Depan Artikel Kesehatan Cara Menghilangkan Gatal Mengganggu pada Kulit

Cara Menghilangkan Gatal Mengganggu pada Kulit

11 min read
0
210
Cara Menghilangkan Gatal Mengganggu pada Kulit

Bagi Anda yang sering menderita gatal-gatal, maka simaklah artikel berikut ini yang mengupas tentang cara menghilangkan gatal pada kulit secara alami. Walaupun kelihatannya sepele, namun menderita gatal-gatal tentunya sangat mengganggu. Anda tentunya merasa tidak nyaman dalam menjalani aktifitas Anda sehari-hari dengan disertai gatal-gatal. Tentunya hal ini akan menurunkan rasa percaya diri bahkan dapat berdampak pada penurunan produktifitas kerja.

Menderita gatal juga dapat menyebabkan seseorang susah tidur, sehingga istirahat pun jadi terganggu karenanya. Penyakit gatal dapat terjadi di area tertentu saja, tetapi dapat pula terjadi di seluruh badan. Gatal biasanya akan semakin terasa jika bercampur keringat atau kotoran.

Baca juga : Obat Alami Untuk Mengatasi Selangkangan Gatal Dan Hitam

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan gatal pada kulit. Faktor yang paling sering biasanya akibat kontaminasi kuman atau mikroorganisme yang mengiritasi kulit. Masuknya kuman tersebut dapat melalui berbagai cara antara lain melalui debu atau kotoran yang menempel di kulit, pakaian yang tidak bersih, area kulit yang lembab, kualitas air yang kurang baik, atau kurangnya membersihkan badan terutama di area-area yang mudah berkeringat, seperti selangkangan dan ketiak.

Selain itu gatal juga dapat disebabkan akibat alergi terhadap makanan tertentu, paparan zat kimia, gigitan serangga, perubahan lingkungan dan cuaca yang ekstrim, maupun faktor hormonal. Bahkan stres pun juga dapat memicu terjadinya gatal-gatal.

Berbagai Cara Menghilangkan Gatal yang Ampuh

Untuk menghilangkan gatal pada kulit, sebenarnya banyak obat modern yang tersedia di toko obat atau apotik. Namun jika Anda salah memilihnya, justru dapat menyebabkan gatal bertambah parah atau menimbulkan efek samping tertentu. Oleh karena itu jika ingin mengobati gatal dengan obat kimia, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Selain dengan obat kimia, Anda juga dapat menyembuhkan gatal dengan bahan-bahan yang alami. Selain murah dan mudah ditemukan di sekitar kita, obat-obatan tersebut aman digunakan tanpa menimbulkan efek samping dan tentunya cukup ampuh untuk membasmi gatal. Berbagai cara menghilangkan gatal pada kulit secara alami antara lain sebagai berikut:

1. Daun salam

Cara menghilangkan gatal secara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan daun salam. Daun yang sehari-hari digunakan sebagai bumbu atau peyedap rasa pada masakan ini ternyata dapat digunakan sebagai obat gatal yang ampuh. Caranya yaitu siapkan sekitar 10 lembar daun salam segar dan cuci sampai bersih. Lalu haluskan daun salam dengan cara ditumbuk atau diblender, campurkan air secukupnya. Setelah Lalu oleskan daun salam yang telah dihaluskan tersebut pada area kulit yang menderita gatal. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan serta kecantikan kulit dan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Cara menghilangkan gatal dengan menggunakan lidah buaya yaitu siapkan satu batang lidah buaya, cuci sampai bersih lalu dibelah menjadi 2 bagian. Setelah dibelah, maka di dalam batang lidah buaya akan keluar semacam lendir atau gel. Gel ini lah yang berkhasiat untuk menghilangkan gatal. Oleskan gel lidah buaya ini pada kulit yang gatal dan lakukan secara rutin

3. Jahe

Jahe merupakan tanaman obat yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan termasuk salah satunya yaitu untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Cara menghilangkan gatal menggunakan jahe yaitu siapkan 1 rimpang jahe, cuci sampai bersih, masukkan ke dalam panci berisi 3 gelas air. Lalu tambahkan ke dalam panci tersebut cuka sebanyak 60 cc dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minumlah ramuan ini secara teratur maka gatal-gatal yang Anda derita akan segera sembuh.

