Depan Artikel Kesehatan Kenali Permasalahan Jerawat Batu dan Penyebabnya

Kenali Permasalahan Jerawat Batu dan Penyebabnya

17 min read
0
420
Kenali Permasalahan Jerawat Batu dan Penyebabnya

Jerawat menjadi permasalahan utama yang dikhawatirkan perempuan maupun laki-laki. Jerawat sangat mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat tidak bersih. Jika jerawat yang tumbuh di wajah Anda adalah jerawat batu, Anda patut untuk waspada. Jerawat batu jika disentuh sifatnya keras dan ketika Anda tekan, maka di bawah kulit akan merasakan sesuatu yang keras. Jerawat batu juga bisa timbul akibat pemakaian kosmetik.

Baca juga : Jerawat Membandel? Kenali Cara Menghilangkan Jerawat Terampuh

kenapa pemakaian kosmetik bisa menimbulkan jerawat batu? Karena jika seseorang memakai kosmetik ketika berpergian lalu sesampainya ia dirumah, ia tidak segera membersihkan kosmetik di wajahnya maka itulah yang akan menyebabkan pertumbuhan dari jerawat batu , selain alat kosmetik seseorang juga bisa terkena jerawat batu dikarenakan ia mengkonsumsi pil KB, pil KB menyebabkan perubahan imunitas pada tubuh, nah perubahan imunitas yang mendadak pada tubuh itulah yang menjadikan pemicu timbulnya jerawat batu.

Jenis-Jenis Dari Jerawat

Jerawat batu disebut juga jerawat nodulistik, merupakan salah satu jerawat yang sangat parah dan berbahaya. Jerawat ini tumbuh sebagai hasil dari inflamasi kulit. Selain jerawat batu, banyak jerawat jenis lain yang mungkin mucukl pada wajah. Berikut ini adalah jenis-jenis jerawat yang sering menyerang wajah dan bagian tubuh yang lain.

  • Jerawat pustula, jerawat ini adalah salah satu jenis jerawat klasik, jerawat ini bentuknya keras, menyerupai kubah penuh nanah dan meradang. Penyebab utama jerawat pustula ialah hormon.
  • Jerawat juvenis, jerawat ini kebanyakan ditemukan di usia remaja.
  • Jerawat komedo terbuka (blackhead) nah jerawat yang satu ini disebabkan oleh pori-pori tersumbat atau kelenjar keringat.
  • Komedo tertutup (whitehead) jerawat yang satu ini disebabkan oleh akumulasi minyak yang banyak di wajah.
  • Jerawat batu. Jerawat batu juga disebut jerawat nodulistik. Jerawat batu sangat mudah tumbuh di wajah atau kulit wajah yang berminyak dan juga beberapa orang yang mengalami jerawat batu juga mengatakan bahwa ada faktor genetik yang mempengaruhi tumbuh tidaknya jerawat batu mereka. Selain sangat mudah tumbuh di kulit yang berminyak jerawat batu juga akan sering tumbuh dan muncul di sebagian orang yang tingkat ke stressannya tinggi. Anda pasti bertanya apa hubungannya munculnya jerawat batu dengan tingkat stress pada seseorang. Penjelasannya seperti ini jika seseorang tersebut tingkat stressnya sedang tinggi maka secara otomatis akan terjadi penekanan pada wajah dan otot-otot wajah akan menegang yang akhirnya mengakibatkan produksi kelenjar minyak pada wajah meningkat.

Bahaya Apa Saja Yang Disebabkan Oleh Jerawat Batu?

Jerawat batu ialah salah satu jerawat paling bahaya yang harus diwaspadai semua kalangan, kenapa dikatakan jerawat batu adalah salah satu jerawat paling berbahaya karena jika seseorang menderita jerawat batu dan salah cara mengobatinya,  jerawat batu tersebut bisa semakin banyak dan semakin parah. Berikut dibawah ini kami sampaikan apa saja bahaya dari jerawat batu.

  • Jerawat batu bisa menyebabkan iritasi

Jika pada kulit wajah anda sudah muncul jerawat batu mohon dengan sangat jangan ditekan ataupun dipencet jerawat batu tersebut karena jika itu anda lakukan maka dipastikan kulit wajah anda akan terkena iritasi dan bisa menimbulkan luka yang berbekas dan csusah hilang diwajah anda.

