Depan Artikel Kesehatan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

33 min read
0
58

Meningkatkan daya tahan tubuh secara alami harus diketahui oleh masyarakat pada umumnya agar bisa memelihara kebugaran tubuh. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa nyaman dalam menjalani aktivitas harian. Selain itu dengan meningkatkan daya tahan tubuh, maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Hal ini bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terbebas dari serangan penyakit.

Baca juga : Gaya Hidup Sehat untuk Tingkatkan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Apalagi di zaman sekarang ini banyak sekali virus dan bakteri yang mampu menyerang jika tubuh tidak memiliki daya tubuh yang bagus. Selain itu cuaca buruk yang seringkali berubah-ubah bisa membuat tubuh menjadi rentan dan sangat mudah merasa lelah, letih dan juga lesu. Untuk itu Anda perlu memperhatikan cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami agar bisa merawat tubuh dengan lebih optimal.

Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh / Sistem Imun tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa upaya secara rutin agar kesehatan tetap terjaga. Upaya pemeliharaan tubuh harus dilakukan secara terus menerus karena kesehatan terganggu akibat serangan virus yang sudah lama mengikis daya tahan tubuh. Berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Minum air putih

Minum air putih yang cukup setiap hari bisa membantu melancarkan peredaran oksigen ke otak. Hal ini bisa membuat Anda akan terasa lebih bugar dan memiliki fokus yang baik. Selain itu air putih juga memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Disarankan bagi Anda minimal minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas.

Air putih bisa membantu Anda untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terjangkit penyakit. Tubuh yang sehat akan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

  1. Menjaga kebersihan badan

Seperti kata pepatah bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman. Untuk itu disarankan agar menjaga kebersihan tubuh setiap harinya. Membersihkan tubuh memiliki peranan yang penting karena setelah seharian beraktivitas maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat.

Belum lagi jika Anda berada di luar rumah, maka akan terpapar sinar matahari dan juga polusi. Jika debu yang mengendap di tubuh Anda tidak segera dibersihkan, maka bisa menimbulkan berbagai bakteri yang mampu menyerang kesehatan tubuh. Itulah mengapa kebersihan tubuh harus selalu dijaga.

  1. Kurangi kebiasaan merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan lain sebagainya bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan bisa membuat fungsi organ tubuh Anda menjadi menurun. Hal ini bisa membuat Anda terserang berbagai macam penyakit, karena beberapa kebiasaan buruk lama kelamaan akan merusak organ tubuh.

Untuk itu berusahalah untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Hal ini bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tetap prima. Anda bisa memulainya dengan membatasi terlebih dahulu kemudian lama kelamaan menghilangkannya.

  1. Lakukan penghijauan dengan menanam beberapa tanaman di rumah

Tanaman mampu menghasilkan oksigen sehingga bisa membuat suasana ruangan atau rumah menjadi lebih asri dan sehat. Tanaman akan membantu Anda memelihara sirkulasi udara dengan baik. Jika sirkulasi udara terjaga, maka tubuh pun akan ikut terjaga kesehatannya.

Hal ini akan berbanding lurus dengan daya tahan tubuh. Cara ini cukup alami karena Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk bisa menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa menanam beberapa pohon di pekarangan ataupun menaruhnya di pot kecil untuk diletakkan pada ruangan.

  1. Perbanyak makan buah

Serat mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk itu sebaiknya Anda makan banyak buah agar kebutuhan vitamin dalam tubuh akan terus terjaga. Setiap buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda sehingga Anda perlu menyeimbangkannya. Jika kebutuhan gizi terus terpenuhi, maka tubuh akan tetap bugar.

Selain itu beberapa buah juga mampu melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Sehingga Anda bisa merasakan dua manfaat sekaligus, yaitu untuk kesehatan dan untuk kecantikan. Kedua hal ini akan menunjang hidup Anda.

  1. Sering tersenyum

Senyum merupakan obat alami yang bisa membuat hati orang menjadi lega dan lebih tenang. Anda bisa berkumpul bersama keluarga atau orang-orang terdekat untuk saling berbagi pikiran ataupun bercanda gurau. Untuk itu ketika Anda mengalami stres sebaiknya ceritakan dengan orang yang dipercayai.

