dan teratur minimal 2 kali sehari yaitu pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur.

Gunakanlah sikat gigi dan pasta gigi terbaik (cocok untuk gigi dan gusi Anda), juga lakukan teknik menyikat gigi yang benar.

Sikat gigi yang baik ialah yang permukaan bulunya halus, minimal agak halus. Dan untuk pasta giginya, sebaiknya pilih yang mengandung flourida. Kandungan fluorida ini, selain memutihkan gigi juga akan berperan untuk melindungi kemungkinan gigi menguning dan berkarang akibat merokok, ngopi dan sebagainya.

Next, teknik menyikat gigi. Teknik menyikat gigi yang benar itu bukan soal seberapa cepat atau lambatnya aktivitas menyikat gigi selesai, dan bukan pula sebarapa kuat penakanan gesekan sikat gigi terhadap gigi Anda. Tapi seberapa pas gerakan sikat gigi yang menyapu gigi Anda. Usahakan untuk bagian gigi seperti seperti sela-sela, gigi geraham bagian belakang, sisi terluar maupun dalam gigi bisa terjamah merata oleh sikat gigi. Lakukan aktivitas menyikat gigi selama minimal 2 menit.

  1. Rutin Berkumur

Kebiasaan berkumur juga merupakan upaya memaksimalkan kebersihan gigi. Berkumur dapat menjangkau sisa-sisa makanan lengket yang tak terjangkau sikat gigi. Anda bisa berkumur menggunakan air putih biasa atau menggunakan obat kumur yang sudah banyak dijual di minimarket atau apotik.

  1. Pinang

Buah pinang sudah terkenal sejak dahulu akan manfaatnya memutihkan gigi kuning secara alami. Kandungan zat tanin, astringent dan hemostatik akan menutrisi gigi baik untuk menguatkannya maupun memutihkannya.

Caranya.

  • Siapkan beberapa buah biji pinang yang telah tua, lalu kupas dan ambil bijinya
  • Bakar biji pinang tadi hingga hangus menjadi arang, lalu dinginkan
  • Selanjutnya, tumbuklah arang biji buah pinang hingga halus lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil

Cara menggunakan arang pinang

  • Berkumurlah terlebih dahulu dan basahi jari telunjuk/ sikat gigi Anda
  • Celupkan jari telunjuk/ atau sikat gigi yang basah ke arang biji pinang sehingga arangnya menempel
  • Jika sudah, lalu gosokanlah jari Anda ke gigi seperti sedang menyikat gigi
  • Lakukan beberapa menit, lalu berkumurlah untuk membersihkan bekas arang yang dilanjutkan dengan menyikat gigi menggunakan pasta seperti biasa
  1. Lemon dan baking soda

Jeruk lemon yang bersifat asam akan berperan sebagai antiseptik alami dalam mulut, sementara baking soda yang bersifat abrasif akan berperan dalam mengangkat noda-noda kotor pada permukaan gigi.

Caranya:

  • Siapkan sikat gigi, dan masing-masing satu sendok makan perasan lemon dan baking soda
  • Campur dan aduk kedua bahan hingga seperti pasta
  • Gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi. Setelah selesai diamkan 2 sampai 3 menit lalu kumur-kumur dengan air hingga bersih.
  1. Kulit Jeruk

Tahukah Anda kalau gigi yang kuning ternyata juga bisa diputihkan dengan memanfaatkan kulit jeruk? Kandungan asam yang ada pada kulit jeruk baik untuk mengikis warna kuning pada gigi sekaligus bertindak sebagai antimikroba.

Caranya:

  • Siapkan kulit jeruk
  • Gosokkan bagian dalam kulit jeruk ke seluruh permukaan gigi luar dan dalam secara merata, lakukan selama 2-3 menit
  • Jika dirasa sudah, untuk membersihkan sisa serabut kulit jeruk yang menempel pada gigi, sikatlah gigi Anda menggunakan pasta gigi seperti biasanya
  • Kumur-kumur hingga bersih
  1. Kulit pisang

Selain kulit jeruk, faktanya kulit pisang juga ampuh dan sering digunakan sebagai cara memutihkan gigi yang kuning. Kulit pisang mengandung mineral hebat seperti mangan dan potasium  yang akan berperan sebagai pembersih alami gigi.

Caranya:

  • Siapkan kulit pisang yang sudah matang
  • Agar lebih mudah digunakan, potong atau irislah kulit pisang
  • Gosokan bagian dalam kulit pisang secara perlahan dan merata pada permukaan gigi luar dan dalam Anda selama 2-3 menit
  • Kumur-kumur hingga bersih, dan lanjutkan dengan mmenggosok gigi apabila dirasa ada sisa kulit pisang yang menempel.
  1. Menutrisi Gigi dengan Baik

Menutrisinya gigi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Makanan seperti wortel, apel, brokoli saledri dipercaya efektif membantu agar warna gigi terlihat putih dan bersih. Selain ada makanan yang dianjurkan, adapula makanan yang harus dihindari agar kesehatan gigi tetap terjaga. Makanan yang tidak dianjurkan di antaranya seperti gulai, soto, kari, dan makanan berwarna pekat lainnya. Jenis makanan-makanan tersebut biasanya mengandung pewarna alami yang dapat menempel di gigi dan sulit untuk dihilangkan.

Itulah tips dan cara memutihkan gigi kuning secara alami dalam 3 hari yang bisa Anda terapkan dan jadikan sebagai kebiasaan sebagai upaya menyehatkan  mulut dan gigi.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…