Depan Artikel Kesehatan Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Masker dan Makanan Konsumsi

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Masker dan Makanan Konsumsi

12 min read
0
193
Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Masker dan Makanan Konsumsi

Cara mengolah lidah buaya – Siapa yang tak kenal dengan tanaman ini? Ya, lidah buaya merupakan tanaman yang dikenal karena berbagai khasiatnya untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Hal ini karena tanaman lidah buaya memiliki berbagai kandungan berupa mineral, vitamin, serat, enzim, serta asam amino yang baik untuk kesehatan.

Baca juga : Merawat Alis Lebih Tebal, Hitam dan Lebih Sehat

Untuk penggunaannya, kebanyakan orang memanfaatkan lidah buaya sebagai masker atau campuran shampoo demi menyehatkan wajah dan rambut. Padahal sebenarnya tanaman ini juga dapat diolah dan dikonsumsi. Hanya saja, untuk makanan konsumsi, Anda harus hati-hati dalam mengolahnya mengingat lidah buaya memiliki aroma yang sangat khas. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang cara mengolah lidah buaya, baik sebagai makanan konsumsi atau bahan kecantikan.

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Makanan Konsumsi

Saat ini sudah banyak sekali makanan ataupun minuman yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini karena selain menyehatkan, lidah buaya memiliki rasa yang cukup enak terutama apabila diolah dengan benar. Adapun pilihan menu makanan dan minuman menggunakan lidah buaya yang dapat Anda buat sendiri adalah sebagai berikut.

Es Lidah Buaya

Menu pertama yang dapat Anda coba aplikasikan di rumah adalah es lidah buaya. Minuman yang satu ini akan memberikan kesegaran tiada tara dan cocok dikonsumsi di siang hari yang terik. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daging lidah buaya, es batu, sirup, dan lemon. Untuk cara membuatnya yakni:

  1. Potong-potong daging lidah buaya sesuai selera
  2. Setelah itu, siapkan gelas atau mangkuk sebagai wadah es lidah buaya
  3. Langkah selanjutnya yakni mencampurkan es batu, sirup, serta daging lidah buaya ke dalam wadah
  4. Untuk penambah cita rasa, iris lemon dan letakkan dalam wadah tersebut

Anda juga dapat mencampurkan agar-agar, selasih, dan juga nata untuk menambah variasi isian es lidah buaya. Sebagai olahan minuman yang kaya manfaat, Anda dapat mengonsumsi es lidah buaya kapan saja. Ini adalah cara mengolah lidah buaya yang paling mudah.

Wedang Jahe Lidah Buaya

Siapa yang tak suka dengan sensasi hangat dari wedang jahe? Setiap orang pasti menyukainya. Namun bagaimana jika sensasi hangat serta rasa khas dari jahe dipadukan dengan segarnya lidah buaya? Pasti sangat menakjubkan. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat wedang jahe lidah buaya, Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan seperti gula merah, 1 lembar daging lidah buaya, 1 ruas jahe merah, dan 1 batang sereh. Cara membuatnya:

  1. Potong dadu daging lidah buaya yang telah dicuci bersih dengan air
  2. Bersihkan jahe, iris agak tepat lalu kemudian geprek hingga keluar air
  3. Langkah selanjutnya yakni mengiris sereh kemudian menggepreknya
  4. Campurkan semua bahan tersebut dalam panci yang telah diisi air sebanyak 200 ml
  5. Tambahkan pula serutan gula merah atau gula Jawa. Biarkan hingga mendidih.
  6. Wedang jahe lidah buaya siap dinikmati

Puding Lidah Buaya

Cara mengolah lidah buaya yang selanjutnya yakni dengan dijadikan sebagai puding lidah buaya. Cara yang satu ini memang terbilang lebih mudah dan membutuhkan bahan yang cukup sedikit. Anda hanya perlu menyiapkan daging lidah buaya yang telah dikupas dari kulitnya, serbuk agar-agar, susu kental manis, dan gula sesuai selera Anda. Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut.

  1. Haluskan lidah buaya dengan blender secara merata
  2. Saring dan sisihkan ampasnya
  3. Buat agar-agar seperti biasa. Kemudian tambahkan susu kental manis, gula, serta air saringan jus lidah buaya
  4. Terus aduk hingga semua bahan yang telah dicampurkan tersebut. Jika adonan puding sudah mulai matang, matikan kompor
  5. Biarkan selama 3 – 5 menit hingga adonan puding mulai dingin. Selanjutnya masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan.

