Depan Artikel Kesehatan Hilangkan Ketiak Basah, Ampuh, Praktis & Mudah

Hilangkan Ketiak Basah, Ampuh, Praktis & Mudah

11 min read
0
203
Cara Menghilangkan Ketiak Basah Secara Ampuh Dengan Praktis Dan Mudah

Cara menghilangkan ketiak basah yang mudah dan praktis sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan ketiak basah tentunya sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Bahkan jika sudah berlebihan hingga menimbulkan bau tentunya bisa mengganggu orang lain di sekitar. Dan hal semacam ini sudah pasti mengganggu produktivitas orang yang memiliki ketiak basah tersebut.

Produktivitas terganggu ini misalnya jika seseorang yang mengalami keringat berlebih pada ketiak ini harus presentasi, maka dengan penampilannya yang demikian sudah pasti tak akan memaksimalkan gerakannya serta keluwesannya dalam memaksimalkan tugas. Maka jika dibiarkan secara terus menerus hal ini tentunya meski sederhana dan tak menimbulkan penyakit bisa menjadikan hidup seseorang kacau.

Baca juga : 5 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dengan Bahan-bahan Dapur

Tentunya ketiak yang banyak berkeringat bahkan dalam jumlah berlebih ini memiliki beberapa penyebab. Penyebab pertama bisa karena faktor lingkungan misalnya peningkatan suhu atau hawa panas yang menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat dalam jumlah berlebih.

Penyebab berikutnya bisa juga karena kebiasaan buruk seseorang seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin berbahaya dalam rokok ini juga memicu denyut jantung yang pastinya menyebabkan tekanan darah dan suhu meningkat. Pada kondisi ini, maka produksi keringat juga akan meningkat.

Sedangkan jika minum minuman beralkohol, maka pembuluh darah akan menjadi lebih lebar atau mengalami vasodilatasi sehingga tubuh merespon dengan meningkatkan suhu. Kondisi ini juga memicu terbentuknya keringat yang lebih banyak dari biasanya. Selain rokok dan alkohol, makanan pedas juga bisa menjadi penyebab ketiak basah karena memicu terbentuknya keringat dalam jumlah yang lebih banyak.

Cara Menghilangkan Ketiak Basah Secara Ampuh Dengan Praktis Dan Mudah

Cara menghilangkan ketiak basah ini sebenarnya bisa dengan aneka produk yang ada di pasaran. Namun tentunya karena produk tersebut merupakan racikan pabrik terkadang untuk satu orang dan orang lainnya akan menimbulkan efek yang berbeda. Oleh karena itu, berikut ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan ketiak yang basah.

  • Memakai Bahan Pakaian Yang Bisa Menyerap Keringat

Cara sederhana yang pertama untuk mengurangi atau menghilangkan ketiak basah yaitu dengan memakai pakaian yang menyerap keringat dan tentunya adem serta nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan kulit sebenarnya juga butuh pertukaran udara dari luar sehingga sebaiknya pakaian yang dikenakan juga memiliki pori-pori yang bisa membantu kulit menjadi lebih nyaman dan adem kondisinya.

Dengan cara ini maka tentunya produksi keringat bisa ditekan atau bahkan dikurangi. Untuk bahan pakaian yang perlu dihindari karena biasanya menyebabkan munculnya banyak keringat antara lain rayon, nilon, dan juga poliester. Untuk style baju juga sebaiknya menggunakan yang tidak terlalu ketat dan berwarna gelap yang bisa membuat tubuh terasa lebih panas.

  • Menghindari Stres

Orang yang sedang stress biasanya memiliki produksi keringat yang lebih banyak dibandingkan orang normal. Oleh karena itu untuk mengatasi ketiak basah salah satunya yaitu dengan menghindari stress. tentunya untuk menghindari stress ini ada beragam cara mulai dari liburan, berolah raga, hingga menyelesaikan pokok permasalahan yang menjadi penyebab utamanya.

