Depan Artikel Kesehatan Hal-hal yang Menurunkan Stamina

Hal-hal yang Menurunkan Stamina

5 min read
0
41
Hal-hal yang Menurunkan Stamina

Stamina adalah kemampuan untuk melakukan aktifitas fisik yang diukur dengan intensitas dan waktu. Pilihan lifestyle sangat mempengaruhi stamina dan kesehatan tubuh. Ada hal-hal yang meningkatkan stamina, sebalinya ada juga hal-hal yang menurunkan stamina. Berikut ini adalah beberapa Hal-hal yang Menurunkan Stamina yang penting untuk ketahui, sehingga Anda dapat melakukan perubahan-perubahan supaya stamina dan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Baca juga : Cara Agar Badan Tetap Segar Setiap Hari

Kurang Olahraga

Kurang kegiatan fisik sering dihubungkan dengan berbagai macam penyakit-penyakit yang menimbulkan dampak serius bagi banyak orang di seluruh dunia misalnya penyakit jantung, obesitas, diabetes, osteoporosis, batu ginjal, masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung. Selain itu kurang olahraga membuat otot melemah akibatnya stamina menurun.

Menghabiskan banyak waktu di depan televisi, dibelakang meja kerja, didepan komputer atau terlalu lama duduk dan tiduran tanpa diimbangi dengan aktifitas fisik sangat berpengaruh terhadap stamina. Sempatkan diri anda untuk berolahraga dan melakukan aktifitas fisik lainnya. Mulailah dengan olahraga yang bersifat aerobik. Loncat tali, jogging, bersepeda, treadmil, berenang atau sekedar berjalan kaki 20 menit setiap hari. Olahraga yang disarankan 4-5 kali setiap minggu.

Pola makan buruk

Kebanyakan orang mengetahui apa saja junk foods tetapi mereka tetap memakannya dengan berbagai alasan. Enak, kepraktisan, kemudahan dan kecepatan penyajian menjadi alasan utama mengapa junk foods masih dikonsumsi. Dalam jangka pendek mungkin tidak terlalu terasa tetapi dalam jangka panjang dapat menurunkan stamina tubuh bahkan merusak kesehatan.

Gizi juga harus menjadi perhatian kita saat akan membeli atau mengolah makanan. Makanan orang Indonesia sangat identik dengan karbohidrat dan gula, kurang vitamin, protein dan mineral, ditambah dengan kebiasaan makan yang kurang baik mungkin ini yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penyakit diabetes no 3 di dunia.

Diet sehat harus menjadi perhatian setiap orang cobalah untuk menyeimbangkan asupan karbohidrat, protein, lemak baik serta nutrisi dengan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah yang notabene kurang disajikan. Diantara jam sarapan dengan makan siang atau antara makan siang dan makan malam kita bisa ngemil dengan camilan sehat seperti buah segar atau sayuran.

Rokok

Merokok mempunyai dampak yang besar terhadap penurunan stamina. Di amerika ada 2,4 juta orang meninggal setiap tahun karena merokok. Tidak ada yang lebih buruk dalam memperlakukan paru-paru dengan cara memasukan asap beracun kedalamnya setiap hari. Karena udara pernapasan yang dihirup paru-paru didarkan keseluruh tubuh maka  tidak hanya paru-paru saja yang terkena dampak asap rokok. Bisa dipastikan setiap organ mendapatkan efek buruk dari asap rokok. Sudah hal yang wajar dirasakan para perokok bahwa stamina akan semakin menurun seiring dengan jumlah dan lamanya mereka merokok.

Stress

Ada stres yang positif dan ada stres yang negatif. Stres positif misalnya menjelang pernikahan, saat akan berpidato, saat akan berkenalan dan lain sebagainya. Stres positif akan membuat kita terpacu untuk melakukan hal yang terbaik sebalinya stres negatif akan membuat seseorang menjadi lemah misalnya setelah dipecat dari pekerjaan, perceraian dll.

Stres yang kurang terkelola akan menurunkan stamina secara langsung dan tidak langsung. Untuk mengurangi dampak buruk dari stres negatif cobalah untuk lebih banyak berpikir positif, jaga agar anda tetap termotivasi dan menyegarkan pikiran dengan rekreasi serta menjaga hubungan baik dengan orang lain dan Tuhan.

Demikian tadi ulasan kita kali ini tentang Hal-hal yang Menurunkan Stamina, semoga bisa menginspirasi agar kita lebih peduli pada gaya hidup kita, dan hidup lebih sehat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat yang Menganggu

Sebenarnya, ada Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang tersedia dan bisa anda praktekkan sec…