Depan artikel asuransi Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Yang Harus Diketahui

6 min read
0
28

Asuransi kecelakaan diri dapat diambil sebagai alternatif proteksi diri dalam kehidupan. Bagi para tulang punggung terutama, bekerja merupakan kewajiban, hingga bahkan jangan sampai terkena sakit.

Dengan berbagai keadaan yang dirasakan, berbagai pekerjaan yang dijalani, resiko kecelakaan kerja tetap akan ada. Di beberapa pekerjaan, pekerja akan diberikan kartu jaminan kesehatan ketenagakerjaan.

Baca juga : Flexi CI Syariah, Manfaat Tambahan Perlindungan Sakit Kritis Yang Paling Flexibel

Bagian lain dari jaminan kesehatan pada saat bekerja adalah asuransi kecelakaan diri. Adanya asuransi kecelakaan diri ini memungkinkan penanggungan biaya kesehatan yang disebabkan karena kecelakaan pada saat anda bekerja. Berbagai kecelakaan pada saat bekerja, dari ringan hingga yang berat, tidak semuanya dapat tercover oleh kartu jaminan kesehatan ketenagakerjaan yang telah didapat, namun pada asuransi kecelakaan diri ini biaya dapat terbayarkan.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

Selain melindungi dari biaya berlebihan akibat pengobatan yang dijalani, adapun manfaat lain yang didapatkan dari asuransi kecelakan diri, antara lain

Rasa aman bagi keluarga

Kecelakaan diri pada pekerja tidak hanya menjadi beban pikiran oleh pekerja tersebut, melainkan keluarganya juga. Ketika pekerja adalah tulang punggung dan mengalami kecelakaan kerja, pemasukan bagi keluarga akan terputus sementara. Dengan adanya asuransi kecelakaan diri ini, keluarga tidak perlu mengeluarkan uang untuk pengobatan tulang punggungnya, sehingga keluarga dapat merasa aman dan mengurus dengan sebaik-baiknya.

Dapat digunakan sebagai jaminan hari tua

Segala asuransi yang berjangka panjang, dapat digunakan sebagai jaminan hari tua. Karena pada saat asuransi masih berjalan, anda masih diperkenankan biaya iuran perbulannya. Iuran ini berlaku layaknya simpanan atau tabungan anda.

Perlindungan terhadap keluarga

Jika kecelakaan yang terjadi berakibat fatal hingga mengakibatkan kematian, keluarga akan kehilangan tulang punggungnya. Hal ini sangat berdampak pada kehidupan finansial keluarga. Saat mempunyai asuransi kecelakaan diri, keluarga akan mendapatkan kompensasi santunan dari pihak asuransi. Besarnya santunan yang diterima oleh keluarga sesuai dengan yang tertera pada perjanjian pertama saat mendaftarkan diri sebagai bagian dari asuransi kecelakaan diri.

Kecelakaan diri pada pekerja yang ditanggung oleh asuransi antara lain kecelakaan dengan resiko kematian atau cacat tetap, yang terjadi karena keraunan gas beracun, virus menular, kuman penyakit hingga mati lemas, dan tenggelam.

Nilai santunan yang diterima oleh keluarga tertanggung asuransi kecelakaan diri sebesar 100%. Sedangkan untuk kecatatan, nilainya tergantung dari bagian tubuh.

Selain manfaatnya, anda juga perlu mengetahui resiko-resiko yang timbul sebagai penyebab kecelakaan yang tidak ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri, antara lain saat pekerja bertindak sebagai pengemudi sepeda motor (ini merupakan bagian dari asuransi kesehatan), bertinji dan berkelahi lainnya, turut serta dalam kejahatan, kecelakaan yang timbul karena penyakit yang kambuh.

Sebelum anda mendaftarkan diri sebagai bagian dari asuransi kecelakaan diri, ada baiknya anda mencermati apa yang ada pada proposal penawaran, terutama pada syarat-syarat resiko terkait sehingga apa yang anda bayangkan akan sejalan dengan apa yang anda terima mengenai asuransi kecelakaan diri tersebut, mendaftar pada layanan asuransi yang resmi dan sudah memiliki record yang baik. Anda akan diminta untuk mengisi identitas anda, termasuk dengan jenis pekerjaan anda, riwayat kesehatan, hobby yang beresiko, dan pendapatan atau gaji untuk menentukan besarnya iuran yang anda bayarkan tiap bulan.

Ketika apa yang tertulis dalam perjanjian tidak sesuai dengan apa yang anda terima, anda dapat memprotes baik melalui agen atau langsung ke perusahaan terkait untuk dilakukan musyawarah.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In artikel asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Akad Tabarru’, Mengatasi Masalah Bersama-sama

Akad tabarru’ yang “dianut” dalam asuransi syariah adalah akad atau perj…