Depan Artikel Kesehatan Membersihkan Paru-Paru Dengan Makanan Dan Minuman Ini

Membersihkan Paru-Paru Dengan Makanan Dan Minuman Ini

6 min read
0
625
Makanan Dan Minuman Untuk Membersihkan Paru-Paru

Membersihkan paru-paru itu sangat mudah. Tubuh akan sehat jika kita memiliki organ-organ yang sehat. Itu sebabnya, kita wajib menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Salah satu organ yang cukup vital adalah paru-paru, karena fungsinya mengatur sirkulasi udara.

Baca juga : Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini

Ada banyak cara menjaga agar paru-paru tetap sehat. Menghindari asap rokok, menggunakan masker saat berkendara atau di area berpolusi tinggi, makan-makanan sehat, dan rutin berolahraga, bisa dilakukan agar paru-paru Anda tetap sehat. Nah, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman berikut untuk membersihkan paru-paru dan menjaganya tetap sehat.

Langsung simak ulasan berikut.

Makanan Dan Minuman Untuk Membersihkan Paru-Paru

  1. Bawang putih

Pada bawang putih terdapat kandungan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan gangguan yang berhubungan dengan kesehatan organ paru-paru. Misalnya untuk mengobati radang tenggorokan, batuk berdahak serta membantu mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan atau ISPA, kemudian sesak nafas atau asma, pneumonia juga bronkitis. Jadi jika Anda mengolah masakan jangan ragu menambahkan bawang putih kedalamnya.

  1. Jahe

Jahe sangat dikenal masyarakat sebagai bahan masakan atau minuman yang dapat mengahangatkan tubuh dan menjaga dari masuk angin. Nah tahukah Anda ternyata jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membersihkan paru-paru dari lendir saat Anda batuk dan memulihkan batuk tersebut. Caranya minum air rebusan jahe ditambah madu dan minumlah setiap hari 2 kali hingga batuk berlendir Anda sembuh.

  1. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat kunyit? Ternyata di dalamnya terdapat senyawa kurkumin yang berfungsi untuk menghancurkan sel-sel kanker, termasuk mencegah sel kanker paru-paru yang bisa terjadi karena asap rokok dan polusi udara.

  1. Cabai

Sedikit dari kita yang tahu manfaat cabai untuk kesehatan, ternyata cabai sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru juga. Cabai mengandung suatu zat senyawa capsaicin yang dapat merangsang selaput lendir juga berfungsi melindungi paru-paru dari kotoran atau partikel yang masuk ke tubuh kita dengan menciptakan penghalang dan menyaring kotoran dan partikel tersebut, sehingga paru-paru akan sehat.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kol, brokoli, dan sebagainya memiliki kandungan klorofil dan antioksidan yang dapat mencegah dan mengurangi terjadinya pembelahan sel kanker paru-paru, jadi biasakan makan sayuran hijau ya dengan mengolahnya secara tepat agar tidak hilang zat klorofil tersebut yang sangat bermanfaat.

  1. Delima

Ternyata buah delima kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa asam ellagic yang dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan tumor pada paru-paru.

  1. Apel

Buah Apel juga mengandung beta-carotene yang sama dengan wortel, zat flavonoid, serta vitamin C dan E, yang dapat membantu paru-paru agar terhindar dari serangan radikal bebas yang berasal dari  asap rokok dan polusi udara.

  1. Jeruk keprok

Konsumsilah jeruk keprok karena mengandung senyawa flavonoid yang dapat menghambat aktivasi enzim yang menyebabkan penyakit berbahaya yakni kanker paru-paru. Disamping itu, berfungsi untuk membersihkan paru-paru setelah seseorang berhenti merokok.

  1. Wortel

Ternyata selain  bagus untuk kesehatan mata Anda, wortel juga baik untuk kesehatan paru-paru. Krena terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, zat lycopene, serta vitamin A dan C yang baik untuk kekebalan tubuh, dapat membantu paru-paru terhindar dari radikal bebas akibat asap rokok dan polusi udara, sehingga paru-paru akan sehat.

  1. Air putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari karena air putih sangat penting untuk menjaga aliran darah agar dapat mengalir lancar ke paru-paru. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk mengalirkan lendir pada tenggorokan yang bisa mengganggu fungsi kerja paru-paru, serta menghindarkan paru-paru dari dehidrasi.

Demikian ulasan makanan dan minuman yang dapat membersihkan paru-paru, jika Anda ingin sehat, silahkan mencoba ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tanda, Gejala dan Penyebab Polio

Polio dalam sejarah telah dibagi menjadi beberapa kategori, terutama tergantung pada bagia…