Depan Artikel Kesehatan Cara mengetahui kondisi kesehatan Anda melalui bau pada tubuh

Cara mengetahui kondisi kesehatan Anda melalui bau pada tubuh

5 min read
0
0
61
Cara mengetahui kondisi kesehatan Anda melalui bau pada tubuh

Mengetahui kondisi kesehatan dapat dilakukan melalui indra penciuman dengan mempelajari aroma atau bau tubuh. Bau bagian tubuh bersifat individu, terdiri dari berbagai senyawa dan bervariasi menurut umur, jenis kelamin, diet, aktivitas seksual, metabolisme. Bila Anda mengalami beberapa masalah kesehatan, tubuh juga akan memancarkan bau aneh sebagai sinyal peringatan bagi Anda.

Baca juga : Bahaya mandi air panas yang harus Anda ketahui

Berikut adalah beberapa jenis bau badan untuk mengingatkan Anda terhadap kesehatan Anda, waspadalah sejak dini untuk mencegahnya lebih awal.

Cara mengetahui kondisi kesehatan Anda melalui bau pada tubuh

Banyak orang yang sombong dan gembira akan hal itu, karena menurut mereka bau buah yang wangi dan tidak mempengaruhi apapun. Sebenarnya, bukan karena nafas memiliki bau buah, yang memperingatkan tubuh Anda mungkin menderita diabetes, karena bila tubuh Anda tidak dapat memproduksi insulin, sel tidak akan mendapatkan jumlah gula yang mereka butuhkan. lakukan energi Tubuh akan mengkompensasi kekurangan itu dengan membakar lemak. Proses pembakaran lemak menghasilkan keton, yang menumpuk di dalam darah dan air kencing Anda. Konsentrasi keton tinggi sering menyebabkan bau mulut. Inilah salah satu cara mengetahui kondisi kesehatan lewat bau tubuh.

  • Infeksi jamur menyebabkan kaki mengeluarkan bau busuk

Jika bau kaki tampak disertai gejala seperti terik, kulit kering dan banyak kemerahan, Anda mungkin menderita jamur kaki. Jamur ini menembus lapisan stratum korneum pada permukaan kulit dengan mensekresi enzim keratinase yang mampu memakan tanduk. Selain itu, zat ini mengandung zat yang menghambat respon kekebalan tubuh dan mengurangi produksi sel-sel horny, yang mengakibatkan infeksi kronis.

Jika Anda tidak hati-hati dan menyentuh jamur di area lain di tubuh, jamur kaki kemudian bisa menyebar dan menyebabkan kulit menjadi terinfeksi.

Kasus terburuknya adalah Anda mungkin menderita selulitis, yaitu infeksi fokal atau diffuse yang disebabkan oleh infeksi akut, subakut, atau kronis pada jaringan ikat pada kulit.

  • Bau tubuh adalah gejala intoleransi laktosa

Terkadang bau tak sedap dari tubuh juga merupakan tanda peringatan bahwa tubuh Anda tidak mentolerir cukup laktosa untuk menyerap tubuh. Hal ini bisa dipakai untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Bila tubuh tidak menghasilkan enzim laktase yang cukup, ia tidak bisa mencerna laktosa dalam susu dan makanan lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kotoran yang mengerikan, serta perut kembung dan buang air kecil ekstrem.

  • Bau urin

Air kencing biasanya memiliki sedikit bau, tapi jika Anda tiba-tiba mencium bau urin, urine berwarna gelap, Anda mungkin terkena ISK. Penyakit ini terjadi setelah bakteri, paling sering E.coli, masuk uretra dan saluran kemih, lalu kalikan kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

Dan, sama seperti dengan keringat atau napas Anda, jika urin Anda memiliki bau buah, periksa kadar glukosa darah Anda karena ini mungkin merupakan tanda diabetes.

  • Bau mulut adalah tanda apnea

Jika nafas Anda berbau tidak sedap bahkan jika Anda selalu menyikat gigi, Anda mungkin menderita sleep apnea. Sleep apnea bisa menyebabkan bernafas lewat mulut di malam hari. Hal ini bisa menyebabkan mulut kering, yang merupakan penyebab bau mulut.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sayuran Terbaik untuk Diet yang Menakjubkan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sayuran terbaik untuk diet. Mempunyai tub…