Depan Artikel Kesehatan Cara mengobati batuk pada anak tanpa antibiotik

Cara mengobati batuk pada anak tanpa antibiotik

6 min read
0
0
165
Cara mengobati batuk pada anak tanpa antibiotik

Mengobati batuk tanpa antibiotik pada anak bisa dilakukan dengan bahan – bahan yang mudah ditemui dirumah. Bila cuaca muda dikaitkan dengan penyakit pernafasan, yang paling umum adalah batuk. Terutama dalam konteks meningkatnya pencemaran lingkungan, penyakit ini diperparah.

Baca juga : Menyembuhkan batuk di rumah dengan 4 Cara bahan alami

Saat ini, batuk pada anak adalah kelompok atau antibiotik obat yang paling banyak disalahgunakan dalam pengobatan. Ini tidak baik untuk kesehatan anak dan juga bisa menyebabkan resistensi antibiotik nantinya.

Cara mengobati batuk pada anak tanpa antibiotik

Berikut adalah beberapa obat batuk yang efektif yang bisa diterapkan orang tua terhadap anak tanpa menggunakan antibiotik.

  1. Mengobati batuk dengan selada

Cuci, parut segenggam daun selada dan aduk rata dengan semangkuk air di atas nasi. Tuangkan campuran ke dalam panci kecil air mendidih selama sekitar 20 menit. Kemudian saring air agar anak minum.

  1. Blueberry

Blueberry adalah buah hangat yang berfungsi sebagai sputum, yang sering digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan dan pernafasan.

Gunakan 2, 3 blueberry, dicuci, buang seluruh cangkang dan biji. Kemudian beri 3, 4 sendok makan gula atau madu murni dicampur dengan minyak lavender dan dikukus sampai matang, sekitar 30 menit. Ambil airnya untuk mendinginkan tubuh anak, diminum di siang hari, setiap kali sekitar 2-3 sendok makan.

  1. Cara mengobati batuk dengan jus lemon

4 lemon + 4 – 5 blueberry dicuci lalu digiling menggunakan blender. tambahkan jumlah gula secukupnya dan rebus dalam waktu sekitar 20 menit. Saring airnya, minumkan pada anak Anda 1 sampai 2 kali sehari sampai ia batuk.

  1. Pir dan buah berry

Pilih pir segar, beri segar. Gunakan pisau untuk mengelupas dan memotong buahnya, buang bijinya dan masukkan gula 2-3 sendok. Setelah itu, tambahkan air dan diamkan sampai sekitar 30 menit.

Berikan campuran ini pada anak Anda dua kali sehari sampai batuk hilang.

  1. Mengobati batuk dengan lobak putih

Lobak putih dengan rasa manis, baik untuk pencernaan dan bermanfaat untuk detoksifikasi. Anda bisa merebus atau memasaknya untuk dimakan anak Anda untuk mengobati batuk.

Bila anak Anda batuk, hidung kering, sakit tenggorokan, batuk kering, batuk berdahak, ibu bisa menerapkan perawatan ini. Gunakan 4, 5 irisan lobak putih dan semangkuk air pada panci, rebus selama sekitar 5, 10 menit dengan api kecil. Lalu, ambil airnya untuk diminumkan pada anak-anak saat hangat.

  1. Jahe

Siapkan jahe, bersihkan, kupas dan iris jahe. Masukan jahe kedalam panci air, tambahkan sedikit madu dan rebus sekitar 15 menit. Saring airnya, minumkan minuman ini pada anak 3 kali sehari, setiap kali minum 2-3 sendok teh.

  1. Kelopak mawar

Gunakan kelopak mawar yang bersih dicampur dengan gula tawas secukupnya, tambahkan sedikit air dan rebus. Gunakan 1 sdt untuk diminumkan pada anak, 3 sampai 4 kali sehari.

  1. Pengobatan batuk dengan bawang putih

Ini cukup efektif tidak hanya untuk anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Bisa diproses dengan cara berikut.

  • Bawang putih dan madu

2 siung bawang putih dilumatkan dicampur dengan 2 sendok teh madu lalu tambahkan air mendidih. Dengan cara ini, minum campurannya 1/2 sendok teh, dan gunakan 1-2 kali sehari. Berikan air minum bayi sebelum minum campuran ini.

  • Bawang putih dan gula tawas

Siapkan 2-3 siung bawang putih yang telah dihaluskan + 1 tawas gula, setengah mangkuk air, rebus campuran semua bahan ini sekitar 15 menit. Ketika air menjadi hangat siapkan air rebusan pada gelas untuk diminum, gunakan 2-3 kali sehari.

  1. Mengobati batuk dengan daun bawang dan madu

Daun bawang dicincang dan tambahkan sedikit madu lalu masukan kedalam gelas, tambahkan air hangat dan minumkan pada anak-anak, setiap kali minum 2-3 sendok makan dan gunakan 2 kali / hari.

  1. Mengobati batuk dengan kunyit segar

Kunyit segar dihaluskan ditambah dengan sekitar 6 gula tawas, lalu tambahkan air dan direbus sekitar 10 menit. Setiap kali anak menggunakan, gunakan 1/2 sendok teh, diminum 3 kali sehari sampai batuknya hilang.

Catatan: Dengan pengobatan tradisional diatas, yang terdapat komposisi madu. Tidak digunakan untuk anak di bawah 1 tahun.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Inilah 3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Setiap orang pasti sudah tahu bahwa risiko hidup seperti kecelakaan, sakit kritis dan meni…