Depan Artikel Kesehatan Kebiasaan Sehari – Hari yang Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Kebiasaan Sehari – Hari yang Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Jantung

9 min read
0
173
Kebiasaan Sehari – Hari yang Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Jantung menjadi salah satu organ vital yang sangat penting didalam komponen tubuh manusia. Jantung merupakan sumber kehidupan dan tanpa jantung manusia tidak akan pernah bisa hidup karena itu jantung menjadi bagian yang sangat penting diperhatikan. Anda harus berupaya untuk menerapkan kebiasaan sehari – hari yang aman untuk mencegah terjadinya penyakit jantung Anda alami.

Ada beberapa kebiasaan sehari – hari yang dianjurkan untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga agar jantung Anda tetap sehat. Salah satunya adalah secara rutin mengecek tekanan darah. Tekanan darah bisa dikatakan berada di ambang normal jika menunjukkan angka dibawah 120/80 mmHg. Ketika angka sistolik Anda kemudian berada diantara angka 120 – 139 atau jika angka diastolik berkisar 80 – 89 maka bisa diartikan bahwa Anda memiliki kondisi prehipertensi. Jika hal  ini terjadi pada Anda, Anda harus segera mengatasinya. Lantas berikut beberapa kebiasaan sehari – hari yang ampuh membantu mencegah penyakit jantung mengintai Anda!

Kebiasaan Sehari – Hari yang Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

Jangan lupa olahraga secara rutin

Salah satu kebiasaan sehari – hari yang sangat ampuh untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan olahraga rutin. Setidaknya Anda dianjurkan untuk menjalankan aktivitas olahraga selama 30 menit dalam sehari dan minimal sebanyak 5 hari dalam seminggu. Tak ada batasan jenis olahraga apa yang Anda harus lakukan untuk mencegah penyakit jantung Anda alami. Semua olahraga pada dasarnya baik dimana Anda juga bisa melakukan jogging, jalan kaki, berenang, bersepeda, yoga atau melakukan berbagai aktivitas yang lain. Jika Anda tertarik untuk tak hanya menjaga kesehatan jantung melainkan juga menjaga paha tetap langsing sangat dianjurkan untuk Anda melakukan olahraga pilates atau yoga di sela – sela waktu luang Anda.

Imbangi juga dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Misalkan ketika mau berangkat ke kantor, dibandingkan Anda harus naik motor atau mobil Anda bisa jalan kaki atau bersepeda. Cara ini cukup ampuh untuk Anda terapkan sebagai langkah pengimbangan aktivitas dari olahraga harian yang telah Anda lakukan.

Batasi asupan makanan mengandung kolesterol Anda

Agar Anda tidak mengalami lonjakan tekanan darah cara paling ideal yang bisa Anda lakukan adalah dengan berusaha mengendalikan asupan lemak jenuh dan makanan mengandung kolesterol. Jika pun Anda mengonsumsi makanan yang berkolesterol ada baiknya Anda konsumsi dalam batas yang wajar.

Anda harus tahu bahwa jika kadar kolesterol LDL Anda sudah lebih dari 200 mg/dL maka ini berarti bahwa Anda sebaiknya sudah harus berhati – hati. Hal ini karena kadar kolesterol jahat LDL yang terlampau tinggi dapat menjadi penyebab Anda mengalami masalah jantung. Jika kemudian Anda sudah mengalami serangan jantung, ada baiknya Anda harus targetkan agar kadar LDL Anda menjadi setidaknya 70 mg/dL atau di kisaran angka dibawahnya agar lebih aman.

Anda perlu menghindari atau membatasi beberapa makanan yang berpotensi membantu angka kolesterol tinggi seperti halnya daging dengan lemak, sosis dan daging burger, krim, mentega, kue, biskuit, cokelat sampai dengan permen. Intinya Anda harus batasi garam, lemak dan juga kandungan gula yang Anda konsumsi. Perbanyak makanan yang mengandung serat dan rendah kolesterol serta karbohidrat.

Cukupi kebutuhan air putih

Jika Anda rajin mengonsumsi air putih hal ini sangat baik karena dapat membantu Anda dalam menjaga jantung tetap sehat. Kemudian jika Anda mengalami masalah sakit jantung, Anda perlu segera tanyakan pada dokter apakah Anda perlu batasi jumlah cairan yang Anda dapatkan setiap harinya. Anda juga perlu ingat bahwa bukan hanya berapa banyak yang Anda harus minum akan tetapi sumber cairan lain juga penting untuk Anda perhitungkan seperti halnya es krim, agar – agar, sup atau yang lainnya. Jika kemudian ada suatu kondisi yang membuat Anda harus membatasi cairan maka timbang diri Anda setiap pagi hari karena adanya peningkatan berat badan yang cepat menjadi tanda bahwa adanya cairan yang menumpuk didalam tubuh Anda dan harus dikurangi agar normal kembali.

Perbanyak konsumsi buah dan juga sayur

Makanan yang mengandung kandungan serat tinggi dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol beserta tekanan darah. Makanan yang didalamnya mengandung serat juga akan membantu Anda untuk bisa mengelola berat badan secara sehat. Anda bisa dapatkan asupan serat dari beberapa bahan seperti buah – buahan, sayuran, gandum dan aneka produk kacang – kacangan.

Beberapa jenis buah dan sayur yang termasuk ke dalam kelompok buah tinggi serat dan sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi diantaranya seperti buah apel, pir, pisang, alpukat, kiwi, melon, pepaya dan sejenisnya.

Hentikan kegiatan merokok Anda

Jika Anda merupakan seorang perokok maka Anda harus mulai usahakan untuk segera berhenti merokok. Hal ini karena kegiatan merokok dapat membuat Anda mengalami peningkatan tekanan darah dan hal ini akan merusak pembuluh darah Anda. Karena itu ada baiknya Anda berhenti merokok juga perlu menghindari paparan asap rokok.

Belajarlah mengelola stres yang Anda alami

Stres memang hal yang wajar terjadi. Akan tetapi masalahnya bukan apa yang menjadi penyebab stres itu melanda melainkan bagaimana cara orang yang mengalami stres mengelola dan merespon stresnya. Ketika Anda sedang berada di bawah tekanan maka tubuh akan memproduksi adrenalin yang nantinya membuat jantung Anda bekerja jauh lebih keras karena itu tekanan darah bisa meningkat sebagai salah satu akibatnya. Anda harus berusaha mengelola stres agar hal tersebut tidak terjadi pada diri Anda.

Itulah berbagai macam kebiasaan sehari – hari yang ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan jalankan kebiasaan harian terbaik diatas untuk mencegah penyakit jantung mengintai Anda.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…