Jika Anda mengeluarkan seluruh beban yang dihati maka akan menjadi lega dan pikiran pun bisa memikirkan solusi yang tepat untuk masalah yang sedang Anda hadapi. Dengan begitu maka Anda bisa menjalani hidup yang lebih bermakna.

  1. Atur waktu tidur dengan baik

Pola tidur yang cukup dan sesuai akan menunjang kesehatan tubuh Anda. Sering begadang justru bisa membuat Anda mengalami berbagai gangguan tidur seperti cemas, insomnia dan lain sebagainya. Selain itu, jika Anda tidur semakin malam maka perut akan kembali lapar dan membuat Anda ngemil.

Kebiasaan inilah yang tidak baik untuk tubuh, karena saat tubuh harusnya membakar kalori malah Anda gunakan untuk tubuh. Hal ini akan menyebabkan penumpukan lemak. Untuk menjaga daya tahan tubuh sebaiknya Anda juga menjaga pola tidur dengan baik.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan kalengan

Makanan kalengan biasanya akan menggunakan bahan pengawet sehingga awet jika disimpan. Kandungan kimia pada bahan pengawet tidak diketahui komposisinya secara jelas. Bisa saja mengandung bahan yang membahayakan untuk tubuh. Untuk itu cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan kalengan.

Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang baru saja dibuat dan menggunakan bahan yang masih segar. Makanan yang baru dimasak tidak menggunakan bahan pengawet dan komposisi vitaminnya pun masih ada.

  1. Konsumsi yogurt untuk menjaga pencernaan

Mengkonsumsi yogurt secara rutin bisa membantu Anda untuk menjaga pencernaan agar tetap lancar. Hal ini akan membuat perut Anda tidak begah dan bisa tetap nyaman. Disarankan untuk mengkonsumsi yogurt saat pagi hari agar hasilnya lebih maksimal. Mengkonsumsi yogurt juga bisa memperbaiki mood.

Dengan begitu maka Anda bisa menjalankan kegiatan dengan lebih ceria dan bersemangat. Jika perut Anda nyaman, maka berpikir pun akan nyaman. Hal ini akan menunjang produktivitas Anda semakin meningkat.

  1. Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur bukan hanya dilakukan oleh bayi saja, namun orang dewasa juga perlu berjemur untuk kesehatan tubuh. Terkena sinar matahari di pagi hari bisa memberikan nutrisi vitamin D yang berfungsi untuk memadatkan tulang. Selain itu vitamin D juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bisa berfungsi secara maksimal.

Namun perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh terlalu lama terkena matahari karena bisa merusak kulit. Sebaiknya Anda berjemur selama 15-20 menit. Dalam kisaran waktu tersebut, dosis vitamin D yang dibutuhkan tubuh sudah bisa tercukupi.

  1. Mengkonsumsi sayur

Mengkonsumsi sayuran hijau memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain memberikan gizi untuk tubuh, sayuran memiliki banyak kandungan yang bermanfaat guna menjaga kekebalan tubuh. Jika tubuh Anda terlindungi maka kesehatan pun akan terjaga dengan baik. Meskipun terkadang rasanya kurang enak, tetapi sangat dianjurkan.

Sayuran yang rasanya kurang enak atau pahit justru memiliki banyak manfaat. Disarankan untuk makan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi agar bisa memelihara daya tahan tubuh.

  1. Olahraga

Selain untuk membugarkan tubuh, olahraga secara rutin bisa memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh. Dengan berolahraga, Anda bisa melancarkan peredaran darah dan juga meningkatkan sistem imun tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti lari minimal seminggu 2x. Kegiatan tersebut juga bisa membuat Anda rileks.

Jika Anda tidak suka melakukan kegiatan di luar rumah, maka Anda bisa memilih olahraga yoga. Cara ini cukup menyenangkan dan juga bagus untuk kulit Anda.

  1. Jaga sirkulasi udara di rumah maupun di kamar

Ventilasi di rumah Anda harus dibangun dengan baik agar bisa menghadirkan sirkulasi udara yang bagus. Dengan begitu Anda bisa selalu mendapatkan udara yang bersih dan juga segar. Selain berpengaruh pada sistem pernapasan, hal ini juga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jika udara terus berganti, maka bakteri tidak bisa bersarang.