Es Kuwut Lidah Buaya

Pernah mendengar tentang es kuwut? Es yang satu ini berasal dari pulau Bali dan menjadi salah satu minuman favorit di sana. Kuwut sendiri berarti kelapa. Jadi es kuwut merupakan es yang di dalamnya terdiri dari campuran daging kelapa muda serta bahan tambahan lain seperti buah melon, semangka, selasih, perasan jeruk nipis, es batu, dan air kelapa.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menikmati es kuwut dengan manfaat baik untuk kesehatan, Anda dapat mencampurkan potongan daging lidah buaya sebagai isiannya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es ini adalah 5 lembar lidah buaya, 1 sendok makan kapur sirih, ¼ sendok teh garam, 5 sendok makan gula, 1 bungkus vanilli bubuk, 2 lembar daun pandan, buah-buahan sesuai selera, dan air secukupnya. Lantas bagaimana cara mengolah lidah buaya menjadi es kuwut? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mengolah Lidah Buaya
  1. Kupas kulit lidah buaya hingga bersih. Setelah itu, potong dadu daging lidah buaya dan cuci bersih menggunakan air sehingga lendirnya menghilang
  2. Buatlah larutan yang berisi air, kapur sirih, dan garam. Aduk hingga merata. Selanjutnya masukkan daging lidah buaya ke dalam larutan tersebut. Diamkan selama 1 jam
  3. Tiriskan daging lidah buaya yang telah direndam tadi
  • Membuat Sirup untuk Es Kuwut Lidah Buaya
  1. Campurkan gula, air, vanilli bubuk, serta daun pandan dalam sebuah panci. Rebus hingga mendidih
  2. Setelah itu, masukkan daging lidah buaya yang telah ditiriskan tadi ke dalam rebusan tersebut. Tunggu 5 menit dan matikan kompor
  3. Angkat daging lidah buaya kemudian tiriskan
  • Cara Penyajian Es Kuwut Lidah Buaya
  1. Siapkan gelas kemudian masukkan daging kelapa muda, daging lidah buaya, selasih, serta buah-buahan lain yang Anda inginkan
  2. Tuangkan sirup rasa melon atau kelapa pada gelas tersebut. Untuk menambah cita rasa, tambahkan perasan jeruk nipis dan es batu.
  3. Tambahkan air secukupnya. Es kuwut lidah buaya pun siap dinikmati

Memanfaatkan Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit, Rambut, dan Wajah

Anda telah memahami bagaimana cara mengolah lidah buaya untuk dikonsumsi. Kini saatnya memahami langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan kulit, rambut, dan wajah. Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Masker Lidah Buaya

Untuk melakukan langkah yang satu ini, Anda hanya perlu menyediakan 1 lembar lidah buaya, madu, bubuk kunyit, dan air mawar. Setelah itu, tuangkan, masing-masing 1 sendok teh untuk susu, madu, dan bubuk kunyit. Cara mengolah lidah buaya untuk masker yang berikutnya yakni aduk merata bahan-bahan tersebut. Bila perlu tambahkan tetesan air mawar. Jika semua bahan tersebut telah bercampur, maka tambahkan gel lidah buaya dan aduk hingga menjadi adonan.

Gunakan masker lidah buaya pada seluruh bagian leher dan wajah Anda. Diamkan selama 20 menit agar berbagai kandungan bermanfaat dari masker tersebut meresap ke dalam kulit wajah. Jika terasa sudah mulai mengering, bilas masker menggunakan air hangat dan bersihkan wajah menggunakan handuk. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan masker ini minimal 2 hari sekali sebelum tidur selama 1 bulan.

  • Masker Detox Aloe Vera

Cara mengolah lidah buaya yang selanjutnya yakni sebagai masker detox aloe vera. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah lidah buaya, mangga, dan lemon sebagai masker. Untuk langkah-langkahnya, pertama haluskan daging mangga dan lidah buaya menggunakan sendok atau garpu. Setelah berbentuk seperti adonan, tambahkan perasan air lemon pada adonan tersebut.

Oleskan masker ini secara merata di bagian wajah Anda. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering. Selanjutnya, bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin. Adapun manfaat dari masker yang satu ini adalah mengangkat racun yang terdapat pada kulit wajah sehingga wajah akan tambil lebih fresh.

Itulah beberapa cara mengolah lidah buaya yang dapat Anda lakukan. Melihat beberapa cara di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa lidah buaya dapat diolah menjadi apa saja baik itu untuk makanan dan minuman serta masker kecantikan. Semoga bermanfaat.

 

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…