Depan Allianz Syariah Inilah 3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Inilah 3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

4 min read
0
0
264
3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Setiap orang pasti sudah tahu bahwa risiko hidup seperti kecelakaan, sakit kritis dan meninggal dunia, dapat menghantam setiap manusia tanpa pandang bulu. Entah itu orang kaya maupun orang miskin. Yang berprofesi sebagai artis, dokter, polisi, tentara, atlet dan profesi lainnya tetap mempunyai risiko hidup. Waktu dan tempatnya tidak dapat diprediksi kapan dan dimana.

Seorang suami yang mempunyai tanggung jawab besar terhadap keberlangsungan hidup keluarganya setidaknya HARUS mengerti bahwa kebutuhan hidup sebuah keluarga harus terus terpenuhi dengan atau tanpa adanya risiko hidup.

Inilah 3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Untuk mengantisipasi risiko hidup yang mungkin terjadi, ada 3 cara yang paling sering dilakukan oleh setiap keluarga.

1. Ditanggung sendiri
Caranya adalah dengan menabung, investasi emas, investasi tanah, investasi property, koleksi tas, dan lain sebagainya. Cara ini membutuhkan waktu lama dan biasanya dilakukan oleh orang yang sudah terlanjur kaya :). Sehingga saat ada risiko hidup seperti sakit kritis tinggal ambil tabungan, atau jual aset saja walaupun harganya bisa jatuh.

Baca : Saat terjepit, apapun akan dikorbankan asal jadi duit

 

2. Dialihkan ke pihak lain
Inilah konsep dari asuransi konvensional, mengalihkan risiko (transfer risk) ke sebuah perusahaan asuransi. Cara ini tidak kami anjurkan jika Anda seorang muslim. Karena dengan system ini dapat dipastikan ada 3 unsur riba.

Baca : Asuransi haram jika mengandung 3 unsur ini

 

3. Saling menanggung bersama
Cara ini ada dalam system Asuransi Syariah. Dimana setiap pesertanya sudah mempunyai niat bersama untuk saling menolong melalui Akad Tabarru’. Pengertian Akad tabarru’ adalah akad atau transaksi yang mengandung perjanjian dengan tujuan tolong menolong tanpa adanya syarat imbalan apapun dari pihak lain.

Baca : Konsep Dasar Asuransi Syariah Yang Belum Banyak Diketahui

Cara Terbaik Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Dari ketiga macam cara diatas yang lazim dilakukan setiap keluarga, jika ada pertanyaan mana cara terbaik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi risiko hidup, saya yakin anda akan memilih cara yang ketiga, yaitu Saling menanggung bersama yang ada didalam system Asuransi Syariah 🙂

Pada cara ke -1 dan ke -2 merupakan cara egois yang mementingkan diri sendiri karena tidak ada niat untuk membantu orang lain. Sedangkan Cara ke – 3 ada unsur kepedulian, care, persaudaraan walau dengan orang yang tidak dikenal. Sudah pasti bernilai kebaikan, dan tentu dapat pahala karena punya niat buat membantu orang lain dengan saling berkontribusi.

Segera hubungi Agen Asuransi Syariah untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

“Mutiara Terpendam” Yang Ada Dalam Asuransi Syariah

Alasan utama kami meng “HIBAH” kan diri menjadi seorang Agen Asuransi Syariah …