Depan Artikel Kesehatan Mengatasi nyeri punggung sebelum tidur

Mengatasi nyeri punggung sebelum tidur

5 min read
0
0
147
4 latihan untuk mengatasi nyeri punggung sebelum tidur1

Mengatasi nyeri punggung dapat dilakukan dengan melakukan beberapa latihan rutin. Bila tidur tidak cukup, orang sering frustrasi tanpa sebab, pekerjaan stagnan dan penglihatan menjadi tidak jelas. Stres, kelelahan, mengemudi terlalu lama atau duduk di depan layar komputer membuat otot punggung terasa keras, sehingga sangat sulit untuk rileks untuk tidur.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Penyebabnya

Itulah sebabnya kita sering khawatir berjam-jam tidur nyenyak dan bermimpi. Namun, mulai sekarang Anda mungkin tidak perlu khawatir lagi karena 4 latihan berikut akan membantu Anda menyingkirkan nyeri punggung, tidur lebih cepat dan lebih nyenak.

Terutama Anda bisa melakukannya di tempat tidur dan siapapun bisa melakukannya kapan saja. Silakan simak tipsnya dibawah ini!

4 latihan untuk mengatasi nyeri punggung sebelum tidur

  1. Pose Pawanmuktasana

4 latihan untuk mengatasi nyeri punggung sebelum tidur1

Pawanmuktasana, juga disebut postur relaksasi, membantu seluruh tulang punggung untuk rileks, terutama punggung bawah dan paha hanya dalam satu menit. Selain itu, latihan yoga ini akan membantu mengatur aktivitas usus (seperti namanya), jadi sangat berguna di pagi hari.

Cara melakukan :

  • Berbaring telentang.
  • Lipat lutut Anda.
  • Bernapaslah secara dalam dengan memeluk lutut Anda.
  • Buang napas, pegang lutut Anda melawan perut Anda.
  • Tarik napas dalam-dalam. Saat dihirup, kaki menjauh dari perut. Saat dihembuskan, lutut menekuk ke arah perut. Lakukan gerakan ini dalam 8-10 nafas, berlangsung sekitar 1 menit.
  1. Gantungkan kaki di dinding

Latihan ini membantu Anda untuk mengendurkan kaki dan punggung Anda, dada untuk sepenuhnya menyerap oksigen ke paru-paru sebelum tidur.

Cara melakukan :

  • Letakan bantal di dekat dinding atau diletakkan di bagian bawah tempat tidur.
  • Berbaringlah di atas bantal, letakkan pantat Anda di dinding dan angkat kaki ke dinding.
  • Sambil membentangkan kedua lengannya lebar-lebar, dadanya melebar. Tenang dan bernafas secara teratur. Tahan selama 1-2 menit, lalu turunkan kaki Anda.
  1. Dampak pada otot tulang belakang

4 latihan untuk mengatasi nyeri punggung sebelum tidur3

Latihan ini membantu rileks punggung, mempengaruhi otot yang berada di bawah permukaan tulang belakang. Ada dua langkah:

Langkah 1:

  • Berbaring telentang, letakkan dua syal di bawah pinggang dan leher Anda.
  • Kaki dari sisi ke sisi, berbaring santai senyaman mungkin. Pada saat yang sama, kocok kepala Anda ke kiri dan ke kanan tanpa menekuk leher dan punggung Anda.
  • Cobalah untuk rileks sepenuhnya dan rasakan getaran sepanjang tulang belakang. Lakukan latihan ini dalam waktu 1 menit.

Langkah 2:

  • Peregangan, lengan terlipat di sepanjang sisi, kaki terbentang dengan nyaman di tempat tidur dan meletakkan bantal atau handuk di bawah dahi.
  • Ayunkan kaki Anda, rasakan gelombang bergerak di sepanjang tubuh Anda. Lakukan latihan dalam waktu 1 menit.

       4. Sikap santai (Shavasana)

4 latihan untuk mengatasi nyeri punggung sebelum tidur4

Lakukan latihan ini sebelum tidur akan membantu Anda tidur nyenyak.

Cara melakukannya:

Berbaring telentang, kaki terbentang di atas bahu, telapak tangan menghadap ke sisi tubuh. Letakkan handuk lipat atau bantalan lutut di bawah kepala dan leher.

Rilekskan tubuh dari bawah ke atas, mulai dengan jari kaki dan terakhir kepala. Buat 20 kali napas, perlahan tarik napas dan buang napas, lalu hirup napas sesuka Anda.

Biarkan tubuh rileks serasa terbang. Lambat laun Anda akan melihat dunia menghilang dan seluruh tubuh benar-benar rileks. Sekarang tutup dan tidurlah.

Dengan hanya 4 latihan untuk mengatasi nyeri punggung sebelum tidur, tubuh Anda bisa diregangkan dengan nyaman, gejala nyeri punggung juga berangsur-angsur berkurang. Anda akan tidur lebih nyenyak dan lebih dalam, sementara sistem kekebalan tubuh diperkuat dan tulangnya diremajakan. Jangan lupa berlatih setiap hari!

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah 3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Setiap orang pasti sudah tahu bahwa risiko hidup seperti kecelakaan, sakit kritis dan meni…