Depan keluarga Tips Menu Masakan Harian Bergizi Selama Seminggu

Tips Menu Masakan Harian Bergizi Selama Seminggu

7 min read
0
10,282
Tips Menu Masakan Harian Bergizi Selama Seminggu

Sebagai ibu rumah tangga yang menghabiskan mayoritas waktunya di rumah, tentu anda memiliki kegiatan yang rutin anda lakukan, memasak salah satunya. Setiap hari anda akan selalu dipusingkan dengan Menu Masakan apa yang akan dihidangkan hari ini, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Sering anda merasa kesulitan, bagaimana cara agar anda bisa memasak berbagai Menu Masakan Harian yang tidak membosankan setiap harinya.

Baca juga : 5 Menu Masakan Sehat ala Indonesia yang Bergizi

Inilah Tips Menu Masakan Harian Bergizi Selama Seminggu

Agar kesulitan anda ini tidak berkelanjutan terus menerus dan hanya mengakibatkan tingkat stress anda semakin tinggi, lakukanlah beberapa tips berikut, maka anda akan merasakan bahwa menyusun Menu Masakan Harian juga butuh trik jitu.

  1. Sediakan satu jam hingga dua jam dalam satu minggu untuk menyusun menu masakan yang akan anda masak di minggu berikutnya, jangan sungkan untuk mencari Resep Masakan Harian Sehat di internet. Tulis rancangan menu tersebut di post-it dan tempel di kulkas atau tempat lain di dapur anda.
  2. Tentukan satu bahan utama yang bisa dimanfaatkan dan diolah untuk berbagai jenis masakan, seperti ayam, daging sapi, ikan, dan sebagainya. Jangan lupa buah-buahannya yaa.
  3. Biasakan melakukan belanja bulanan atau mingguan sesuai dengan Menu Masakan Sehari-Hari yang telah anda rancang sebelumnya.
  4. Atur jam masak anda dengan jenis Masakan Harian yang akan anda masak. Jangan memasak makanan berat dan ribet dipagi hari, apalagi untuk anda yang juga seorang wanita karir.
  5. Biasakan membersihkan perlengkapan masak setelah selesai menggunakannya, agar saat anda ingin memasak lagi, waktu anda tidak terbuang sia-sia hanya untuk membersihkan perlengkapan masak yang menumpuk.

Setelah tips di atas, berikut beberapa contoh rancangan Menu Masakan Harian yang bisa anda coba untuk satu minggu ke depan, di jamin kegiatan masak memasak anda akan semakin ringan dan tidak akan membuat anda stress.

  1. Senin

Hari pertama dalam seminggu ini harus dimulai dengan menyantap santapan yang lezat dan kaya gizi, untuk memulai hari penting ini, anda bisa memasak lauk Ayam Woku, sambel goreng ati ampela yang ditambah dengan campuran kentang, serta sediakan juga olahan sayuran, seperti tumis buncis, wortel, kol, dan sebagainya, agar gizi keluarg anda tercukupi.

  1. Selasa

Masih dengan menu ayam, cobalah untuk membuat Soto Ayam. Dengan membuat soto ayam anda tidak perlu bingung membuat menu tambahan lainnya, cukup dengan melengkapi Soto Ayam anda dengan kerupuk dan sambal, maka Menu Masakan Harian anda siap untuk disantap bersama keluarga.

  1. Rabu

Daging sapi yang kaya protein juga bisa anda jadikan pilihan untuk hari Rabu, agar anak-anak tidak bosan dengan olahan ayam terus menerus. Cobalah untuk membuat Daging Sapi Bumbu Rempah, sebuah Menu Masakan Harian Nikmat yang kaya akan rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cengkih, lengkuas, biji pala, dan berbagai rempah-rempah lain yang siap memanjakan lidah anda.

  1. Kamis

Setelah beberapa hari puas Memasak Menu Harian berbahan utama daging, sekarang saatnya anda kreasikan Menu Masakan Harian anda dengan bahan-bahan yang bisa anda temui dengan mudah, seperti tahu dan tempe. Anda dapat mengolah tempe dengan beragam sajian, seperti tempe crispy, tempe balado, orek tempe, dan sebagainya. Jangan lupa siapkan sambal teri untuk penyempurna rasa, dan sop sayur agar gizi makanan anda tetap seimbang.

  1. Jum’at

Daging ayam sudah, daging sapi juga sudah, tempe pun selesi, sekarang saatnya mengolah bahan makanan laut, seperti Ikan, si kecil yang kaya gizi. Contohnya Ikan Mujaer yang bisa anda goreng, bakar atau di gulai dengan tambahan kentang serta campuran rempah yang menggugah selera. Selain itu, lengkapi koleksi Masakan Harian anda di hari jum’at dengan Sayur Wortel atau labu siam.

  1. Sabtu dan Minggu

Pada hari Sabtu dan Minggu, anda dapat beristirahat sejenak dari aktifitas masak memasak, gunakanlah moment liburan akhir pekan ini dengan mengajak anak-anak anda berlibur dan menikmati berbagai kuliner khas daerah yang anda temukan. Atau jika tidak ingin keluar rumah, ajaklah si kecil untuk memasak bersama dengan menu-menu sederhana, seperti omelet, tahu crispy, sayur bening, mie goreng dan berbagai menu lain yang mereka suka.

Baca juga : Inilah 3 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Risiko Hidup

Demikianlah tips dan triks agar anda tidak bingung dalam memilih Menu Masakan Harian yang akan anda hidangkan untuk keluarga tercinta, dengan tips dan triks serta contoh rancangan Menu Masakan Harian tersebut, anda bisa menikmati waktu memasak anda dengan baik tanpa harus diiringi rasa bosan dan bingung.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Masroni
Load More In keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sisihkan Pendapatan Walau Penghasilan Pas-Pasan

Dalam kehidupan, ada kalanya penghasilan kita tidak sesuai dengan harapan. Tetapi jangan l…