Hal inilah yang membuat sirkulasi udara harus terus dijaga dengan baik. Bukalah jendela di pagi hari agar udara berganti menjadi segar. Jika sudah mulai siang Anda bisa menutup kembali jendela.

  1. Kurangi makanan siap saji

Kebiasaan dan rasa malas yang dimiliki oleh kebanyakan orang akan membuatnya lebih menyukai makanan siap saji. Selain mudah, jenis makanan ini sangat cepat disajikan sehingga cocok dengan kehidupan masyarakat modern saat ini yang menginginkan segalanya serba cepat. Namun padahal makanan siap saji tidak bagus untuk kesehatan.

Biasanya makanan siap saji merupakan makanan yang dibekukan kemudian dipanaskan ketika ingin dimakan. Bahan makanan yang dibekukan biasanya akan menggunakan bahan kimia untuk mengawetkannya. Untuk itu sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan siap saji.

  1. Gunakan pelindung ketika mengendarai motor

Jalanan merupakan tempat yang paling kotor karena terdapat debu dan juga polusi udara. Untuk bisa menjaga kekebalan tubuh, maka Anda perlu menggunakan penutup mulut seperti masker dan juga pelindung tubuh seperti jaket. Hal ini dilakukan untuk menghalangi debu dan polusi untuk tidak langsung menyentuh kulit Anda.

Jika debu langsung mengenai tubuh, maka bisa saja masuk kedalam dan mengendap. Hal inilah yang bisa membuat tubuh menjadi terjangkit virus kemudian sakit.

Manfaat meningkatkan daya tahan tubuh

Mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami bisa membantu Anda untuk menikmati berbagai manfaat. Beberapa hal tersebut bisa memberikan manfaat yang berharga untuk tubuh Anda. Mungkin beberapa orang tidak terlalu memahami manfaatnya sehingga seringkali mengabaikan begitu saja. Inilah beberapa manfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Lebih bugar

Dengan terus meningkatkan daya tahan tubuh, maka Anda akan merasakan tubuh yang lebih bugar dan bertenaga. Kondisi ini akan membantu Anda menjalani kehidupan dengan baik. Untuk itu jagalah pola tidur dan konsumsi makanan yang seimbang agar daya tahan tubuh bisa tetap terjaga dan seimbang.

Jika tubuh Anda bugar, maka pikiran pun akan lebih fokus. Dengan pikiran yang fokus, Anda bisa menyelesaikan segala masalah dengan lebih cepat. Selain itu materi yang dipelajari akan lebih mudah menyerap.

  1. Menjaga sistem imun

Sistem imun harus terus dijaga agar Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Hal ini dilakukan agar seluruh organ tubuh bisa menjalankan fungsi dengan baik dan sesuai. Jika organ tubuh terus terpelihara dengan baik maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Untuk itu jagalah daya tahan tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi banyak sayur serta buah. Anda bisa memilih berbagai sayur dan buah yang disukai.

  1. Lebih bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari

Untuk menjalani kesibukan harian tentu Anda membutuhkan semangat yang membara. Jika Anda memiliki hal tersebut, maka Anda bisa dengan mudah untuk melewati berbagai rintangan yang mungkin muncul. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal ini juga bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih.

Tubuh yang sehat bisa Anda gunakan untuk memikirkan pekerjaan yang keras sekalipun. Daya tahan tubuh akan memberikan mood yang positif sehingga Anda tidak akan mudah lelah.

  1. Mengurangi resiko stres

Menjalani berbagai hal tentu sudah membuat Anda lelah, belum lagi masalah yang seringkali muncul akibat berbagai hal. Jika terus mengalami kondisi seperti itu tentu pikiran akan merasa tertekan dan mengalami stres. Namun hal tersebut tidak bisa terjadi jika tubuh Anda bugar dan memiliki daya tahan tubuh yang bagus.

Tubuh akan menunjang pola pikir sehingga dapat berpikir secara jernih. Jika tubuh sehat maka pikiran pun akan berpikir positif dan mampu menurunkan resiko stres.

  1. Meningkatkan kinerja jantung

Jantung memiliki fungsi yang cukup vital sehingga wajib untuk Anda jaga. Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peranan untuk memompa seluruh oksigen ke berbagai bagian tubuh dan juga aliran darah. Untuk itu Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar kondisi jantung bisa tetap prima dan sesuai dengan fungsinya.

