Depan Artikel Kesehatan Inilah Perbedaan Tumor dan Kanker Sebenarnya

Inilah Perbedaan Tumor dan Kanker Sebenarnya

4 min read
0
1,468
perbedaan tumor dan kanker

Perbedaan tumor dan kanker menjadi sebuah polemik tersendiri bagi orang awam dalam memberikan pendapatnya. Sering kali kita mendengar tentang istilah kanker dan tumor, akan tetapi hanya beberapa orang saja yang sangat memahami tentang perbedaan tumor dan kanker. Pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang masalah ini guna mencegah kesalahan dalam pemahaman penggunaan kata kanker dan tumor.

Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor adalah keadaan dimana sel mengalami perkembangan yang tidak wajar berupa benjolan. Berdasarkan sifatnya, tumor terbagi menjadi dua, tumor jinak (tidak begitu berbahaya) dan tumor ganas (berbahaya). Tumor jinak mempunyai sifat yang diam dan tidak melakukan invasi pada sel-sel sekitarnya. Sedangkan tumor ganas bisa melakukan invasi ke sel, jaringan hingga organ tubuh lainnya.

Kanker menurut pengertiannya adalah suatu penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel kanker jika tidak segera ditangani dengan cepat maka akan membelah diri dan menyebar luas di dalam jaringan tubuh lainnya. Karena kanker memiliki sifat yang dapat tumbuh di semua jaringan tubuh di antaranya sel kulit, sel hati, sel darah, sel otak, sel lambung, sel usus, dan masih banyak lagi lainnya. Sama seperti tumor, kanker juga memiliki jenis diantaranya karsinoma, sarkoma, lifoma, dan leukimia.

Baca juga : Gejala Kanker Serviks dan Ciri-Cirinya

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan di atas tentang perbedaan tumor dan kanker adalah sebagai berikut:

Tumor Kanker
berbentuk benjolan yang mempunyai selaput atau kantung yang menyelimutinya. dapat berupa benjolan namun tidak berselaput.
Sel tumor memiliki bentuk yang sama seperti sel pada awalnya. Sel kanker memiliki bentuk yang berbeda dengan sel awalnya.
Tidak merusak jaringan lainnya, namun hanya saja dapat bertambah besar. Bertambah besar dengan merusak jaringan di sekitarnya.
Pertumbuhan relatif lambat. Perkembangan atau penyebarannya sangat cepat
Cara penanganannya dengan cara tindakan operasi untuk mengangkat benjola beserta selaputnya. Sel kanker dapat lepas melalui peredaran darah dan kelenjar limfe kemudian tumbuh di organ lainnya (menyebar).
Tindakan operasi dilakukan hanya mengangkat benjolan yang terlihat dan tidak bisa menangani dengan tuntas.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai perbedaan tumor dan kanker. #1YgTerpenting dalam artikel kali ini adalah waspadalah terhadap beberapa gejala yang bisa mengakibatkan tumor dan kanker dengan menjalani pola hidup sehat dan mempersiapkan sejak dini sebuah proteksi financial terhadap penyakit ini.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Satu Komentar

  1. […] Baca juga : Inilah Perbedaan Tumor dan Kanker Sebenarnya […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

5 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dengan Bahan-bahan Dapur

Bagi pria mungkin memiliki kulit ketiak yang hitam tidaklah menjadi masalah, namun bagi pa…