Depan Artikel Kesehatan Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

6 min read
0
327
Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan – Jagung adalah tanaman yang sering ditemukan di Indonesia, selain itu masyarakat juga sangat menggemari jagung sabagai makanan dengan karbohidrat dan zat lainnya yang bagus bagi tubuh.

Baca juga : 9 Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak orang yang ketika ingin mengonsumsi jagung pasti akan membuang rambut yang terdapat pada jagung. Karena rambut jagung dianggap tidak memiliki manfaat. Padahal rambut jagung memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda perlu tahu, bahwa rambut jagung digunakan untuk mengobati berbagai penyakit sebagai ramuan yang telah dipakai selama berabad-abad.

Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

Rambut jagung bisa diolah menjadi teh atau dijadikan kapsul agar mudah dikonsumsi, sudah banyak pabrik farmasi atau obat menggunakan rambut jagung sebagai bahan herbal yang berkhasiat. Nah, berikut ini adalah manfaat rambut jagung bagi kesehatan.

  1. Menurunkan kadar gula bagi pasien diabetes

Kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi dapat menyebabkan diabetes, masalah pada ginjal hingga stroke. Menurut sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal Nutrition and Metabolism pada tahun 2009, rambut jagung ternyata dapat menurunakan kadar gula darah.

Penelitian tersebut ternyata menunjukkan hasil bahwa rambut jagung dapat membantu meningkatkan kadar insulin bagi penderita diabetes dan juga dapat memperbaiki sel yang rusak pada organ pankreas, karena pankreas adalah tempat dimana insulin diproduksi. namun bila Anda sedang dalam masa pengobatan dan perawatan diabetes, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba penggunaan rambut jagung. Pasalnya, kadar gula dalam tubuh Anda bisa saja turun terlalu rendah atau Anda akan disarankan produk dengan bahan rambut jagung tertentu.

  1. Membantu detoksifikasi tubuh

Antioksidan yang terdapat dalam rambut jagung juga bisa merangsang penghapusan racun yang mengendap dalam tubuh. Tentunya hal ini dapat mengurangi kerja hati dadalam ekskresi zat beracun yang ada pada tubuh Anda sehingga mampu mengoptimalkan fungsi ekskresi dan penurunan risiko perlemakan hati.

  1. Melindungi saluran kemih

Rambut jagung memiliki sifat antiseptik dan diuretik yang mampu mencegah terjadinya infeksi yang dapat mempengaruhi saluran kemih. Saat Anda mengonsumsi teh dari rambut jagung akan membantu Anda mengurangi peradangan, mencegah iritasi, dan juga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri. Hal ini dapat mencegah Anda terkena penyakit prostat dan bagi wanita juga bisa mencegah penyakit pada daerah reproduksi karena dapat mence satygah bakteri jahat pada bagian vagina.

  1. Mengatasi nyeri sendi

Adanya sifat anti-inflamasi dan sifat basa yang berasal dari bahan organik ini sangat baik dalam mengatasi nyeri sendi. Teh dari rambut jagung mampu mengurangi tingkat keasaman tubuh, dan dapat mengurangi kemungkinn aterjadinya reaksi inflamasi.

Teh dari bahan dasar rambut jagung ini merupakan cara yang paling dianjurkan untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh dan menjadi minuman keluarga.

Caranya mudah Anda perlu siapkan 3 sendok makan rambut jagung sebanyak 30 g dan 1 liter air. Kemudian rebus air hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan rambut jagung. Diamkan selama dua menit, lalu angkat dan saring airnya. Tunggu hingga dingin dan minum 3 hingga 4 kali dalam sehari. Anda bisa menambahkan gula atau madu kedalamnya sesuai selera untuk menghilangkan rasa pahit.

Wanita yang sedang mengandung dan orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya jangan minum teh rambut jagung. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mencobanya.

Itu dia adalah manfaat dari rambut jagung yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh, Anda bisa memanfaatkannya jika Anda ingin mengobati masalah kesehatan seperti diatas yang bisa ditangani rambut jagung yang ditambahkan beberapa bahan tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…