Depan Artikel Kesehatan Daya Tahan Tubuh Rendah ?, Inilah Ancaman Penyakitnya

Daya Tahan Tubuh Rendah ?, Inilah Ancaman Penyakitnya

6 min read
0
120
penyakit yang mengancam jika daya tahan tubuh rendah

Daya tahan tubuh rendah atau lemah, bisa menjadi boomerang bagi tubuh. Saat daya tahan tubuh lemah, virus dan bakteri banyak menyerang, sehingga beberapa penyakit yang mengancam jika daya tahan tubuh rendah. Hal ini tidak boleh disepelekan karena Anda bisa saja lebih mudah tertular dari orang-orang di sekitar yang sedang sakit.

Bca juga : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Berbagai penyebab daya tahan tubuh rendah, tidak hanya karena faktor cuaca saja. Pola makan, pola hidup yang tidak sehat juga ikut menyumbang adanya virus yang masuk. Selain itu, stres dan nutrisi tubuh yang tidak dijaga juga menjadi penyebab gampang terkena penyakit.

3 Penyakit Yang Mengancam Jika Daya Tahan Tubuh Rendah

Mudah Terkena Serangan Pilek

Pilek memang penyakit yang lumrah Anda alami, apalagi di musim hujan. Walaupun terkesan penyakit ringan namun gejala yang ditimbulkan tentu bisa mengganggu aktivitas. Anda akan mulai merasakan gatal pada hidung dan terus bersin. Selain itu, tubuh menjadi tidak enak dan kurang fit, akibatnya, pekerjaan pun bisa berantakan. Belum lagi jika virus sudah menyerang tenggorokan.

Penyakit pilek disebabkan oleh berbagai jenis virus, seperti rhinovirus, coronavirus, atau adenovirus. Virus-virus tersebut menyerang saluran pernapasan. Virus ini bisa berpindah dari orang yang sakit ke orang sehat melalui tetesan atau butiran air dari batuk atau bersin yang dikeluarkan oleh orang yang sakit. Nah, pada saat inilah orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, akan lebih mudah terkena penyakit ini.

Penyakit Flu

Sejenis dengan pilek, flu atau influenza memiliki cara penularan yang sama dan virusnya pun juga menyerang saluran pernapasan. Yang membedakan pilek dengan flu adalah flu disebabkan oleh virus influenza A, influenza B, dan influenza C. Walaupun banyak orang yang berpikir bahwa keduanya sama, namun gejala flu biasanya muncul lebih parah dari pilek. B

ahkan gejala flu meliputi gejala pilek namun disertai dengan demam menggigil, mual, muntah, tubuh terasa nyeri, bahkan diare. Inilah yang ditakutkan jika tubuh memiliki sistem imun yang rendah. Terlebih lagi, flu dan pilek sangat mudah menular apalagi di antara anak-anak. Bila orang di sekitar Anda terkena salah satu penyakit ini, berhati-hatilah karena kemungkinan Anda juga akan tertular. Jika keadaan daya tahan tubuh Anda lemah, sebaiknya menghindar dan meminum banyak vitamin.

Penyakit Tipes

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typiyang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Jadi makanan dan minuman yang tidak diolah dengan baik dan cenderung jorok akan lebih mudah terkandung bakteri ini. Bakteri ini juga dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu pada air atau kotoran yang dikeluarkan oleh pasien penderita tipes.

Jika Anda menelan makanan atau air yang terkontaminasi bakteri ini, ia akan menyerang usus dan memasuki aliran darah dan terbawa oleh sel darah putih di hati, limpa, dan sumsum tulang belakang. Tipes adalah yang paling parah dari semua penyakit di dalam daftar ini. Gejala tipes seringkali muncul sebagai demam hingga 40 derajat celcius, sakit kepala, badan terasa lemas tanpa tenaga, diare, nafsu makan buruk, sakit perut, dan terasa nyeri di seluruh badan.

Penyakit-penyakit di atas adalah yang paling sering menyerang tubuh yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Apalagi jika cuaca sedang tidak menentu, penyakit-penyakit di atas akan lebih mudah menyerang. Demikian beberapa penyakit yang mengancam jika daya tahan tubuh lemah.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balita Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika Balita Mengalami Obesitas, Bagaimana Cara Mengatasinya? Banyak orang merasa gemas d…