Depan Artikel Kesehatan Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

5 min read
0
40
Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Ini

Kadar gula darah normalbukanlah hal sulit untuk diperoleh. Namun karena gaya hidup buruk disertai pola makan tidak teratur membuat masyarakat modern saat ini kesulitan untuk mengembalikan kondisi normal kadar gula. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kadar gula naik, dan salah satu akibat dari kadar gula tinggi adalah penyakit diabetes dan bagi banyak orang itu adalah penyakit yang cukup menyeramkan. Bagi sudah terkena penyakit ini disarankan agar selektif dalam memilih makanan terutama menghindari makanan yang memicu peningkatan kadar gula dalam darah.

Baca juga : 7 Tips membantu mengelola gula darah selama kehamilan

Pada dasarnya para penderita diabetes bisa mengkonsumsi makanan seperti orang biasa, namun perlu mencermati kandungan yang ada dalam makanan. Gula, lemak dan garam yang tinggi mesti dihindari karena bisa mengganggu kadar gula darah normal dalam tubuh. Penggunaan obat gula darah bisa dilakukan jika keadaan sudah memburuk. Namun untuk pencegahan dan pengobatan ringan anda bisa mencoba menerapkan pola makan yang seimbang.

Tanpa kita sadari sebenarnya alam menganugerahi kita dengan makanan yang bisa menjadi penawar dari penyakit yang kita derita, termasuk diabetes.  Anda akan berhasil menerapkan Cara Menurunkan Gula Darah jika mampu mengkonsumsi makanan di bawah ini secara rutin:

Gandum

Jadikan gandum sebagai bahan makanan rutin dalam daftar menu anda, karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Serat, mineral, gandum dan vitamin yang terkandung di dalam gandum sangatlah dibutuhkan tubuh. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya merupakan sumber energi yang cukup besar dan lebih mudah diserap oleh darah karena sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal.

Apel

Jenis buah ini memiliki kandungan pektin yang mampu membuat tubuh lebih sedikit membutuhkan insulin untuk memecah gula. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan satu buah apel sehari punya risiko lebih rendah ketimbang wanita yang tidak makan apel.

Labu Pahit 

Labu pahit sangat manjur dalam menertalisir kadar gula yang tinggi aga kembali normal. Jenis sayuran ini juga mampu menurunkan resiko seseorang terkena kencing manis. Namun jangan sekali-sekali memakan labu pahit bersamaan dengan mengkonsumsi obat gula darah karena bisa menjadikan gula darah turun secara drastis.

Ikan

Salmon dan Tuna adalah jenis ikan yang mengandung banyak asam lemak omega 3. Senyawa tersebut merupakan jenis lemak sehat yang bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung, mencegah peradangan dan meningkatkan level resistensi dari insulin.

Brokoli

Mineral kromium banyak terkandung di dalam sayur brokoli. Mineral tersebut berperan dalam pengaturan insulin dalam darah. Anda bisa memperoleh lebih banyak kromium jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak dalam waktu yang singkat.

Kedelai

Jenis kacang-kacangan ini punya jumlah serat yang cukup tinggi dan memberi efek yang baik agar proses pengeluaran urin/kencing bisa berjalan lancar, terutama bagi pada penderita diabetes.

Bawang Putih

Bawang putih punya zat aktif seperti APDS dan Allicin yang jika dipadukan dengan flavonoid mampu menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Allicin dapat dipadukan dengan vitamin B1 atau tiamin untuk menstimulasi pankreas agar lebih mudah melepaskan insulin ke dalam darah.

Demikianlah tadi ulasan singkat kita tentang Cara Menurunkan Gula Darah. Cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat dan memilih jenis nutrisi yang baik bagi gula darah. Penjelasan di atas bisa dijadikan referensi dalam menyusun daftar makanan yang tepat, terutama untuk penderita diabetes agar kadar gula darah normal.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Asma yang merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran pernafasan memang tid…