Depan Artikel Kesehatan Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

4 min read
0
0
23
mengatasi batuk

Meskipun batuk berdahak tergolong ringan, namun sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu batuk jenis ini juga mesti diatasi sesegera mungkin karena bisa berubah menjadi lebih parah lagi. batuk berdahak bisa disebabkan karena asam lambung naik, atau infeksi paru-paru. Bagian pernafasan akan terasa memiliki banyak lendir serta menggangu sistem pernafasan. Selain dengan cara medis, batuk berdahak juga bisa diatasi dengan cara alami.

Bahan yang digunakan sebagian besar mengandung vitamin C. Vitamin C yang tinggi ini memiliki sifat meluruhkan dahak dan antibakteri. Dahak bisa diluruhkan secara cepat tanpa efeksamping. Selain itu kandungan antioksidan dari bahan alami ini juga baik mengikis virus dan kuman penyebab batuk berdahak. Banyak bahan alami yang baik untuk mengatasi batuk berdahak, dan ulasan selengkapnya bisa anda ketahui berikut ini.

Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

  1. Teh jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan mampu mengencerkan dahak secara alami. irisan jahe yang direbus kemudian diminum akan membantu mengatasi dahak dan mengencerkannya. Agar rasanya tidak terlalu pahit, anda bisa mencampurkan madu kedalamnya. Jangan menambahkan gula karena akan memperparah batuk anda. konsumsi teh jahe dua kali sehari untuk mengencerkan batuk berdahak anda.

  1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Ramuan belimbing wuluh bermanfaat mengobati batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa. Campurkan belimbing wuluh dengan adas sebanyak 1 butir. Rebus dengan sedikit air kemudian saring ketika ramuannya telah dingin. tambahkan madu kemudian minum secara teratur agar batuk berdahak bisa diatasi secara alami.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki vitamin C yang bisa bekerja menghilangkan lendir pada tenggorokan. Campurkan perasan jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Gunakan perbandingan 1:3:5. Minum campuran tersebut secara teratur. Alternatif lainnya, anda bisa menggunakan campuran perasan jeruk nipis dan kecap. Konsumsi dua kali sehari secara rutin agar batuk berdahak bisa teratasi.

  1. Kunyit

Ramuan kunyit juga cocok mengatasi dahak yang berlebih pada tenggorokan. Kunyit kaya vitamin C yang juga bermanfaat mengatasi bakteri dan kuman penyebab dahak. Tumbuk kunyit kemudian campurkan dengan madu atau segelas susu hangat. Ramuan ini cocok dikonsumsi untuk melegakan tenggorokan secara alami. konsumsi secara teratur agar batuk berdahak sembuh secara alami.

  1. Daun sirih

Daun sirih memiliki antiseptik yang tinggi. Kandungan ini juga bermanfaat mengikis bakteri dan virus penyebab batuk berdahak. Lendir yang banyak bisa diencerkan secara baik. rebus daun sirih dengan cengkeh, kapulaga dan kayu manis hingga mendidih. Kemudian tunggu air rebusannya menyusut. Setelah hangat anda bisa menyaringnya dan minum 3 kali dalam sehari. Ramuan ini sangat efektif meredakan dahak secara cepat.

Ternyata mengatasi batuk berdahak bisa dengan beberapa cara alami diatas. Selain praktis, cara tersebut juga tanpa efeksamping sehingga aman digunakan oleh siapapun. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan beberapa masalah kulit. Antara lain mudah berjerawa…