Depan Artikel Kesehatan Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

5 min read
0
997
manfaat donor darah

Salah satu manfaat donor darah melakukan tindakan kemanusiaan yang sangat terpuji. Selain menolong kelangsungan hidup orang lain, ternyata rutin mendonorkan darah juga bermanfaat untuk diri sendiri. jadi anda tidak hanya kehilangan darah anda saja, namun berbagai manfaat yang besar untuk kesehatan diri juga bisa anda dapatkan. Banyak sekali manfaat donor darah yang bisa anda dapatkan. Salah satunya bisa menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat Teh Hijau Sebagai Minuman Kesehatan Herbal

Kadar zat besi dalam tubuh tidak boleh terlalu rendah dan tinggi. Jika terlalu rendah, seseorang akan mudah terserang anemia dan pendarahan. Jika sebaliknya berbagai resiko penyakit berbahaya seperti kerusakan jantung, darah tinggi, dll akan mengintai anda. maka dari itu selain olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi, maksimalkan gaya hidup sehat anda dengan rutin mendonorkan darah. Untuk meyakinkan anda agar tertarik donor darah rutin, berikut beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

Berbagai Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan

  1. Menyeimbangkan kadar zat besi

Banyak penelitian yang menghasilkan bahwa orang yang tidak rutin donor darah akan memiliki kandungan zat besi yang terlalu tinggi. Zat besi memang baik untuk produksi sel darah merah, namun jika terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan. Bahkan ia bisa membahayakan kesehatan jantung. Maka dari itu donor darah sebagai solusi tepat untuk mengatasi kelebihan zat besi.

  1. Mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis

Sebelum melakukan donor, biasanya pendonor akan diperiksa dulu perihal kesehatan tubuhnya. Tes kesehatan ini akan membuat anda mengetahui seberapa sehat anda, dan apakah anda layak menjadi pendonor atau sebaliknya. Hal ini akan membuat kita tahu masalah kesehatan yang ada dalam tubuh, serta mengetahui secara pasti kondisi tubuh yang sehat dan fit.

  1. Mengurangi resiko kanker

Kadar zat besi yang terlalu banyak juga menyebabkan resiko kanker. Kanker ini meliputi, usus besar, paru-paru dan tenggorokan. Maka dari itu rutin donor darah akan menstabilkan kadar zat besi dalam darah. Resiko kanker berbahaya tersebut bisa diatasi secara rutin. Selain itu tekanan darah yang tinggi juga bisa distabilkan dengan donor darah rutin.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Didalam darah terdapat kolesterol. Kolesterol yang meningkat akan menyebabkan pembuluh darah menjadi mengecil. Jika terus terjadi akan membuat tubuh terkena sumbatan pembuluh darah dan akhirnya terjadi masalah jantung dan stroke. Jadi selain olahraga dan rutin makan makanan bergizi, imbangi dengan donor darah rutin untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

  1. Mengontrol tekanan darah

Ketika kita melakukan donor darah, maka volume darah akan lebih seimbang. Volume yang darah yang seimbang inilah yang bisa menurunkan resiko hipertensi. Selain itu dengan volume darah yang seimbang, resiko penyakit jantung dan berbagai gangguan kardiovaskular lainnya bisa dicegah dengan rutin mendonorkan darah anda.

Dengan manfaat donor darah yang sangat melimpah tersebut, maka anda sanat disarankan rutin mendonorkan darah anda setidaknya 3 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tidak Ada Komentar

  1. […] Baca juga : Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Asuransi Syariah Terbaik 2019 Itu ..

Allianz Syariah, Terpilih kembali menjadi Asuransi Syariah Terbaik untuk Kategori Asuransi…