Depan Artikel Kesehatan Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis dan Alami

Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis dan Alami

4 min read
0
661
Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis dan Alami

Keloid merupakan bekas luka yang timbul di permukaan kulit. Bekas luka keloid ini memang sangat susah dihilangkan. Menurut medis, keloid adalah pertumbuhan jaringan perut yang melebar dan membentuk permukaan licin. Warnanya merah muda hingga coklat tua. Keloid sebenarnya tidak berbahaya dan menular seperti eksim, panu, atau masalah kulit lainnya. Hanya saja sifatnya sangat menggangu apalagi jika didapati di area yang terbuka.

Untuk mengatasi keloid, anda bisa memilih menggunakan cara medis dan alami. kedua cara ini sama-sama memiliki khasiat yang baik. untuk cara medis memang memiliki efeksamping, namun hasil yang didapat lebih cepat. namun cara alami juga tak kalah manjurnya namun memerlukan proses yang cukup lama. Berikut ini beberapa cara mengatasi keloid secara medis dan alami yang bisa anda coba.

Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis

  1. Suntik cortisone

Suntik cortisone bermanfaat untuk mengganti sel kulit mati secara mudah. lakukan perawatan medis ini minimal sebulan sekali hingga keloid benar-benar hilang. Suntik cortisone memang menjadi solusi termudah dan praktis untuk mengatasi keloid.

  1. Laser

Cara medis lainnya adalah dengan laser. Cara laser terbilang ampuh mengikis bekas luka dan sel kulit mati secara cepat. namun menggunakan teknik laser mesti dilakukan secara bertahap agar kulit berubah seperti sediakala. Sinar laser memang memiliki efek samping, namun bisa dicegah dengan mengikuti petunjuk dokter.

  1. Crythoterapi

Cara ini adalah membekukan kulit dengan cairan nitrogen. Memang hal ini akan mempengaruhi kondisi kulit anda. akan tetapi manfaat yang didapat hampir sama dengan suntik cortisone dan laser. Efeksamping memang akan anda dapatkan namun bisa diatasi dengan mengikuti arahan dokter.

Cara Menghilangkan Keloid Secara Alami

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel bermanfaat mengangkat sel kulit mati secara cepat. oleskan cuka sari apel secara merata kebagian kulit yang terkena keloid. Cara ini memang memerlukan waktu yang cukup lama, namun cocok digunakan jika anda menginginkan pengobatan keloid secara alami tanpa efeksamping.

  1. Baking soda

Selain itu baking soda merupakan pilihan tepat untuk mengatasi keloid. Oleskan baking soda kebagian kulit yang terkena keloid. Campurkan baking soda dan air hingga membentuk pasta baru anda oleskan secara merata. Kandungan didalam baking soda akan membantu mengganti sel kulit mati dan meregenerasi kulit secara baik.

  1. Jus lemon

Vitamin C sangat diperlukan untuk penyembuhan luka. Dengan jus lemon anda bisa mendapatkan vitamin C yang bermanfaat mengatasi keloid. Vitamin C ini bermanfaat mengangkat sel kulit mati dan menyembuhkan bekas luka. Oleskan jus lemon secara merata pada kulit yang terkena keloid. Lakukan cara alami ini secara teratur untuk mengikis keloid secara alami.

Dengan cara medis maupun alami, keloid sama-sama bisa diatasi secara baik. semua tergantung ke pilihan dan kondisi kulit anda. semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…