  • Jerawat batu membuat wajah terasa perih

Ketika kulit wajah anda sudah dipenuhi oleh jerawat batu, maka anda harus ekstra hati-hati dalam hal cuci muka ataupun memakai krim di wajah. Karena kebanyakan orang yang memiliki jerawat batu di wajahnya akan merasa perih yang luar biasa ketika mereka melakukan hal tersebut. Jangan pernah menyentuh jerawat batu anda dengan tangan kotor, jika anda ingin menyentuh jerawat batu anda maka sebaiknya anda cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu, dikarenakan tangan yang kotor dan jerawat batu adalah pintu masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh. Ketika anda menyentuh jerawat batu lalu anda lupa untuk mencuci tangan anda kembali maka bakteri-bakteri dan kuman itu bisa masuk ke tubuh anda lewat jerawat batu itu.

  • Jerawat batu bisa menular ke area tubuh lainnya

Selain jerawat batu bisa menimbulkan bakteri dan kuman, jerawat batu juga bisa menular ke area kulit yang lain, contohnya saja bis menular ke jerawat punggung, jerawat leher, jerawat di dada dan bagian-bagian tubuh lain.

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan utama pada kulit. Kemunculan jerawat secara langsung mengganggu penampilan si penderitanya. Bahkan pada kasus tertentu, jerawat yang meradang menimbulkan nyeri dan sakit pada wajah. Salah satu jenis jerawat yang terolong parah adalah jerawat batu.

jerawat batu adalah jerawat yang bentuknya lebih besar dari jerawat pada umumnya dan terlihat jelas di bawah permukaan kulit. Jerawat ini biasanya akan terasa sakit jika disentuh. Terksturnya keras, berwarna merah, dan menonjol. jerawat batu membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan, dan biasanya meninggalkan bekas luka parut pada kulit.

jerawat batu terbentuk ketika sumbatan sebum pada kulit wajah bercampur dengan kotoran dan debu. jerawat batu terasa seperti kacang kecil yang tumbuh di bawah kulit. Jerawat ini dikelilingi kulit berwarna merah dan putih. jerawat batu akan terasa nyeri pada wajah dan sakit bila disentuh.

Perbedaan jerawat batu dan Jerawat Kista

Terdapat dua jenis jerawat yang masuk dalam kategori jerawat akut, yakni jerawat batu dan jerawat kista. Dua jenis jerawat ini hampir sama. Sama-sama menonjol di bawah permukaan kulit dan terasa nyeri. Yang membedakan jerawat kista dengan jerawat batu adalah, jerawat kista lebih parah dari jerawat batu. Jerawat kista sudah mengandung cairan yang kadang bernanah dan dapat meletus sewaktu-waktu. jerawat batu yang semakin parah dapat menjadi jerawat kista.

Faktor Penyebab jerawat batu

Jerawat yang sifatnya sudah parah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan munculnya jerawat batu pada wajah.

Faktor Penyebab Jerawat Batu
  1. Penggunaan kosmetik berlebihan

Kosmetik atau make-up akan menutup pori-pori kulit ketika digunakan. Oleh karena itu kulit menjadi sulit bernafas dan tidak mampu mengeluarkan minyak yang dihasilkan oleh kelenjarnya. Minyak ini kemudian tertimbun dan terkumpul menjadi satu di bawah permukaan kulit.

  1. Alergi pada makanan

Alergi pada makanan tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat batu. Alergi makanan menyebabkan peradangan pada kulit hinga memunculkan benjolan merah jika alergi juga menyerang bagian wajah. Luka akibat alergi ini menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu tumbulnya peradangan pada wajah.

  1. Faktor genetik atau keturunan

jerawat batu juga bisa muncul karena karakteristik bawaan pada kulit. Kulit yang cenderung sensitif akan lebih mudah terkena jerawat. Terlebih lagi jika kulit si penderita termasuk jenis kulit berjerawat.

  1. Pengaruh hormon

Hormon juga menjadi salah satu faktor penting penyebab jerawat batu. Khususnya pada wanita, menjelang menstruasi atau pada masa kehamilan, produksi hormon progesteron meningkat sehingga menghasilkan kadar minyak berlebih pada wajah. Hal inilah yang kemudian memicu munculnya jerawat. Jika semakin parah, jerawat ini akan meradang dan menjadi jerawat batu.

