Depan Artikel Kesehatan Cara Mengatasi Mata Minus yang Paling Tepat Dilakukan

Cara Mengatasi Mata Minus yang Paling Tepat Dilakukan

9 min read
0
96
Cara Mengatasi Mata Minus yang Paling Tepat Dilakukan

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan mata minus atau rabun jauh ini? Mata minus adalah keadaan dimana si penderitanya kesulitan dalam melihat benda – benda dari jarak jauh. Tak hanya diderita oleh orang dewasa saja, tetapi anak – anak dan remaja pun juga beresiko terancam penyakit yang bisa dibilang sepele ini. Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang alami mata minus, diantaranya faktor keturunan, kebiasaan buruk seperti sering menonton televisi atau pun membaca dengan jarak yang terlalu dekat.

Salah satu solusi untuk selamatkan mata minus tersebut tak harus dengan menggunakan kacamata atau pun soft lens. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi mata minus yang paling tepat dilakukan.

Cara Mengatasi Mata Minus yang Paling Tepat Dilakukan

Melakukan latihan fokus menggunakan telunjuk

Cara pertama mengatasi mata minus yang paling tepat Anda lakukan adalah melakukan latihan fokus dengan menggunakan telunjuk. Caranya mudah sekali, silakan Anda duduk dalam posisi senyaman mungkin, lalu tempatkan telunjuk Anda sekitar 10 cm dari hidung. Jika sudah, silakan Anda coba fokuskan pandangan ke arah telunjuk, kemudian alihkan fokus Anda ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Kembalikan fokus Anda ke telunjuk, lalu lakukan dengan melirik tanpa harus menggeserkan kepala. Anda bisa mengulangi proses ini 10 kali dan secara rutin setiap harinya, sehingga mata minus Anda akan berukuran lalu menglihatan Anda pun akan meningkat.

Melakukan senam mata untuk menjaga kelenturan matamu

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata minus paling tepat adalah melakukan senam mata untuk menjaga kelenturan mata Anda. Caranya juga mudah sekali, Anda hanya perlu menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, lalu berputar dan berkedip kurang lebih sebanyak 100 kali setiap harinya. Latihan tersebut juga sangat berguna sekali untuk membersihkan serta melumasi biji mata Anda.

Mengurangi ketegangan dengan cara menggeser penglihatan

Ada baiknya Anda jangan terlalu lama menatap satu objek saja, sebab yang demikian ini bisa sebabkan otot mata Anda jadi tegang dan kaku. Contohnya saja pada saat Anda sedang menatap layar PC, komputer, atau laptop, dan juga smartphone maupun tablet dalam waktu lama, silakan Anda alihkan saja pandangan beberapa saat ke jendela atau pun objek lainnya di sekitar Anda, baru Anda bisa kembali menatap layar PC, komputer, laptop, atau smartphone maupun tablet lagi.

Sesekali jemur mata Anda di pagi hari

Memanjakan mata Anda dengan berjemur bisa Anda lakukan dengan cara menutup kedua mata, lalu mengarahkan pandangan ke matahari hingga bola mata Anda terasa lebih hangat. Ada baiknya Anda lakukan hal ini di saat pagi hari, agar asupan vitamin D juga tercukupi dengan baik.

Menentukan warna apa yang bisa latih tingkat fokus Anda

Anda bisa kok memilih warna apa saja untuk bisa difokuskan setiap harinya. Contohnya saja hari ini Anda pilih warna merah, maka lihat dan cari warna merah di sekitar Anda. Hal tersebut sangat bagus sekali untuk latih fokus mata Anda ke dalam warna – warna tertentu.

Kompres mata Anda

Untuk bersihkan mata Anda, maka Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata supaya mata Anda pun terhindar dari berbagai kuman atau pun bakteri. Selain hal tersebut, Anda juga bisa membilas mata dengan air hangat. Caranya adalah dengan menyiapkan satu mangkuk air hangat, kemudian masukan saja mata Anda ke dalamnya dan berkedip – kediplah selama beberapa saat. Cara ini bisa dibilang paling ampuh untuk mengeluarkan debu atau kotoran yang masuk ke dalam mata Anda.

Lepas kacamata atau soft lens saat tidak diperlukan

Perlu Anda tahu bahwa otot mata nanti akan jadi kaku pada saat Anda menggunakan kacamata, sebab mata akan terbiasa fokus di pusat lensa. Silakan Anda coba buktikan, Anda akan terbiasa dengan menggunakan leher untuk lihat sekeliling Anda dibandingkan Anda harus menggeser bola mata.

Menikmati pemandangan hijau untuk menyegarkan mata

Sesekali Anda juga bisa pergi mencari objek pegunungan atau pun pepohonan dalam rangka penyegaran mata. Objek dengan warna hijau dipercaya bisa memberikan ketenangan serta dampak yang positif bagi mata. Tak hanya baik bagi mata Anda saja, akan tetapi kegiatan satu ini ternyata juga sangat berguna sekali untuk kembalikan pikiran Anda agar tetap jernih.

Melatih mata untuk memperhatikan benda – benda yang bergerak

Cara mengatasi mata minus yang paling tepat dilakukan berikutnya adalah dengan melatih mata untuk melihat kendaraan yang sedang berlalu – lalang di jalan raya selama beberapa menit saja. Memang awalnya hal ini agak memusingkan, akan tetapi percayalah bahwa ini adalah cara paling ampuh untuk melatih otot mata Anda.

Melakukan terapi lilin

Cara mudahnya adalah menyalakan lilin kemudian tatap nyala lilin tersebut hingga Anda mengeluarkan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berkedip agar semakin banyak air mata yang keluar. Ada baiknya Anda melakukan terapi ini kurang lebih selama 4 kali dalam 1 minggunya.

Mengistirahatkan mata 15 menit sekali dengan teknik eye palming

Teknik yang satu ini dipercaya cukup ampuh untuk mengistirahatkan mata dan menjadikannya lebih rileks. Silakan Anda gosok – gosokkan telapak tangan sampai hangat, lalu tutup kedua mata Anda, dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat. Anda bisa melakukan hal ini kapan pun ketika mata Anda terasa penat.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi mata minus yang paling tepat dilakukan. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk d…