  • Menguasai Rasa Cemas

Cara menghilangkan ketika basah dengan mudah dan sederhana berikutnya yaitu dengan mengurangi rasa cemas. Rasa cemas ini hampir sama dengan rasa stress yang dibahas sebelumnya. Orang yang sedang cemas biasanya juga memiliki produksi keringat yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sedang santai.

Rasa cemas ini memang terkadang muncul di saat tak terduga seperti harus berbicara di depan umum, bertemu orang baru, atau bahkan beragam alasan lainnya. Rasa cemas yang jelas menimbulkan rasa grogi dan takut yang perlahan akan membuat jantung berdebar lebih kencang sehingga tubuh pun merespon dengan memproduksi keringat lebih. Untuk mengatasi cemas ini tentunya beragam bisa dengan distraksi, mendengarkan musik, menarik napas, dan lain sebagainya.

  • Menghindari Makanan Pedas

Makanan yang padas dan panas merupakan salah satu makanan yang harus dihindari jika tidak ingin ketiak menjadi basah. Hal ini dikarenakan makanan-makanan ini bisa memicu tubuh lebih banyak memproduksi keringat dibandingkan biasanya, termasuk keringat yang ada di ketiak.

  • Menghindari Rokok dan Alkohol

Seperti halnya makanan pedas yang menjadi penyebab keringat berlebih, rokok dan alkohol juga sama. Olah karena itu agar ketiak tidak basah maka dua hal buruk ini harus dihindari. Hal ini dikarenakan baik rokok maupun alkohol bisa memicu denyut jantung dan peningkatan suhu tubuh yang berakibat pada peningkatan jumlah keringat dalam tubuh.

  • Mengkonsumsi Berbagai Bahan Alami

Cara menghilangkan ketika basah dengan mudah dan sederhana berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan dari bahan alami yang bisa mengurangi produksi keringat. Mengenai jenis-jenis makanan yang dimaksud, agar lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa dugunakan untuk mengurangi ketika basah yaitu lidah buaya. Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini memiliki aneka zat berguna yang bagus untuk tubuh. Untuk menggunakannya bisa dengan meminum minuman dari lidah buaya setiap hari.

2. Lemon

Bahan makanan berikutnya yang bisa menghilangkan ketiak basah yaitu lemon. Buah berwarna kuning yang memiliki banyak manfaat ini selain bisa membuat keringat hilang, juga menjadikan kulit ketika lembut dan lebih cerah. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur lemon dan cuka apel atau cuka putih yang mana dicampur dan dibalurkan ke ketiak. Setelah dibalurkan secara merata, didiamkan kurang lebih setengah jam agar meresap sebelum dibilas.

3. Tomat

Penghilang ketiak basah yang selanjutnya yaitu tomat. Buah yang berwarna merah saat matang ini memang memiliki banyak sekali manfaat mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Cara menggunakan buah tomat ini bisa dengan mengkonsumsinya secara langsung, menjadikan tomat sebagai jus, maupun membalurkan tomat tersebut secara langsung ke ketiak.

4. Teh Hitam

Untuk menghilangkan ketiak basah yang selanjutnya yaitu dengan teh hitam yang sudah dijemur. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan merebus teh hitam dan membungkusnya dengan menggunakan kain untuk menempelkannya di ketiak. Cara ini tentunya aman dan bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik

5. Baking Soda

Bahan berikutnya yang digunakan untuk menghilangkan ketiak yang basah yaitu dengan baking soda. Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh dan bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan air dan baking soda. Setelah bentuknya menyerupai masker bisa dibalurkan di ketiak selama setengah jam sebelum dibilas agar hasilnya maksimal.

Demikian beberapa cara menghilangkan ketiak basah yang mudah dilakukan. Selain cara di atas tentunya masih ada banyak cara lainnya seperti menggunakan antiperspirant yang bisa menghambat produksi keringat di ketiak. Namun jika setelah melakukan semua upaya dan keringat jumlahnya tetap berlebihan maka ada baiknya mengkonsultasikannya kepada dokter atau petugas kesehatan agar diketahui penyebabnya secara pasti.

 

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…