Dengan begitu Anda bisa membersihkan seluruh sisa-sisa metabolisme tubuh. Hal ini akan membantu tubuh Anda menjadi lebih lebih sehat.

Beberapa makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh efektif pada cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Untuk itu Anda harus memperhatikan apa saja jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu menjaga pola makan yang seimbang agar seluruh kebutuhan gizi dan vitamin tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Berikut beberapa makanan yang bermanfaat untuk tubuh.

  1. Brokoli

Mungkin banyak yang tidak suka dengan sayur yang satu ini karena rasanya yang aneh dan bisa dibilang pahit atau hambar. Padahal dibalik hal tersebut, brokoli menyimpan berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga sistem imun. Selain itu, brokoli juga banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga bagus untuk kesehatan.

Sebaiknya, konsumsilah brokoli dengan cara direbus. Namun jangan biarkan terlalu lembek. Anda bisa merebusnya sebentar hingga layu saja kemudian tiriskan.

  1. Almond

Olahan almond biasanya akan Anda temukan di kue ataupun roti. Almond bisa digunakan untuk mengatasi pilek dan mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu, almond juga mengandung vitamin E yang bisa membantu kulit Anda agar tetap lembab.

Almond juga mengandung lemak yang sehat, artinya lemak masih dalam kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. 46 biji almond yang sudah dikupas nutrisinya sama dengan vitamin E 100% untuk seharian penuh. Jika sudah mengkonsumsi almond, Anda tidak perlu lagi minum suplemen vitamin E lagi.

  1. Kiwi

Rasa asam yang dihasilkan oleh kiwi membuat orang merasa malas untuk mengkonsumsinya. Kiwi yang seringkali dijual di pasaran seringkali keras dan membuat rasanya menjadi kurang enak. Kiwi memiliki banyak kandungan vitamin dan juga mineral.

Dalam buah kiwi terdapat vitamin K, kalium, vitamin C dan asam folat. Kandungan vitamin tersebut bisa membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak. Dengan begitu maka kesehatan dan daya tahan tubuh bisa terus terjaga dengan optimal.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin ini dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap terjaga. Buah ini bisa Anda konsumsi secara langsung ataupun dibuat menjadi sebuah minuman. Rasanya yang cukup asam manis akan membuatnya segar diminum ketika dingin.

Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk bisa membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak. Hal ini membantu tubuh Anda memerangi infeksi.

  1. Biji bunga matahari

Biji ini biasanya akan diolah menjadi kuaci dan sangat enak untuk menjadi cemilan. Biji matahari bisa membantu Anda untuk menerapkan cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang efektif karena di dalam biji matahari terdapat kandungan antioksidan dan juga vitamin E. Kandungan ini membuat tubuh Anda menjadi sehat dan kebal akan berbagai macam penyakit.

  1. Bayam

Sayuran ini terasa sangat lezat jika dimasak dengan menjadi sayur bening. Selain membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sayur ini mengandung banyak vitamin A dan C. Ketika mengolah bayam, sebaiknya Anda merebusnya tidak terlalu lama agar nutrisi di dalam sayur bisa tetap terjaga dengan baik.

Mengkonsumsi bayam bisa membantu Anda melawan infeksi dan juga menjaga sistem imun dalam tubuh.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sangat mudah untuk didapatkan dan juga memiliki harga yang terjangkau sehingga bisa dikonsumsi oleh semua orang. Dalam buah pepaya terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan mengkonsumsi pepaya setiap hari mampu membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C.

Pepaya juga menghasilkan enzim yang bisa melancarkan pencernaan. Selain itu pepaya juga mengandung asam folat dan juga vitamin B yang memiliki kegunaan untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Daging unggas

Daging unggas cocok digunakan untuk menjadi sup atau berbagai olahan lain karena tekstur dagingnya yang kenyal. Dari dalam daging unggas akan keluar minyak untuk memberikan rasa lezat pada sup. Selain itu daging unggas juga mengandung vitamin B-6 yang bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan kulit.

Olahan daging ini juga bisa menyembuhkan luka yang terjadi di usus dan bisa memelihara sistem imun dalam tubuh.

