Depan Artikel Kesehatan 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami yang Mudah Dilakukan

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami yang Mudah Dilakukan

9 min read
0
177
10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami yang Mudah Dilakukan – Mata merupakan jendelanya dunia, dengan mata yang sehat Anda bisa melihat dan mempresepsi suatu hal dengan baik. Untuk mendukung hal itu, menjaga kesehatan mata sedini mungkin wajib dilakukan. Selain ketajaman penglihatan yang akan Anda peroleh, berbagai permasalahan penyakit mata seperti katarak, miopi (rabun jauh), hipermeteropi (rabun dekat), prebiopi (tidak dapat melihat dekat maupun jauh), silindris dan penyakit mata lainnya bisa Anda minimalisir agar tidak menyerang mata Anda.

Baca juga : 10 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata, Lingkaran Hitam Area Mata

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana tips merawat kesehatan mata tanpa bahan kimia/ medis, tepatnya yaitu perawatan mata secara alami yang mudah dilakukan agar mata Anda terus berfungsi dengan baik meski sudah berumur. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

  1. Olahraga Mata

Ternyata bukan tubuh saja yang membutuhkan olahraga matapun juga membutuhkannya, caranya yaitu. Tutuplah kedua belah mata dengan lembut menggunakan telapak tangan dan pastikan tidak ada cahaya yang masuk dan diamkan selama 30 detik kemudian Anda bisa membuka mata Anda kembali. Olahraga ini berfungsi menghilangkan mata lelah untuk sementara waktu.

  1. Konsumsi nutrisi yang baik untuk mata

Makanan dengan kandungan nutrisi terbaik untuk mata sangat membantu Anda dalam menjaga kesehatannya. Nutrisi hebat seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, Omega 3, Beta Karoten, Zat Besi, Zink dan Lutein merupakan nutrisi yang dibutuhkan mata. Sumber nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan dan telur.

  1. Tidak Merokok

Tips menjaga kesehatan mata secara alami selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah untuk tidak merokok. Seperti yang sudah diketahui, merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Ketika merokok secara tidak langsung Anda telah menghisap banyak racun ke dalam tubuh, selain itu paparan asap rokok yang terkena mata juga mengancam kesehatan mata. Merokok dapat meningkatkan risiko salah satu penyakit mata yang berakibat kebutaan yaitu katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik. Oleh karenanya, sebaiknya hentikan kebiasan buruk merokok tersebut agar kesehatan tubuh Anda baik matau atau organ lainnya seperti jantung dan paru-paru selalu terjaga dengan baik.

  1. Hindari Mengucek Mata

Tahukah Anda kalau mengucek mata dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata? Mengucek mata terlebih saat tangan untuk mengucek tidak sedang steril. Efeknya biasanya akan menyebabkan iritasi, mata akan gatal bahkan memerah dan perih. Nah, Walau demikian sebenarnya boleh-boleh saja kok Anda untuk mengucek mata, hanya saja jangan terlalu sering dan terlalu lama pula.

  1. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 15 jam

Lensa kontak sebetulnya tidak baik digunakan untu mata karena ada beberapa bagian mata yang sensitif terkena lensa kontak tersebut. Kalaupun Anda tetap memakai lensa kontak sebaiknya memakainya tidak lebih dari 15 jam untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mata Anda.

  1. Jangan terlalu lama menatap televisi, gadget atau komputer

Pada era yang serba canggih seperti sekarang ini sebagian orang lebih disibukkan dengan handpone atau komputernya tanpa mengenal waktu. Dan karena berbagai alasan hal semacam ini memang sangat sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan, hanya saja sebagai saran yakni gunakanlah dengan bijak. Contohnya dengan menjaga jarak dengan layar gadget ataupun komputer Anda, jarak minimum yang tepat untuk mata Anda saat berhadapan layar Hp atau komputer adalah 30 cm, dan 2 meter untuk televisi. Jika jaraknya kurang dari itu, hati-hati kerusakan syaraf mata dan syaraf kepala akibat radiasinya sedang mengintai Anda. Penyakit miopi (rabun jauh) berpeluang besar terjadi.

  1. Hindari membaca saat cahaya redup

Sebenarnya, membaca dengan keadaan cahaya redup/ gelap tidak bisa merusak mata tetapi cahaya yang redup membuat pupil lebih membesar sehingga mata menjadi tegang, jika kebiasaan ini berlangsung lama maka dapat menyebabkan mata sakit, gatal, sakit kepala dan pengelihatan berkurang, cukup gunakan pencahayaan yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang yaitu dengan pencahayaan yang sedang.

  1. Jangan Membaca Sambil Tidur

Membaca dalam posisi tidur/ berbaring berpotensi besar membuat mata Anda mengalami malfungsi yang bisa berujung penyakit mata silindris. Saat Anda membaca sambil tidur berarti Anda menghalangi cahaya yang masuk. Oleh karenanya, mata Anda akan bekerja dengan keras dan cepat lelah.

  1. Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah Anda tinggi? Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mungkin Anda akan sering merasakan pusing/ sakit kepala dan kelelahan pada mata. Kenapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena tekanan darah yang tinggi dapat memperlambat aliran darah ke mata, sehingga sulit untuk nutrisi mencapai retina mata.

  1. Istirahat yang cukup

Istrihatkan mata Anda dengan cukup. Caranya? Istirahat yang dimaksudakan di sini adalah tidur. Tidur merupakan terapi penyembuhan alami untuk berbagai macam penyakit, tak terkecuali mata yang kelelahan. Selain bisa mengistirahatkan badan, tidur tentunya juga bisa membantu membuat mata Anda lebih rileks. Dengan tidur yang cukup, saraf-saraf penglihatan mata Anda juga akan beristirahat. Dengan begitu, keesokan harinya saat Anda terbangun, Anda bisa lebih rileks dan mata yang lebih segar untuk memulai aktifitas harian.

Nah, itulah 10 tips menjaga kesehatan mata secara alami. Mata yang sehat akan memberikan kualitas penglihatan yang lebih baik sehingga Anda dapat bekerja dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman.

Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sah, CR7 Berlabuh di Allianz Stadium

Banyak yang beranggapan kepindahan sang Superstar Christiano Ronaldo ke Allianz Stadium ti…