4. Daun mahkota dewa

Daun mahkota juga merupakan tanaman herbal yang kaya akan khasiat termasuk untuk menyembuhkan gatal-gatal. Caranya yaitu siapkan beberapa lembar daun mahkota dewa dan cuci sampai bersih. Lalu haluskan daun mahkota dewa tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah halus, oleskan pada kulit yang menderita gatal. Lakukan secara teratur 3 kali dalam sehari.

5. Daun biduri

Cara menghilangkan gatal yang berikutnya yaitu dengan menggunakan daun biduri. Siapkan beberapa daun biduri yang masih segar dan cuci sampai bersih. Tempatkan dalam suatu wadah dan campurkan minyak kelapa secukupnya. Panaskan bahan tersebut pada kompor selama beberapa saat. Lalu angkat, dan tempelkan ramuan tersebut selagi hangat pada kulit yang gatal.

6. Cuka apel

Cuka apel juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Kandungan zat dalam cuka apel mempunyai khasiat untuk membunuh bakteri atau kuman penyakit penyebab gatal. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meneteskan cuka apel pada area kulit yang gatal, diamkan selama beberapa saat, dan lakukan secara rutin.

7. Timun

Timun yang terkenal khasiatnya sebagai penurun tekanan darah ini ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan gatal. Cara menghilangkan gatal menggunakan timun yaitu siapkan saru buah timun, cuci sampai bersih, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian oleskan timun yang sudah dihaluskan tersebut pada kulit yang menderita gatal, diamkan selama beberapa saat, dan terakhir cuci dengan air bersih.

8. Daun kemangi

Anda juga dapat mengobati gatal-gatal pada kulit dengan daun kemangi. Daun yang baunya harum ini mengandung zat yang bernama thymol yang berkhasiat untuk menyembuhkan gatal. Cara menghilangkan gatal menggunakan daun kemangi yaitu petik daun kemangi yang masih segar secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu ditumbuk/dihaluskan. Gosokkan daun kemangi yang sudah dihaluskan tersebut pada kulit yang gatal dan lakukan secara rutin.

Tips-Tips untuk Mempercepat Menghilangkan Gatal

Di samping menggunakan berbagai cara menghilangkan gatal pada kulit secara alami yang telah dipaparkan di atas, Anda juga dapat melakukan berbagai langkah untuk mempercepat kesembuhan penyakit gatal yang Anda derita. Langkah tersebut antara lain yaitu dengan menaburkan bedak pada area yang menderita gatal dengan tujuan untuk menurunkan produksi keringat.

Selain itu Anda juga dapat mengompres bagian tubuh yang gatal dengan menggunakan air dingin/air es. Jika gatal yang Anda alami karena gigitan serangga, maka Anda dapat mengoleskan balsem untuk meredakannya. Sebaiknya hindari pakaian yang terlalu ketat, pakailah pakaian yang cukup longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Dan yang tidak kalah penting untuk mencegah sekaligus mengatasi gatal-gatal pada kulit yaitu dengan menjaga kebersihan personal dan lingkungan. Selalu bersihkan seluruh badan Anda secara rutin minimal 2 kali sehari yaitu dengan mandi menggunakan sabun anti kuman dan air yang bersih. Gunakan selalu pakaian dan handuk yang bersih, dan hindari pemakaian bergantian dengan orang lain.

Sebaiknya hindari berada terlalu lama di tempat-tempat yang terlalu panas karena memicu produksi keringat berlebih. Anda juga harus berhati-hati dengan jenis makanan tertentu yang mungkin dapat memicu alergi pada tubuh Anda sehingga menimbulkan gatal-gatal. Jika gatal yang Anda derita tidak kunjung sembuh dan bahkan bertambah parah, maka sebaiknya periksakan ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seir…