Depan Artikel Kesehatan Komplikasi diabetes pada wanita yang harus diketahui

Komplikasi diabetes pada wanita yang harus diketahui

4 min read
0
43
Komplikasi diabetes pada wanita yang harus diketahui

Diabetes (diabetes mellitus) dapat terjadi pada siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin, usia. Dibandingkan pria, jumlah wanita dengan diabetes tidak lebih tinggi. Namun, wanita dengan diabetes mengalami masalah khusus yang tidak terlihat pada pria.

Studi terbaru menunjukkan bahwa ada perbedaan dampak diabetes pada wanita dibandingkan pria. Salah satu perbedaan utama adalah bagaimana penyakit ini didiagnosis. Tanda-tanda diabetes pada pria biasanya muncul lebih awal dan lebih mudah dikenali. Pada wanita, tanda-tanda penyakit lebih sulit didiagnosis, risiko komplikasi kesehatan juga lebih tinggi.

Baca juga : Bagaimana diabetes gestational mempengaruhi ibu dan bayi?

Sebuah penelitian terhadap 1.297 pria dan 1.168 wanita dengan diabetes yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases juga menemukan bahwa wanita memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi, tekanan darah tinggi dan kolesterol daripada pria. Selain itu, kadar gula darah pada wanita lebih sulit dikendalikan.

Selain itu, diabetes juga merupakan penyebab utama kegelisahan berikut pada wanita.

  • Penyakit jantung

Secara umum, wanita dengan diabetes menghadapi risiko kardiovaskular lebih tinggi daripada pria. Wanita dengan diabetes dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung koroner dibandingkan pria dengan diabetes.

Pada wanita dengan diabetes, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian. Ketika seorang wanita menderita diabetes, risiko terkena penyakit arteri koroner yang parah adalah 50% lebih tinggi daripada pria dengan diabetes.

  • Masalah endokrin

Banyak wanita dengan diabetes menderita masalah endokrin dan seks oral. Masalah mungkin termasuk mengurangi nafsu makan karena depresi, kelelahan serta rasa sakit ketika kekeringan vagina.

Tidak hanya mempengaruhi emosi, hormon juga dapat mempengaruhi bagaimana wanita mengendalikan diabetes. Tingkat estrogen yang rendah dan perubahan tidur, terutama selama menopause, dapat menyebabkan gula darah berubah dan menjadi lebih sulit dikendalikan.

  • Risiko depresi

Orang dengan diabetes lebih berisiko mengalami depresi daripada orang lain. Dan risiko ini bahkan lebih tinggi jika Anda seorang wanita. Menurut statistik, tingkat depresi pada wanita dua kali lebih tinggi daripada pria, karena perubahan dan tanggung jawab hormon wanita dalam pekerjaan dan kehidupan keluarga.

  • Wanita hamil akan mengalami banyak masalah kesehatan

Apakah Anda menderita diabetes dan berencana untuk hamil? Idealnya, Anda harus ke dokter dulu. Anda perlu rencana untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap aman. Gula darah tinggi, terutama pada tahap awal kehamilan, dapat meningkatkan risiko cacat lahir.

Kadar glukosa darah tinggi juga meningkatkan risiko penyakit kuning neonatal dan hipoglikemia postprandial. Selain itu, wanita hamil dengan gestational diabetes juga memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan kehamilan.

Diabetes dapat sangat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan seorang wanita. Anda harus merencanakan untuk secara aktif mencegah dan mengendalikan penyakit awal: Hilangkan kebiasaan buruk, tingkatkan olahraga, dan gabungkan dengan diet sehat, masuk akal.

Jangan biarkan diabetes memengaruhi hidup Anda, anak Anda atau keluarga Anda. Jadilah proaktif dalam melindungi diri Anda dan keluarga Anda hari ini.

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Ini Dia Trik Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini

Setiap orangtua pasti ingin anaknya sehat. Karena jika anak megalami gangguan kesehatan ak…