  1. Infeksi komedo yang berlebihan

Penumpukan komedo bisa menyebabkan munculnya jerawat batu. Komedo yang semakin lama semakin bertambah akan mendorong lapisan kulit sehingga membentuk benjolan merah pada wajah. Benjolan ini berisi kotoran dari komedo dan mampu menyebabkan peradangan pada wajah.

  1. Kelebihan minyak pada wajah

Jerawat batu akan muncul pada wajah ketika kelenjar minyak pada wajah bercampur dengan folikel rambut wajah hingga membentuk sebum. Sebum yang bercampur dengan kotoran akan membentuk jerawat yang keras dan berwarna merah.

  1. Sering menyentuh jerawat

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat memicu tumbuhnya jerawat batu adalah kebiasaan memencet jerawat. Jerawat kecil yang terus menerus disentuh akan menjadi semakin parah karena bercampur dengan debu dan kotoran yang ada di ujung jari. Jika terus menerus dilakukan akan menyebabkan munculnya jerawat batu.

 

Pencegahan Agar Jerawat Batu Tidak Tambah Besar

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang berukuran besar–besar dan kadang di sertai nanah karena telah terkontaminasi dengan debu menyebabkan jerawat. Jerawat ini kadang bisa meradang dan memperparah kondisi dari kulit wajah. Dampak psikologis akibat jerawat batu ini menimbulkan rasa tidak percaya diri karena jerawat ini tidak bisa di tutupi meskipun telah memakai foundation pada wajah.

Baca juga : Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Berbeda dengan penyebab jerawat pasir, jerawat batu lebih susah untuk di hilangkan karena ukurannya yang besar dan jumlahnya yang banyak tumbuh di kulit wajah. Mencegah memang lebih mudah dari pada mengobati karena itu ada beberapa cara untuk mencegah jerawat batu muncul di kulit wajah antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Kebersihan wajah

Kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah perlu di perhatikan dalam kehidupan sehari–hari. Rata–rata membersihkan wajah dengan sabun pembersih di lakukan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Membersihkan wajah bisa di lakukan dengan tujuan menghilangkan minyak, debu dan kotoran yang melekat pada wajah untuk mencegah timbulnya jerawat batu.Wajah yang bersih juga menjadikan anda tampak lebih sehat, segar dan lebih muda dari usia anda sebenarnya. Karena itu banyak orang yang berlomba–lomba untuk tampil lebih cantik dan rapi dalam menjalankan aktivitas harian mereka.

  1. Perhatikan makanan

Cara untuk mencegah jerawat batu yang kedua adalah faktor makanan. Hampir setiap hari kita membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan banyak kegiatan. Tapi apakah anda termasuk orang yang mementingkan kesehatan ? Jika iya maka ini merupakan salah satu langkah yang baik karena dan sudah melakukan hal yang benar. Namun jika tidak ada baiknya anda mulai memperhatikan makanan yang di konsumsi. Penuhi gizi tubuh akan vitamin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

  1. Make up yang natural

Make up merupakan salah satu benda pribadi yang tidak boleh tertinggal dan dilupakan oleh kaum wanita. Ini bahkan menjadi salah satu alat yang lebih penting dari pada telepon genggam. Sebelum berangkat kerja misalnya anda pasti akan menghiasi wajah anda dengan make up setiap hari. Namun tahukan anda pemakaian make up yang terlalu tebal justru akan menjadikan kulit susah bernafas karena tertutup dengan foundation dan bedak tebal yang anda gunakan.

Jika itu terjadi setiap hari ini bisa menimbulkan jerawat batu pada kulit wajah. Karena itu banyak ahli yang menyarankan untuk menggunakan riasan wajah yang tidak berlebihan sehingga anda masih tampak natural untuk di pandang. Kemudian selain itu kebersihan dari alat-alat make up juga harus di perhatikan. Alat–alat make up harus di cuci tiga kali seminggu agar tetap bersih dan tidak mengganggu kesehatan kulit wajah.

  1. Perhatikan rambut

Rambut adalah mahkota yang indah dan berwarna hitam berkilau. Namun ada beberapa bagian yang harus anda pastika

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balita Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika Balita Mengalami Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya? Banyak orang merasa gemas d…