  1. Kunyit

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang manfaat kunyit, karena memang kunyit sering digunakan untuk bahan dasar obat alami. Kandungan curcumin di dalam kunyit yang membuat kunyit menghasilkan ramuan yang berwarna agar kuning kecoklatan. Mengkonsumsi kunyit bisa mengobati kerusakan otot.

Sudah bertahun-tahun kunyit menjadi bahan alami yang bisa diterapkan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan mengatasi berbagai keluhan di dalam tubuh.  Anda juga bisa mengkonsumsi kunyit untuk memelihara daya tahan tubuh.

  1. Bawang putih

Bawang putih banyak digunakan untuk masakan agar rasanya enak. Ini merupakan bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Kebanyakan orang enggan mengkonsumsi bawang putih karena baunya yang tidak enak dan bisa membuat tubuh menjadi bau. Padahal pada bawang putih terdapat kandungan allicin.

Kandungan ini mampu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi maka dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih.

  1. Paprika merah

Tak banyak orang yang menggunakan paprika merah untuk bahan memasak, namun mungkin Anda pernah menemukannya pada olahan pizza. Rasanya yang pedas membuat orang banyak yang tak menyukainya. Padahal dalam paprika terdapat kandungan vitamin C yang dua kali lebih besar dibandingkan dengan buah jeruk.

Ini bisa menjadi sumber beta karoten yang tinggi. Kandungan ini bisa memelihara kekebalan tubuh dan juga membantu meremajakan kulit. Selain itu beta karoten juga bagus untuk menjaga fungsi mata Anda.

  1. Yogurt

Kandungan yang terdapat dalam yogurt mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan antibodi yang lebih kuat. Dengan begitu maka penyakit tidak bisa menembus pertahanan tubuh. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Usahakan untuk mengkonsumsi yogurt yang plain saja.

Anda bisa menambahkan madu atau buah segara agar rasa yogurt semakin menarik. Yogurt juga diperkaya dengan vitamin D yang bisa menjadi pertahanan alami bagi tubuh.

  1. Kerang

Makanan seafood yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami karena dalam kerang terdapat kandungan seng. Ini merupakan jenis mineral yang bisa membantu Anda memenuhi pertumbuhan sel-sel pada tubuh. Hal tersebut bisa berfungsi untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

  1. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang mampu menenangkan dan disarankan dikonsumsi pada bagi har. Bagi Anda yang memiliki mood yang buruk atau sedang mengalami stres bisa langsung mengkonsumsi teh hijau untuk menenangkan diri. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang bisa merawat kulit dan juga kekebalan tubuh.

Selain itu senyawa dalam teh hijau juga bisa berfungsi untuk memerangi kuman sehingga kesehatan tubuh bisa terus terjaga dengan baik. Teh hijau mungkin akan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan teh biasa. Namun hal itulah yang membuatnya berbeda dan memiliki banyak kegunaan.

  1. Jahe

Jahe seringkali digunakan sebagai bahan dasar jamu dan juga minuman untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga bisa digunakan untuk memulihkan peradangan. Bagi Anda yang sedang masuk angin bisa minum jahe untuk mengatasi rasa mual. Selain itu jahe juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Jahe bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jahe lebih enak dikonsumsi saat masih panas.

Demikianlah cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang efektif untuk dilakukan. Dengan melakukan beberapa upaya dan menjaga pola makan yang tepat, maka daya tahan tubuh serta kesehatan Anda bisa terus terjamin. Jika tubuh sehat dan bugar, maka secara signifikan Anda juga bisa meningkatkan produktivitas. Hal ini tentu akan berpengaruh pada optimasi sistem kerja harian tubuh Anda.

Selain itu, dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami Anda juga bisa menjaga kestabilan emosi dan menghindarkan diri dari stres. Hal ini sangat penting dilakukan agar mood Anda bisa terus terjaga dan menjalani kehidupan dengan lebih menyenangkan. Anda bisa berkomunikasi dengan orang lain dan juga bersosialisasi dengan lingkungan agar bisa bertukar pikiran.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Masalah Kesehatan Yang Viral Di Akhir Tahun 2019

Seorang perempuan mengaku terserang tumor payudara karena kebiasaan makan mi instal yang t…