Depan Artikel Kesehatan Pentingnya Zat Besi Saat Masa Menstruasi

Pentingnya Zat Besi Saat Masa Menstruasi

4 min read
0
57
Pentingnya Zat Besi Saat Masa Menstruasi

Sangat disayangkan saat banyak kaum hawa yang tidak menyadari betapa Pentingnya Zat Besi Saat Masa Menstruasi. Menurut hasil penelitian para ahli kesehatan bahwa hanya sekitar 60% perempuan yang tercukupi kebutuhan zat besi hariannya. Hal ini dikarenakan oleh siklus menstruasi yang merupakan salah satu indikasi utama penyebab kurangnya zat besi dalam tubuh wanita. Fakta ini tentunya sangat berbahaya bagi kita, girls.

Baca juga : Obat Penambah Darah, Kenali Efek Sampingnya

Seperti yang kita ketahui, sebagai perempuan kita akan mengalami menstruasi tiap bulan yang mengakibatkan zat besi ikut terbuang bersama darah yang dikeluarkan. Kekurangan zat besi ini sendiri bukanlah suatu hal sepele karena hal ini dapat menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan hingga anemia.

Penting untuk diketahui juga, anemia merupakan kondisi dimana kadar hemoglobin sangat rendah dalam kandungan darah kita atau dengan kata lain jumlah sel darah merah lebih sedikit dari kondisi normal pada umumnya. Kemungkinan terjadinya defisiensi zat besi ini akan semakin tinggi apabila saat menstruasi kamu mengeluarkan jumlah darah yang cukup banyak ataupun tenggang waktu menstruasi kamu lebih lama. Efeknya, kamu akan cepat merasa lelah, lemas, pusing, sesak nafas, bahkan diambang batas tertentu kamu bisa sampai pingsan lho.

So, buat mencegah defisiensi zat besi ini, ada beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi beberapa hari sebelum dan sesudah menstruasi agar zat besi dalam tubuh kamu tetap tercukupi. Check it out, girls!

  • Daging merah, merupakan makanan yang paling kaya akan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh. Agar lebih mudah, cukup lihat warna daging yang akan kamu beli. Semakin gelap warna daging tersebut, maka semakin banyak kandungan zat besinya.
  • Semua jenis sayuran hijau
  • Buah-buahan kering seperti kismis maupun aprikot.
  • Kedelai, selain mengandung zat besi juga mengandung banyak vitamin C dan vitamin E
  • Tomat, merupakan salah satu buah yang kaya akan zat besi. Dalam satu buah tomat mengandung setidaknya 3,39 mg zat besi lho girls.
  • Segala jenis seafood. Makanan laut merupakan salah satu penghasil zat besi yang tinggi. Sebagai contoh, 3 ons tiram saja memiliki kandungan 8 mg zat besi. Di lain sisi, seporsi kerang, sarden, makarel dan kepiting umumnya memiliki kandungan sekitar 6 mg zat besi.

Nah, udah tau seberapa Pentingnya Zat Besi Saat Masa Menstruasi kamu berlangsung, girls? Udah paham juga kan jenis makanan apa yang perlu kamu konsumsi per bulannya? Jadi pastikan nutrisi zat besi kamu tercukupi agar siklus menstruasi bulanan kamu lebih sehat yaa..

Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hidung tersumbat ? Inilah cara mengatasinya

Bahkan dalam cuaca, Anda juga bisa memiliki hidung yang tersumbat. Berikut adalah tujuh ti…