Depan Artikel Kesehatan Kenali Dan Waspada Terhadap Anemia Sejak Dini

Kenali Dan Waspada Terhadap Anemia Sejak Dini

3 min read
0
38
Kenali Dan Waspada Terhadap Anemia Sejak Dini

Anemia atau yang sering disebut orang awam dengan sebutan “kurang darah” ini sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup.

Baca juga : Obat Penambah Darah, Kenali Efek Sampingnya

Hal ini kemudian dapat menyebabkan anda tidak mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kekurangan oksigen dalam tubuh akan membuat tubuh anda menjadi mudah lelah. Satu hal yang harus anda tahu bahwa jumlah normal sel darah normal dalam wanita yaitu sekitar 12 gram per desiliter sedangkan untuk lelaki sekitar 15 gram per desiliter. Jika ternyata sel darah anda tidak mencukupi jumlah tersebut, maka bisa dikatakan anda mengalami anemia atau kurang darah. Karena itu sangat penting mengenali anemia sejak dini. Berikut ini kami berikan informasinya lebih lanjut untuk anda!

Penyebab Anemia yang Harus Dikenali

Dilansir dari everydayhealth.com, ada beberapa penyebab dari anemia diantaranya :

Terlalu Banyak Kehilangan Darah

Terlalu banyak kehilangan darah juga bisa menjadi salah satu penyebab anemia. Jika anda terlalu banyak mengeluarkan darah dan tidak mampu mengganti sel darah merah maka kemungkinan anemia akan terjadi pada anda. Hal ini bisa terjadi pada saat anda mengalami menstruasi yang berat atau karena serangan penyakit.

Rendah Produksi Sel Darah Merah

Produksi sel darah merah yang rendah juga bisa menjadi pemicu penyakit anemia. Bahkan jika tidak ada pendarahan, sel darah merah tua akan terus menerus perlu diganti dengan yang baru. Sejumlah faktor dapat juga menjadi penyebab tubuh anda memproduksi sel darah merah terlalu rendah atau sel darah merah kurang dalam hemoglobin yang cukup.

Sementara itu ada juga ciri khusus yang nampak dari penyakit anemia. Salah satu ciri khususnya yaitu mudah merasa lelah dan kurang gairah dalam melakukan sesuatu. Selain itu tubuh juga akan terlihat pucat dan jika anda mengalami luka akan lama mengalami pembekuan darahnya.

Bagaimana? Anda kini semakin tahu bukan tentang anemia? Karena itu senantiasalah konsumsi makanan bergizi untuk memenuhi nutrisi harian anda supaya terbebas dari anemia. Semoga informasi diatas mengenai Penyebab Anemia yang Harus Dikenali bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Masalah Kesehatan Yang Viral Di Akhir Tahun 2019

Seorang perempuan mengaku terserang tumor payudara karena kebiasaan makan mi instal yang t…